iklan

Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Salah satu pertanyaan umum terkait akuntansi yaitu perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Pada goresan pena ini, saya akan membahas perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Untuk memahami perbedaan keduanya, kita terlebih dulu harus memahami pengertiian dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan merupakan akuntansi yang berfokus pada pembuatan laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak eksternal pengguna laporan keuangan ibarat pemegang saham, pemberi pinjaman, otoritas pajak, dll. Akuntansi keuangan lebih bersifat agregat dan disusun menurut generally accepted accounting principles atau prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Sedangkan, akuntansi administrasi atau akuntansi manajerial yaitu akuntansi yang berfokus pada penyediaan informasi seputar operasional perusahaan kepada pihak administrasi dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan. Dibandingkan dengan akuntansi keuangan, akuntansi administrasi lebih bersifat detail dan tidak terikat dengan standar tertentu sebagaimana akuntansi keuangan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Berikut ini yaitu perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen:

Fokus

Akuntansi keuangan berfokus pada pembuatan laporan keuangan ibarat laporan neraca, laporan keuntungan rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal yang ditujukan baik kepada pihak internal maupun eksternal. Sedangkan, fokus akuntansi administrasi yaitu menciptakan laporan operasional perusahaan yang hanya didistribusikan secara terbatas kepada pihak internal.

Agregasi Laporan

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan bisnis secara agregat atau total operasional bisnis secara keseluruhan ibarat laporan neraca dan laporan keuntungan rugi. Sedangkan, akuntansi administrasi menghasilkan laporan yang lebih bersifat detail. Misalnya, laporan profit by product, laporan customer dan lain sebagainya.

Tujuan

Tujuan dari akuntansi keuangan yaitu menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan kondisi dan performa perusahaan. sedangkan, tujuan akuntansi administrasi yaitu untuk menghasilkan laporan secara spesifik dan detail, mengidentifikasi problem yang timbul serta menuntaskan problem tersebut.

Standar

Akuntansi keuangan harus memenuhi standar yang berlaku. Karena mempunyai standar yang baku, laporan keuangan sebagai hasil dari akuntansi keuangan dapat dibandingkan baik antar periode maupun antar perusahaan. Sedangkan, akuntansi administrasi dibentuk lebih fleksibel alasannya yaitu tidak ada standar yang baku yang berlaku pada akuntansi manajemen. Laporan akuntansi administrasi antara perusahaan yang satu dengan yang lain sangat mungkin berbeda.

Time Period

Laporan keuangan yang merupakan output dari akuntansi keuangan bersifat historical oriented, dimana laporan keuangan disusun menurut operasional perusahaan yang terjadi selama periode tertentu. Sedangkan akuntansi manajemen, dapat bersifat future oriented, ibarat pada pembuatan budget dan forecast.

Bagi Anda pelaku Bisnis UKM, silahkan join Channel Telegram kami di ➡ http://t.me/akuntansiUMKM untuk berguru akuntansi UMKM dengan cara asyik, seru dan menyenangkan.

Originally posted 2017-09-08 06:58:59.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel