iklan

Pengertian Hosting Dan Fungsinya Bagi Sebuah Website

Pada masa ketika ini dimana terjadi perkembangan dunia digital yang sangat pesat Pengertian Hosting dan Fungsinya Bagi Sebuah Website

Pada masa ketika ini dimana terjadi perkembangan dunia digital yang sangat pesat, maka orang-orang tidak akan mau ketinggalan dan berusaha menawarkan diri ke permukaan. Salah satu cara yang sanggup ditempuh yaitu dengan memakai website, entah itu website eksklusif maupun berupa blog.

Pada pembuatan sebuah Website, maka tentu saja membutuhkan sebuah hosting biar website tersebut sanggup diakses secara online. Jika anda belum paham mengenai apa itu hosting serta apa saja fungsinya, maka anda sanggup menyimak ulasannya pada artikel ini.

Pengertian Hosting

Ketika anda membuka sebuah website pada komputer maupun Smartphone, pernahkah anda berfikir dimana file-file website tersebut disimpan sehingga sanggup diakses?. File-file web tersebut sanggup diakses dari mana saja dan oleh siapa saja alasannya yaitu disimpan pada sebuah daerah yang disebut dengan hosting. Lalu apakah itu hosting?.

Sederhananya, hosting sanggup diartikan sebagai sebuah daerah yang dipakai untuk menampung segala macam data yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website. Jenis-jenis data yang biasanya disimpan pada sebuah hosting diantaranya script atau isyarat web yang berupa teks, file berupa gambar, audio, video, serta file dokumen.

Pada dasarnya hosting sama saja dengan penyimpanan yang terdapat pada komputer atau laptop yang anda gunakan. Bedanya adalah, hosting memungkinkan website anda menjadi online dan sanggup diakses dari perangkat mana saja. Sementara, bila anda menyimpan aktivitas website anda pada penyimpanan laptop yang digunakan, maka hanya anda yang sanggup mengakses website tersebut dan tidak sanggup diakses dari perangkat lain.

Analogi lain adalah, bila website dianggap sebagai sebuah bangunan, maka sebuah bangunan niscaya dibangun pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Sepetak tanah pada kavling tersebut sanggup diandaikan sebagai sebuah hosting yang sanggup dipakai untuk membangun sebuah website.

Fungsi dan Kegunaan Hosting

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah, apa saja fungsi dan kegunaan dari sebuah hosting?. Apa saja yang sanggup anda lakukan bila mempunyai sebuah hosting?.

1. Sebagai Media Penyimpanan Data

Fungsi utama sebuah hosting yaitu sebagai sebuah media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan data-data yang terkait dengan website anda. Hosting diperuntukkan sebagai penyimpanan file-file website, entah itu berupa script web maupun file pendukungnya. Oleh alasannya yaitu itu kapasitas penyimpanan hosting relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan penyimpanan Cloud ibarat Google Drive, One Drive, dll.

Pada masa ketika ini dimana terjadi perkembangan dunia digital yang sangat pesat Pengertian Hosting dan Fungsinya Bagi Sebuah Website

Kapasitas hosting yang sanggup anda gunakan beragam, mulai dari 30 MB, 50 MB, 500 MB, 1 GB, bahkan anda juga sanggup menemukan layanan hosting unlimited. Harga dari sebuah layanan hosting tersebut pun beragam, sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang disediakan. Tapi, ada juga beberapa layanan yang menyediakan kapasitas yang besar dengan harga yang murah. Bahkan, anda sanggup memakai layanan hosting murah unlimited yang sanggup memaksimalkan kinerja website yang anda miliki.

2. Membuat Website Dapat Diakses 24 Jam

Fungsi sebuah website yang selanjutnya yaitu biar website anda sanggup diakses dari mana saja dan kapan saja. Dan fungsi hosting yang paling dibutuhkan dari sebuah website yaitu biar website tersebut sanggup diakses selama 24 jam dan tidak pernah mati. Oleh alasannya yaitu itu, hal yang paling penting ketika menentukan layanan hosting yaitu kemampuan dari layanan tersebut untuk terus aktif dan tidak mengalami down server.

Dengan menentukan hosting yang tepat, yang servernya tidak gampang down, maka setiap orang akan sanggup mengakses dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Beberapa hosting terkadang mempunyai kekurangan, semisal sering down dan menciptakan website Anda tidak sanggup diakses ketika sedang ramai pengunjung dan banyak orang yang mengakses website Anda secara bersamaan. Untuk para pebisnis online, hindari memakai hosting ibarat ini alasannya yaitu hal yang cukup penting yaitu situs sanggup diakses 24 jam demi kelancaran calon pembeli produk / jasa Anda. Salah satu layanan hosting yang sanggup anda gunakan yaitu Niagahoster.

Itulah pengertian dan fungsi hosting yang sanggup anda jadikan sebagai sebuah referensi bila hendak menciptakan sebuah website. Hal yang paling penting adalah, gunakanlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Jika kemungkinan website anda akan ramai pengunjung, maka sebaiknya gunakan hosting dengan spesifikasi memadai.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Hosting Dan Fungsinya Bagi Sebuah Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel