iklan

Pengertian Anekdot

1.      Apa yang di maksud anekdot?
Jawab 
Anekdot yakni sebuah dongeng singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan insiden atau orang sebenarnya. Anekdot terkadang bersifat sindiran alami. Atau Anekdot sanggup saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan menurut pada insiden konkret [2] melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah populer atau tidak, biasanya di suatu kawasan yang sanggup diidentifikasi. Namun, seiring waktu, modifikasi pada ketika penceritaan kembali sanggup mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi "terlalu elok untuk nyata". Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, alasannya yakni tujuan utamanya yakni tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat abjad dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang eksklusif pada intinya

2.      Ada berapa macam bentuk anekdot ?
Jawab .

Secara umum, teks anekdot terdiri atas lima bagian, yaitu:
  1. Abstraksi
    Abstraksi terletak di bab awal paragraf. Fungsi abstraksi yakni menawarkan citra wacana isi teks. Secara umum, bab ini memperlihatkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  2. Orientasi
    Orientasi merupakan bab yang memperlihatkan awal insiden dongeng atau latar belakang bagaimana insiden terjadi. Pada bab ini, penulis bercerita secara detail.
  3. Krisis
    Krisis yakni bab terjadinya hal atau persoalan yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang di ceritakan.
  4. Reaksi
    Reaksi merupakan bab bagaimana cara penulis atau yang ditulis menuntaskan persoalan yang timbul pada bab krisis tadi.
  5. Koda
    Koda yakni bab selesai cerita, sanggup juga dengan memberi simpulan wacana insiden yang dialami penulis atau orang yang ditulis.
3.      Apa fungsi anekdot ?
Jawab .
FUNGSI TEKS ANEKDOT
1. Menghibur dengan humor.
2. Menyinggung orang-orang populer atau public figure secara tidak langsung.
4. Apa saja ciri-ciri anekdot?
Jawab.
 CIRI BAHASA TEKS ANEKDOT
1. Terdapat Majas.
2. Terdapat kalimat langsung.
3. Terdapat kata seru.
4. Terdapat kalimat Retorika.

5.Apa setiap pelajaran bahasa Indonesia  harus mempunyai anekdot ?
Jawab .

Setiap pelajaran bahasa Indonesia harus mempunyai anekdot alasannya yakni Terkadang anekdot itu menghibur, anekdot bukanlah lelucon, alasannya yakni tujuan utamanya yakni tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum , sehingga anekdot merupakan senjata pamungkas bikin para siswa tertawa, sehingga dalam proses berguru mengajar tidak menjadikan rasa bosan pada siswa, maupun guru, dan anekdot itu sifat tematik jadi  memang anekdot ini harusdi keluarkan pada ketika guru bahasa indonesia mengajarkan suatu materi. 

Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Anekdot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel