iklan

Pengertian Tema Dan Jenis Jenis Tema | Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Tema - Tema merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dalam sebuah cerita. Tema berkaitan akrab dengan fokus atau pun dasar yang digunakan oleh pengarang untuk membuatkan sebuah cerita. Setiap dongeng biasanya dibentuk dengan menurut tema tertentu dan seluruh acara di dalam dongeng juga didasari oleh tema tersebut.

1. Keraf
Menurut Keraf, tema merupakan suatu amanat utama yang disampaikan oleh penulis lewat karangan atau pun karya sastranya.

2. Aminuddin
Menurut Aminuddin, pengertian tema yakni inspirasi yang melandasi suatu dongeng diperankan, serta sebagai pangkal tolak pengarang dalam acara pemaparan karya fiksi yang dibuatnya.
3. Mido
Menurut Mido, tema yakni problem yang berhasil menempati daerah utama dalam dongeng rekaan dan bukan di dalam pikiran pengarangnya saja.

4. Stanton dan Jenny C
Menurut Stanton dan Jenny C, tema merupakan makna yang terkandung di dalam sebuah dongeng yang ada dalam karya sastra.

5. Kamus Istilah Pengetahuan Populer
Menurut Kamus Istilah Pengetahuan Populer, tema merupakan problem atau pun pokok pikiran yang dijabarkan di dalam suatu karangan, isi dari sebuah ciptaan.

6. Ensiklopedi Sastra Indonesia
Menurut Ensiklopedi Sastra Indonesia, pengertian tema yakni setiap gagasan, inspirasi pokok, atau pun pokok problem yang digunakan sebagai dasar / landasan pembuatan cerita.
Jenis-jenis Tema
Menurut Shipley, tema sanggup dibedakan menjadi lima jenis tema, yaitu :

1. Tema Jasmaniah
Tema jasmaniah merupakan tema yang bekerjasama atau pun terfokus pada permasalahan kondisi fisik manusia. Model tema ini biasanya menyangkut beberapa hal yang ada di dalam badan insan menyerupai molekul, jasad, perasaan, tubuh, dan zat. Beberapa pola tema yang jasmaniah yakni mengenai perasaan cinta.

2. Tema Sosial
Tema sosial merupakan tema yang berkaitan akrab dengan aneka macam macam hal yang berbau urusan sosial. Dalam tema ini, pengarang dongeng biasanya menjelaskan aneka macam macam hal yang berkaitan dengan urusan kehidupan masyarakat, interaksi insan dengan lingkungan sekitarnya, permasalahan sosial, dan aneka macam macam tema lainnya.

3. Tema Ketuhanan
Tema Ketuhanan merupakan tema yang berkaitan akrab dengan kekuasaan Tuhan yang tampak dalam setiap acara manusia. Model tema ini biasanya dijabarkan oleh pengarang dongeng dengan menunjukkan aneka macam macam hal-hal magis yang berada di luar nalar insan menyerupai bencana kiamat, keajaiban penyembuhan penyakit, dan aneka macam macam tema lainnya.

4. Tema Organik
Tema organik merupakan tema yang meliputi aneka macam macam hal yang bekerjasama akrab dengan tabiat dasar insan menyerupai kekerabatan antar laki-laki dan wanita, nasihat, dan aneka macam macam tema lainnya.

5. Tema Egoik
Tema egoik merupakan tema yang berkaitan akrab dengan sifat ego manusia. dalam tema ini, pengarang dongeng biasanya menonjolkan tema dengan aneka macam macam bentuk dongeng menyerupai keserakahan atau pun ketamakan manusia.

Demikianlah sedikit isu mengenai pengertian tema dan beberapa jenisnya yang sanggup kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Sumber http://pendidikansrg.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Tema Dan Jenis Jenis Tema | Karya Tulis Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel