iklan

Nilai Gizi Dan Manfaat Labu Siam

Pernah tahu yang namanya labu siam? Emhh.. jangan beranggapan labu siam ialah buah labu yang kembar siam ya.. hehe. Orang indonesia niscaya kenal dengan labu siam atau kalau di Malang, Jawa Timur populer dengan nama manisa.


Cantik kan namanya.. sangat cocok diberikan untuk sayuran yang mempunyai banyak manfaat ini. Labu siam ialah jenis buah sayuran yang gampang didapatkan dan harganya sangat amat murah.


Selain di Indonesia labu siam tumbuh hampir di seluruh wilayah Afrika dan Asia, berwarna hijau cerah, dagingnya empuk berwarna putih, buahnya berbentuk lonjong memanjang, sedikit bergetah. Tumbuh menjulur di permukaan tanah dan sanggup merambat.


Ada petani yang menanam labu siam dengan hanya diletakkan begitu saja pada permukaan tanah. Tetapi untuk mendapat labu berkualitas sebaiknya labu siam tumbuh menggantung dengan bebas. Ukuran buah labu siam bermacam-macam, ada yang sangat besar, sedang seukuran genggaman tangan sampai kecil.


Kandungan labu siam


Labu siam harganya cukup murah jikalau harus dibandingkan dengan manfaatnya. Mungkin alasannya proses penanamannya yang cukup gampang sehingga jadinya melimpah.


Buah atau sayur labu siam mengandung banyak air sehingga mempunyai kandungan mineral yang baik. Belum lagi vitamin C, niasin atau B3 dan fosfor yang sangat baik bagi daya tahan badan dan tulang.


Tak hanya itu, dari zat besi sampai tembaga juga terdapat dengan lengkap di dalam daging buah labu siam. Karena teksturnya yang lembut, labu siam banyak disukai masyarakat sebagai isi sayuran lodeh atau tumis.


Manfaat labu siam


Seperti yang aku sebutkan diatas, labu siam banyak dimanfaatkan sebagai materi masakan yang sudah tidak aneh dimana-mana. Penggunaannya yang lumrah ini tak beriringan dengan pengetahuan masyarakat terhadap keuntungannya bagi tubuh.


Bagi penderita kolesterol berlebih tak perlu ragu-ragu untuk mengkonsumsi labu siam. Labu siam mempunyai kandungan kalori yang minimal, ditambah dengan kandungan serat dan vitamin C sebagai antioksidan sanggup menjaga jumlah kolesterol seseorang tetap dalam kadar yang normal.


Labu siam sanggup menjadi diuretik alami yang sanggup mengontrol keseimbangan cairan dalam badan serta menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal. Cocok sebagai diet orang yang mempunyai permasalahan pada ginjal.


Untuk ibu hamil, sangat disarankan mengkonsumsi kukusan labu siam secara teratur alasannya kandungan asam folat yang sangat tinggi. Asam folat ialah zat gizi yang sanggup mencegah risiko terjadinya keganjilan pada janin serta baik untuk perkembangan fungsi otak janin. Selain mendapat asam folat dari susu hamil, ada baiknya juga bila ditambah dengan asam folat nabati yang didapat dari labu siam.


Yang lebih mencengangkan, labu siam juga mengandung flavonoid sebagai antioksidan. Bayangkan, disamping kadar vitamin C yang tinggi ditambah juga dengan flavonoid, tentunya akan menjadi adonan antioksidan yang sangat baik. Banyak peneliti mempelajari dan menemukan bahwa labu siam merupakan salah satu anti kanker yang wajib dikonsumsi.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nilai Gizi Dan Manfaat Labu Siam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel