iklan

Peluang Perjuangan Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang perjuangan butik baju biasanya dijalani oleh kaum perempuan meskipun tak sedikit juga k Peluang Usaha Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa UsahaPeluang perjuangan butik baju biasanya dijalani oleh kaum perempuan meskipun tak sedikit juga kaum laki-laki yang terjun dalam bisnis ini. Bagi kau hawa, menekuni bisnis butik bisa diibaratkan sebagai menekuni hobby yang dibayar. Coba saja perhatikan, perempuan mana yang tidak gemar dengan fashion. Pengin bukti? Coba ajak ke mall, niscaya betah berjam-jam berkeliling mall untuk melihat bermacam model fashion. Meskipun endingnya yang dibeli hanya satu, itupun baju yang dilihatnya pertama tadi.


So, kalau ada perempuan yang ingin terjun membuatkan peluang perjuangan butik, itu ialah hal yang tepat. Karena salah satu pertimbangan dalam menentukan jenis bisnis ialah sesuatu yang menjadi minat atau hobby, atau keahlian. Kaprikornus kalau di bidang fashion ini kaum hawa sudah mempunyai semacam “instink”.


Seperti kisah Hesti Djatmiko yang sukses menekuni bisnis baju anak berawal dari hobby tembus ekspor. Jika belum membaca silakan klik tautannya. Anda sanggup berguru banyak hal dari kisah perjalanan bisnis Hesti yang ditulis dalam artikel tersebut. Dia bercerita panjang lebar mulai transaksi pertama yang diterimanya, hingga resiko-resiko dan kejadian tidak menyenangkan yang harus dialaminya juga. Itulah namanya bisnis, ada suka ada duka.


Sebelum lebih jauh mengarungi peluang perjuangan butik baju rumahan, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis butik mirip apa yang Anda inginkan. Berikut ini beberapa jenis butik yang sanggup Anda jadikan referensi:



  1. Usaha Butik Online. Dapat dimulai dengan modal kecil, nyaris nol rupiah mirip yang pernah dimuat dalam goresan pena berjudul Cara Memulai Bisnis Online Baju Tanpa Modal. Langsung saja klik, dalam goresan pena tersebut dijelaskan 5 poin penting yang harus Anda perhatikan sebagai cara memulai bisnis baju online.

  2. Usaha Butik Rumahan. Dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan salah satu space di rumah Anda. Tips sukses peluang perjuangan rumahan, eksklusif saja klik, di sana ada 6 tips berkhasiat biar Anda sukses dalam menekuni bisnis rumahan. Selain itu goresan pena itu juga dilengkapi dengan 20 pilihan peluang perjuangan rumahan yang menjanjikan untuk dijalani di tahun ini.

  3. Usaha Butik Muslimah. Untuk butik yang satu ini, pangsa pasarnya sudah niscaya tertarget dan sangat potensial. Pojok Bisnis sudah pernah mengulasnya sebagai Peluang Usaha Jilbab Dan baju Muslim Lengkap Dengan Analisa Usahanya. Silakan klik dan dapatkan gosip lengkap, diawali dari cara memulai perjuangan butik muslimah hingga perhitungan analisa usahanya.

  4. Usaha Butik Batik. Batik merupakan salah satu warisan tradisional Indonesia yang diakui UNICEF. Baju batik semakin terkenal semenjak ada peraturan seragam batik seminggu sekali di instansi pemerintah, dan diikuti beberapa perusahaan swasta. Jika ingin menggeluti bisnis batik terpercaya dengan modal kecil, silakan klik disini.

  5. Dan masih banyak lagi jenis perjuangan butik rumahan yang sanggup Anda kembangkan sesuai kreatifitas.


Seperti tadi sempat disinggung, bahwa dalam bisnis ada suka ada duka. Salah satunya ialah hambatan. Dan yang menjadi kendala utama dalam peluang perjuangan butik baju rumahan adalah: banyaknya butik atau gerai fashion yang sudah terkenal. Mereka para pelaku bisnis butik yang mempunyai modal besar, bisa mendapat supply dengan harga yang lebih murah, melaksanakan promosi dengan gencar, terkadang menyewa model yang sudah terkenal, lokasi perjuangan di daerah strategis. Pendek kata, kita yang modalnya pas-pasan sangat tidak mungkin bisa mengalahkan dominasinya.


Lantas, bagaimana cara menghadapinya? Pojok Bisnis pernah memuat goresan pena Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Pelanggan.Silakan klik dan baca. Dalam artikel tersebut dijelaskan 6 inspirasi kreatif yang sanggup Anda terapkan untuk menarik pelanggan.


Selain keenam cara tersebut, Anda harus jeli dalam melihat celah. Temukan celah,  apa yang tidak dimiliki kompetitor, di serpihan mana mereka lemah… Nah di sanalah Anda bisa masuk. Saya sudah sering melihat yang mirip ini. Salah satunya, toko kelontong yang terus bertahan, padahal di samping kanan dan kirinya bertengger Indomaret dan Alfamaret. Tapi toko kelontong tersebut tak pernah sepi dari pembeli. Pelajari lebih lanjut hal ini di Strategi Pemasaran yang pernah dikupas mendalam mengenai 6 pilar seni administrasi pemasaran versi Pojok Bisnis.


Kedua, kembangkan konsep yang unik. Unik bisa dari segi produk, tempat, atau sasaran market. Bidik sasaran market yang segmented dan menangkan hatinya. Bermain di ceruk market ini akan memudahkan Anda dalam emnyusun seni administrasi pemasaran yang jitu. Dari segi daerah misalnya, Anda sanggup menciptakan sebuah adonan perjuangan antara peluang perjuangan butik baju dengan usaha kedai kopi atau coffee shop.


Cara Memulai Usaha Butik Baju


Berikut ini langkah-langkah cara memulai perjuangan butik:



  1. Tentukan Jenis Butik. Tadi diuraikan beberapa jenis perjuangan butik yang sanggup Anda lakoni. Meskipun Anda sudah menentukan perjuangan butik baju, namun Anda harus lebih spesifik lagi, contohnya baju wanita, baju pria, atau baju anak. Bahkan kalau Anda menentukan baju wanita, pilihan tersebut masih bisa lebih mengerucut lagi, contohnya butik baju dalam atau lingerie, butik baju kebaya, dan lain-lain. Anda harus menentukan jenis butik yang akan Anda jalani secara lebih spesifik. Karena ini nanti akan bekerjasama dengan sasaran market dan strategi promosi dan pemasaran yang harus Anda lancarkan.

  2. Supplier atau Desain Sendiri. Bagaimana Anda akan mendapat produk baju? Apakah dari supplier atau dengan desain baju sendiri. Jika mempunyai kemampuan menciptakan desain pakaian, maka pilihan kedua merupakan alternatif yang terbaik. Karena dengan desain sendiri, maka sudah bisa dipastikan bahwa produk Anda akan unik. Dan dengan demikian bisa bermain lebih leluasa diantara para kompetitor besar. Tapi kalau harus mencari supplier, maka selain mencari supplier dengan harga yang murah, juga pertimbangkan dengan akomodasi retur. Apakah supplier tersebut terbuka bagi Anda untuk retur produk yang tidak laku. Silakan pelajari Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu.

  3. Buat Bisnis Plan. Sekali lagi saya tekankan, apapun bisnis Anda, bisnis plan ialah keharusan yang tidak bisa ditawar. Semakin detail bisnis plan yang Anda buat akan semakin bagus bagi bisnis Anda. Namun kalau tidak bisa detail, paling tidak buatlah Bisnis Plan Sederhana mirip yang dicontohkan Pojok Bisnis.

  4. Persiapan Modal. Ingin berbisnis tapi modal cekak? Coba cek Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula. Disitu dibahas cara mendapat anutan dana tunai dengan cepat, cara untuk menekan biaya, cara untuk meningkatkan keuntungan, dan tujuh cara lain untuk mendukung kesuksesan perjuangan Anda. Dan kalau perjuangan sudah berjalan dua tahun atau lebih dan ingin mendapat pembiayaan, maka Anda harus mulai menyusun seni administrasi mendapat dukungan modal usaha bagi perjuangan Anda. Ada tiga seni administrasi yang sanggup diterapkan, silakan klik tautan dan siapkan alat tulis untuk mencatat poin-poin penting dari seni administrasi tersebut.

  5. Sekali Lagi Mantabkan Strategi Pemasaran dan Promosi. Bila tadi pada poin tiga Anda telah menciptakan bisnis plan dengan benar, maka didalamnya niscaya sudah ada Bab Strategi Marketing. Jika belum ada, maka Anda harus menciptakan Strategi Pemasaran. Selain itu tambahkan juga seni administrasi promosi. Apa bedanya seni administrasi pemasaran dan seni administrasi promosi? Strategi pemasaran sifatnya lebih ke arah strategi, sedangkan seni administrasi promosi lebih ke arah taktik. Masih bingung? Penjelesan lengkap seni administrasi pemasaran silakan klik disini. Untuk poin-poin yang menjadi seni administrasi promosi, silakan klik disini.


Tips Sukses Peluang Usaha Butik Baju Rumahan


Berikut ini beberapa tips sukses dalam menekuni perjuangan butik baju rumahan:



  1. Display Menarik. Cara memajang baju dagangan alias display mempunyai efek yang besar terhadap keberhasilan perjuangan butik. Buat display yang rapi dan menarik. Display harus:

    – menciptakan konsumen betah,

    – gampang menemukan barang,

    – menggoda, ada dua cara menggoda. Pertama dengan koleksi produk gres yang cantik. Kedua dengan harga promosi yang menggiurkan dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

  2. Jaga Kebersihan. Kebersihan harus dijaga mulai dari daerah parkir, halaman, ruangan, hingga kebersihan produk. Jangan hingga ada debu yang hinggap di rak display, apalagi produk. Baju-baju harus selalu terjaga kebersihannya.

  3. Model Harus Selalu Up to Date. Dalam peluang perjuangan butik baju rumahan, ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Model baju harus selalu up to date! Selalu ikuti animo fashion tanah air maupun animo fashion internasional.

  4. Kelola Stock Dengan Baik. Masih berkaitan dengan model baju yang harus up to date. Jaga stock! Produk stock usang jangan biarkan terlalu usang bertahan di dalam butik. Stock usang segera keluarkan melalui agenda diskon atau agenda promo. Pelajari cara membangun sistem administrasi gudang yang benar.

  5. Go Online. Hari gini, bisnis fashion belum go online?!!! Gerai fashion sebesar Matahari saja sempat kebakaran jenggot, hingga karenanya mereka dipaksa untuk go online. Apalgi kita pemain kecil! Fashion menduduki peringkat pertama dalam pangsa pasar online, sebagai salah satu produk paling laku dan paling banyak dicari. Kaprikornus kalau Anda akan melewatkan peluang berharga itu kalau tidak go online. Penting untuk memperhatikan cara bisnis baju online yang benar biar Anda terhindar dari beberapa kesalahan yang biasa dilakukan dalam pemain bisnis online pemula.


Analisa Usaha Butik Rumahan


Modal Awal



  • Renovasi eksterior dan interior: Rp 10.000.000,-

  • Rak dan perlengkapan Display: Rp 5.000.000,-

  • Belanja dagangan awal: Rp 10.000.000,-

  • JUMLAH Rp 25.000.000,-


Biaya Operasional



  • Gaji Pegawai 2 orang : Rp 2.000.000,-

  • Belanja barang: Rp 8.000.000,-

  • Kantong plastik dan lain-lain: Rp 500.000,-

  • Promosi: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 11.000.000,-


Omset/Pendapatan


Aswumsi penjualan hari biasa Rp 500.000,- per hari, penjualan hari Sabtu-Minggu Rp 1.000.000,- per hari.


= (Rp 500.000 x 22 hari) + (Rp 1.000.000 x 8 hari)


= Rp 19.000.000,-


Laba Bersih/Keuntungan


= Omset – Biaya Operasional


= Rp 19.000.000 – Rp 11.000.000


= Rp 8.000.000,-


BEP (Break Even Poin)


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 25.000.000 / Rp 8.000.000


= 3.12 bulan = 94 hari


Perhitungan analisa perjuangan butik baju rumahan tersebut bertujuan untuk memberi citra mulai dari modal yang diharapkan hingga asumsi profitnya. Angka sanggup berbeda, tergantung pada konsep butik yang diinginkan. Keunggulannya kalau menggarapnya sebagai peluang perjuangan butik rumahan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.


sumber gambar perjuangan butik baju rumahan: talknesia



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel