iklan

Perbandingan Kecepatan Hdd Dengan Ssd Yang Harus Anda Ketahui

Perbandingan kecepatan antara HDD dan SSD Perbandingan Kecepatan HDD dengan SSD yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan dunia teknologi ketika ini sudah sangat pesat, termasuk pada salah satu komponen wajib sebuah komputer yaitu media penyimpanan. Perangkat penyimpanan data sudah berkembang sangat pesat semenjak pertama kali ditemukan. Perkembangan tersebut terjadi dari banyak sekali sisi, mulai dari ukuran media penyimpanan, kapasitas penyimpanan, hingga pada kecepatan transfer data.

Kecepatan transfer data menjadi tolak ukur penting pada sebuah perangkat penyimpanan data. Saat ini media penyimpanan data yang sering dipakai pada komputer yaitu HDD dan SSD. Anda mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan HDD (Hard Disk Drive) atau lebih dikenal dengan sebutan Hardisk. Namun, mungkin saja perangkat SSD menjadi hal gres bagi anda.

Perangkat SSD merupakan perangkat penyimpanan terbaru yang mempunyai fungsi sama dengan HDD, yaitu dipakai sebagai penyimpanan pada Laptop atau Komputer. SSD hadir sebagai tanggapan atas kebutuhan pada kecepatan perangkat komputer yang harus terus meningkat. Jika dibandingkan, tentu saja SSD lebih cepat dibanding HDD meskipun mempunyai ukuran dan kapasitas yang sama.

Kecepatan baca dan tulis data pada SSD dikabarkan bisa mencapai 5 hingga 10 kali lipat dari kecpatan baca tulis HDD. Oleh alasannya yaitu itu, pada artikel ini akan diuraikan kecepatan real SSD dan perbandingannya dengan HDD.

Perbandingan Kecepatan HDD dan SSD

Sebenarnya ada bermacam-macam jenis-jenis SSD yang sanggup anda gunakan. Namun, yang paling sering dipakai dan support pada semua laptop termasuk laptop generasi usang yaitu SSD SATA 2.5″. Jenis SSD ini memang mempunyai ukuran yang sama dengan HDD SATA 2.5″ yang terdapat pada Laptop. Oleh alasannya yaitu itu, akan dibandingkan kecepatan antara SSD SATA 2.5″ dan HDD SATA 2.5″.

Perangkat komputer yang dipakai mempunyai spesifikasi yang sama dan hanya berbeda dari segi media penyimpanan saja, yaitu memakai SSD dan HDD.

1. Kecepatan Booting OS

Salah satu yang menjadi indikator utama kepuasan seseorang pada sebuah perangkat komputer atau Laptop yaitu dari segi kecepatan Booting OS. Laptop yang mempunyai waktu boot lebih usang tentu bisa menciptakan jenuh, apalagi bila anda sedang terburu-buru ingin memakai Laptop tersebut.

Lama waktu boot laptop yang memakai HDD ketika pertama kali dihidupkan yaitu 53 detik. Sementara laptop yang memakai SSD hanya membutuhkan waktu boot 10 detik hingga benar-benar siap digunakan.

Perbandingan kecepatan antara HDD dan SSD Perbandingan Kecepatan HDD dengan SSD yang Harus Anda Ketahui

Dari hasil perbandingan tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa SSD mempunyai waktu boot 5 kali lebih cepat dibanding HDD. Hal ini tentu saja menciptakan Laptop lebih cepat siap dipakai ketika memakai SSD.

2. Sequential Read and Write

Sequential Read and Write merupakan salah satu pengujian yang sangat sering dilakukan untuk mengukur kecepatan perangkat penyimpanan. Terlebih lagi jikalau anda hendak membandingkan dua jenis perangkat penyimpanan, yaitu SSD dan HDD. Cara ini dilakukan dengan memakai software pihak ketiga. Salah satunya yang sanggup anda gunakan yaitu software CrystalDiskMark.

Hasil pengujian Sequential Read and Write HDD memperoleh nilai baca sebesar 102.5 MB/s, sementara nilai tulisnya 99.21 MB/s. Disisi lain, SSD bisa mencapai 537.0 MB/s untuk kecepatan membaca data, dan kecepatan menulis data mencapai 446.0 MB/s.

Perbandingan kecepatan antara HDD dan SSD Perbandingan Kecepatan HDD dengan SSD yang Harus Anda Ketahui

Dari hasil perbandingan tersebut diperoleh hasil serupa dengan poin pertama dimana kecepatan SSD unggul 5 kali lebih cepat jikalau dibandingkan dengan HDD.

3. Kecepatan Copy File Besar

Salah satu proses yang sangat sering dilakukan yaitu proses Copy file, termasuk file dengan ukuran yang sangat besar. Oleh alasannya yaitu itu, hal ini sangat penting untuk dijadikan sebagai indikator dalam mengukur kecepatan sebuah perangkat penyimpanan.

Pada percobaan yang dilakukan, file yang dihukum mempunyai ukuran yang sama yaitu 15 GB. Yang akan dibandingkan yaitu waktu yang dibutukan oleh kedua media penyimpanan untuk melaksanakan Copy Paste file tersebut.

Hasil yang diperoleh yaitu dimana HDD membutuhkan waktu 8.44 Menit untuk melaksanakan duplikasi file 15 GB tersebut. Sementara ketika memakai SSD dan malakukan sanksi terhadap file yang sama, maka hanya diperlukan waktu 3.47 Menit.

Perbandingan kecepatan antara HDD dan SSD Perbandingan Kecepatan HDD dengan SSD yang Harus Anda Ketahui

Perbandinan tersebut memang tidak terlalu jauh jikalau disandingkan dengan dua indikator sebelumnya. Kecepatan duplikasi file SSD bisa dikatakan 3 kali lebih cepat dari HDD. Hal ini tentu memperlihatkan kepuasan bagi anda yang sangat sering memindahkan atau melaksanakan copy paste file.

Itulah perbandingan kecepatan HDD dan SSD dengan memakai beberapa indikator, mulai dari waktu boot, Sequential Read and Write, hingga kecepatan duplikasi file. Hasil yang diperoleh dimana SSD jauh lebih unggul dari HDD dari segi kecepatan. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau anda merasa Laptop yang dipakai sangat lambat maka sangat disarankan untuk mulai beralih dan memakai SSD. Terlebih lagi jikalau spesifikasi Laptop yang anda gunakan tidak mengecewakan tinggi, maka harus diimbangi dengan penyimpanan kecepatan tinggi pula.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Kecepatan Hdd Dengan Ssd Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel