iklan

✔ 9 Teladan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan + Cara Membuatnya!

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar lengkap dengan cara membuatnya berikut ini bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan di pabrik ( otomotif-garment-makanan ) swasta ( restoran/rumah makan-ritel-toko-sopir ) atupun BUMN ( pns-pegawai rumahsakit-pegawai bank ).Walaupun ini merupakan hasil goresan pena manual,tetapi mempunyai nilai yang sangat cantik dimata HRD dan anda wajib memahaminya supaya tawaran anda diterima dan diproses.

Cara menciptakan surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang akan saya jelaskan terbagi menjadi beberapa tahapan,mulai dari gaya bahasa,penulisan dan juga kerangka yang baik dan benar.Silahkan ikuti panduan atau penjelasanya di bawah ini.


Surat Lamaran Kerja Tulis tangan

 

Surat lamaran kerja ialah sebuah " tawaran singkat " yang menceritakan perihal data diri dengan menambahkan beberapa informasi sebagai " promosi diri " untuk perusahaan supaya bisa diterima bekerja.Langkah ini berbeda denganpengiriman via email,walaupun secara garis besar langkahnya hampir sama.

Dalam prakteknya,suriat ini terbagi menjadi 3 macam,yaitu :
  • Ditulis dengan tangan
  • Di ketik dengan mesin tik
  • Ketik komputer
Apapun metode yang anda gunakan,struktur penulisanya SAMA SAJA,yang membedakan hanyalah alat yang anda gunakan untuk menulisnya.Berikut struktur penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar :




Contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar lengkap dengan cara membuatnya ✔ 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan + Cara Membuatnya!


Pada gambar diatas terlihat beberapa point yang saya lingkari memakai nomor,itulah point yang harus anda fahami.


Berikut struktur atau kerangka goresan pena yang benar menyerupai gambar diatas :


1. Pastikan pembuka atau lampiran ditulis dengan benar

Sesuai dengan gambar diatas,pada nomor 1 ialah lampiran.Dalam bahasa saya ini merupakan inti atau maksud dari tawaran secara keseluruhan.Anda bisa isikan sperti ini :
  • Lampiran : Lamaran Pekerjaan atau
  • Lampiran : Lamaran kerja
Biasanya saya sendiri lebih sering untuk memakai yang pertama,karena dilihat dari segi bahasa,kolom pertama lebih terkesan formal.Tetapi itu semua terserah pada anda sendiri,jika merasa yakin dengan kolom kedua,silahkan,tetapi saya tidak menyarankan.Dan jikalau perusahaan yang anda tuju ialah perusahaan besar,silahkan gunakan kolom pertama. 


2. Penulisan tempat pembuatan dihentikan salah

Anda bisa mengisi sesuai gambar diatas,itu untuk menerangkan dimana dan kapan tawaran itu dibuat,anda bisa perhatikan tanda baca nya yaitu tanda ( , ) sehabis nama tempat dan penulisan tanggal bisa memakai tanda ( - ).


3. Menulis alamat perusahaan harus tepat

Ini ialah kolom untuk tujuan tawaran anda,di isi HAMPIR SAMA dengan yang anda isikan pada halaman depan amplop,hanya saja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan,yaitu :
  • Penulisan alamat biasanya panjang,anda dihentikan menggabungnya menjadi satu baris,karena akan terlihat tidak rapi,penulisan alamat perusahaan bisa anda bagi menjadi 3 baris atau sesuai dengan panjang pendek alamat,silahakan lihat cotnoh dibawah :
Contoh penulisan yang SALAH

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit tempat itc jalan bunga mawar layu no 13 bekasi jawa barat 2345
Di tempat.
Contoh penulisan yang BENAR

Kepada : yth Kepala personalia
Pt sehat terus nggak pernah sakit
tempat itc
jalan bunga mawar layu no 13
Bekasi,Jawa Barat 2345
di tempat.

Coba anda perhatikan,rapi yang mana?jika anda perhatikan baik-baik,pada pola kedua lebih rapi dan lebih lezat dibaca bukan?sekarang saya harap anda sudah mengerti dan faham tentang  pengaturan baris pada kolom alamat.
Tidak harus sama persis,yang penting rapih di lihat,panjang nya se imbang dan lezat dibaca.



4. Harus terperinci dalam menuliskan biodata diri

Perhatikan gambar utama diatas,hampir sama dengan nomer 3,disini yang menjadi poin penting
ialah rapi.Anda bisa perhatikan pola di gambar,baris nya rapi dan tidak berantakan.
Jika alamatnya panjang bagaimana?
Anda bisa mengatasinya memakai cara menyerupai yang saya contohkan dibawah :
Nama :
Alamat :
  • Dusun dukuh wetang kulon ngalor ngidul desa utara barat selatan timur utara RT 0011 RW 0022 kecamatan arah mata angin kabupaten globe peta dunia jawa pinggir indonesia.Rumah berwarna hijau muda dengan pohon durian didepanya dan pohon belimbing dibelakangnya serta di samping banyak sawah dan kebun dan seterusnya.
Pendidikan :
No Hp :

Mau sepanjang apapun alamat rumah anda,jika penulisanya menyerupai yang saya contohkan diatas,itu semua tidak masalah.Anda hanya perlu menyamakan garis sampingnya saja.Dengan begitu bentuknya akan rapi dan lezat dilihat.

Kemudian,pada pecahan biodata diri ini,apa saja yang harus di isikan?biasanya saya memakai skema menyerupai ini :

a. Nama
b. Tempat tanggal lahir
c. Alamat
d. Pendidikan 
E. No hp

Point di atas sudah cukup untuk mendefinisikan informasi diri anda kepada perusahaan,tidak perlu membubuhkan hal yang tidak perlu.



5. Perhatikan goresan pena pembuka surat

Pada poin ke 5 ini bisa anda isi sesuai gambar di atas atau kalau saya biasanya mengisi bagan
ini dengan satu paragraf saja,seperti ini yang biasa saya tulis :

Dengan ini saya mengajukan laamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/ibu pimpin.Dan untuk materi pertimbangan saya lampirkan :

Saya biasanya hanya menulisnya menyerupai itu dan pribadi menyebutkan poin ke 6 nanti.Terserah anda ingin mengisinya menyerupai apa,tetapi untuk lebih mempersingkatnya,silahkan anda tulis saja menyerupai yang saya contohkan ( padat singkat tidak terlalu bertele tele ).



6. Pastikan persyaratan dan berkas pendukung lengkap

Perhatikan baik baik poin ini,di sinilah yang kadang menjadi bom waktu untuk para pelamar,kenapa
bisa?Akan saya jelaskan :

Pada pecahan ini gotong royong yang perlu anda lakukan ialah menunjukkan berkas sesuai dengan kriteria yang di minta perusahaan DITAMBAH sedikit akta untuk nilai tambah evaluasi anda.Jadi isikan saja persyaratan yang diminta dan beberapa akta jikalau anda punya.

Disini kadang para pelamar membubuhkan berkas yang tidak penting.Alih-alih ingin mendapatkan nilai lebih,justru hal tersebut bisa menciptakan HRD berfikir jikalau anda hanya asal-asalan dalam menunjukkan berkas anda.Jadi perhatikan baik-baik poin atau berkas apa yang diminta perusahaan.

Point atau berkas yang biasa dilampirkan ialah :
  • fotokopi ijasah
  • fotokopi skhun
  • fotokopi skck
  • fotokopi KTP
  • fotokopi kartu kuning
  • daftar riwayat hidup
  • fotokopi transkrip nilai 
  • surat sehat dari dokter
  • Pas foto berwarna 4x6 2 lembar
  • sertifikat ...........
  • sertifikat ..........
Poin akta ialah nilai tambah anda,semakin banyak semakin cantik tetapi harus anda perhatikan baik-baik :

- Sertifikat yang anda cantumkan harus anda kuasai ilmunya,kenapa?karena jikalau di tanyakan oleh HRD dan anda tidak bisa menjelaskan,saya yakin nama anda akan mendapatkan tinta merah (x).Karena secara nalar,seseorang yang mempunyai sertifikat,sudah niscaya faham dan mengerti dengan apa yang berkaitan dengan itu.

Jika ada orang yang melampirkan berkas akta dan ditanyakan ternyata tidak bisa menjawab,kira-kira apa yang difikirkan HRD?
Mereka akan berfikir jikalau akta itu hasil dari manipulasi anda sendiri alias scan secara ilegal.

- Kalau anda hanya sedikit mengerti perihal detail dari akta yang akan anda bubuhkan,ada baik nya anda urungkan saja,tetapi jikalau anda tipe orang yang suka bertaruh dalam hidup,silahkan dicoba saja.

- Jika anda tidak mengerti perihal akta yang anda cantumkan,ya jangan di paksakan,karena kalau di paksakan,anda hanya akan mempersulit diri anda sendiri nantinya.

Inilah yang saya maksud supaya anda benar-benar bijak dalam membubuhkan sertifikat.Alih alih anda ingin nilai lebih di mata para HRD,kemudian tanpa pikir panjang anda cantumkan semua akta ( IT,FORKLIFT,BAHASA JEPANG,BAHASA INGGRIS ) begitu di tanyakan dan di suruh menjelaskan atau mempraktekan,anda ternyata tidak bisa.Itu tidak cantik untuk penilaian.

Kaprikornus bijaklah ketika mencantumkan sertifikat.
Kenapa bisa orang nggak faham tetapi mempunyai sertifikat?tidak perlu saya jelaskan,yang terperinci tidak perlu anda lakukan,jika memang tidak mengerti,ya sudah,jangan lakukan hal menyalahi aturan ini,yang nantinya akan berimbas pada diri anda sendiri.



7. Tidak boleh sembarangan menulis penutup/tanda tangan

Poin terahir ialah penutup,bisa anda isi sesuai gambar,tidak ada yang khusus di sini,isi saja
sesuai gambar di atas.
Sedikit catatan saja : Tanda tangan jangan terlalu besar,kecil saja sesuai
lebar nama.Jangan coba-coba menciptakan tanda tangan yang terlalu berlebihan,karena menyerupai yang saya katakan pada paragraf atas,karakter atau kepribadian anda bisa terlihat dari bentuk tulisan,jadi lakukan serapi mungkin.

Itu semua ialah kerangka dasarnya,selanjutnya tinggal anda sesuaikan saja alamat perusahaan dan persyaratan yang dibutuhkan,jika anda masih kurang faham juga,berikut saya berikan beberapa misalnya :


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulisan Tangan



Setelah anda mengerti bagaimana kerangka sesuai yang saya jelaskan di atas,sekarang saatnya mempraktekanya pada lembar kertas dan jangan lupa berdoa dulu,berikut sample yang bisa anda tiru/gunakan :

1. Bentuk yang sesuai EYD


Yang dimaksud disini ialah Ejaan Yang Disempurnakan,kalau dalam bahasa saya,sesuai dengan bahasa indonesia yang baku dan jangan memakai bahasa yang gaul atau informal.Jadi dihentikan memakai kata " aku,kamu,kita dan sebagainya ".

Berikut samplenya :

Kepada Yth:

Bpk/Ibu : Kepala Personalia

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari papan pengumuman pada kantor post cabang semarang yang memberitahukan bahwa PT Sukses Maju sedang membutuhkan tenaga operator mesin bubut,dengan ini saya mengajukan laamaran pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang betanda tangan di bawah ini :

Nama : Albert Mangkubumi

Tempat / tgl. Lahir : Semarang,20 Januari 1980

Jenis Kelamin : Laki-laki

Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah kejuruan Mesin Perkakas

Alamat : Jln Raden Fatah no 16 Semarang Jawa TengaH

No. Telepon : 0821 386 859 46

Sebagai materi pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1. Fotkopi Ijasah
2. Fotokopi SKHUN
3. Fotokopi SKCK
4. Fotokopi KTP
5. Fotokopi Transkrip Nilai


Besar impian saya untuk bisa diterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Terima kasih atas perhatianya,dan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Albert Mangkubumi.


2. Bentuk yang umum


Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya,maksudnya umum itu ialah yang sangat sering sekali dipakai oleh orang kebanyakan.Berikut sample rincinya :

Kepada. Yth : Kepala Personalia

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca pada media umum Instagram bahwa Expedisi Kirim Terus membutuhkan karyawan sebagai manajemen gudang,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi tersebut.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Sukirno bin sukirman     
Tempat, Tanggal Lahir     : Probolinggo,10 Desember 1990   
Alamat Asal     : Dsun pekuncen rt 1 rw 2 kecamatan Ajimambang Kabupaten Probolinggo Jawa Tengah         
Pendidikan Terakhir     : D3 Akuntansi   
Telepon     :     0813 2750 6655

Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi KTP
2.Fotokopi Ijasah Terahir
3.Fotokopi Nilai
4.Fotokopi SKCK berlaku

Besar impian saya untuk bisa ditrima dan bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Sukirno bin sukirman.

3. Bentuk Yang Baik dan Benar


Bentuk lain yang bisa anda coba gunakan ialah yang serpti dibawah ini :

Kepada Yth: Kepala HRD

PT. Indah Maju Makmur
Kawasan Indutri Karawang
Blok e-6 no 12
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Bedu Amri    
Tempat, Tanggal Lahir     : Magelang.13 Februari 1994    
Alamat     : Dusun kopo rt 3 rw 3 Desa tlaga Kecamatan manahan Kabupaten Magelang Jawa Tengah    
No. HP     :     0822 2555 6666

Berkenaan dengan ini,saya mengajukan laamaran  kepada Bapak / Ibu supaya bisa diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin.Sebagai materi penilaian, saya sertakan lampiran berikut :

1.Fotokopi Ijasah
2.Fotokopi SKHUN
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Pas Foto Berwarna 4×6
5.Fotokopi SKCK
6.Fotokopi Akte kelahiran

Demikianlah biar dipakai sebagai materi pertimbangan,besar impian saya biar bisa diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpinan.Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,


Bedu Amri.


4. Digunakan untuk Bank


Untuk yang satu ini,biasanya yang dicari ialah lulusan dengan jurusan tertentu,silahkan di sesuaikan saja.Tetapi jikalau tidak sesuai dan kalian ingin mencobanya,silahkan saja,itu lebih cantik :

Kepada Yth :
Bpk/Ibu Pemimpin Cabang

PT Bank Rakyat Indonesia
Kantor cabang yogyakarta
Jln Pelajar Timur
Km 2 Karang Tengah
Yogyakarta
Dengan hormat,

Sehubungan informasi yang saya sanggup pada surat kabar yogya post bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk pecahan Survey Data,dengan ini saya ejekan permohonan untuk bisa mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Karina Dian   
Tempat/Tanggal Lahir     : Banyumas,5 Januari 2018    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan : S1 Akuntansi    
Alamat     : Jln Diponegoro km 5 Perum Argo Wisata no 10 Banyumas JAwa Tengah     
HP     : 08787 48756 21   

Sebagai materi pertimbangan,berikut beberapa berkas yang saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Terahir
2. Fotokopi Nilai
3. Fotokopi SKHUN
4. Fotokopi SKCK
5. Fotokopi KTP
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Surat Keterangan Belum Menikah Dari Dinas Terkait

Besar impian saya untuk bisa siterima dan bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Saya akan bekerja seseuai peraturan yang berlaku dan mengikuti semua perintah atasan dengan baik.Terimakasih atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya.

Karina Dian.

5. Bentuk yang dipakai utnuk Pabrik atau PT


Ini ialah bentuk yang selalu saya gunakan jikalau melamar di pabrik/PT,walaupun tidak harus sama persis,anda bisa memakai skema ini sebagai sample :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada. Yth : Kepala personalia

PT.Mandom Jaya
Kawasan Jababeka 1
Blok 5-8
Cikarang
Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Teguh Rohadi

Tempat/ Tanggal lahir : Tegal,15 Februari 1988

Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah kejuruan Mesin Otomotif

Alamat : Dusun Kidulrawa rt12 rw 1 Desa Kulonanget Tegal Jawa Tengah

Telepon : 0838 8546 6333

Dengan ini saya ejekan laamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Sebagai materi pertimbangan,berikut saya lampirkan :

1.Fotokopi SKHUN
2.Fotokopi Ijasah
3.Fotokopi KTP
4.Fotokopi SKCK
5.Sertifikat SIO Forklift

Demikian surat laamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Teguh Rohadi.

6. Bentuk untuk fresh graduate/lulusan baru


Ini ditujukan untuk kalian yang gres selesai dan lulus baik Sekolah Menengah kejuruan ataupun sarjana.Intinya ialah kalian belum mempunyai pengalaman dan gres pertama kali mendaftar pekerjaan :

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth:

HRD PT Minyak Mentah Insani
Jln Palangka raya km 10
Palangkaraya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari pengumuman di Perguruan Tinggi Palangkaraya bahwa perusahaan ini membutuhkan operator alat berat,dengan ini saya mengajukan laamaran untuk mengisi posisi kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama     : Amelda Pasaribu   
Tempat, Tanggal Lahir     : Palangkaraya,25 Februari 1988    
Jenis Kelamin     : Perempuan    
Pendidikan Terakhir     : Sekolah Menengah kejuruan Mesin    
Alamat     : Perum. Idah Kejora No 17 Palangkaraya   
HP     : 0821 4637 6699   

Saya merupakan lulusan Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Ma'arif Palangkaraya dengan nilai terbaik,dengan ini saya mengajukan diri untuk bisa menjadi pekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Sebagai materi pertimbangan saya lampirkan :

1. Fotokopi SKHUN
2. Fotokopi Ijasah
3. Fotokopi KTP
4. Fotokopi Surat Dokter
5. Daftar Riwayat Hidup
6. Sertifikat Kejuruan

Saya dalam kondisi sehat dan siap ditempatkan dimanapun sesuai kebutuhan perusahaan.Atas perhatianya,saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Amelda pasaribu.

 

7. Bentuk untuk pekerjaan umum


Bentuk menyerupai ini bisa di gunakan untuk semua tempat,tetapi tetap harus mengikuti struktur yang benar menyerupai klarifikasi saya pada paragraf atas.

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth :

Manager Personalia
PT Maju Terus Makmur
Jln Tentara Pelajar
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan pada informasi yang saya peroleh melalui website resmi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai andal biologi,dengan ini saya bermaksud mendaftarkan diri untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :Erwin Simanjuntak
Tempat, tgl. lahir :30 Maret 1990
Pendidikan Akhir :D3 Biologi
Alamat :Jln raya Medan km 6 Medan
Telepon (HP) :0877 3456 1234
Status Perkawinan : Belum menikah

Saya merupakan lulusan terbaik dalam jurusan biologi dan pernah bekerja sebagai andal biologi pada perusahaan sebelumnya dan mempunyai akta yang sah.Saya bersedia sitempatkan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan perusaha.

sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :

1. Sertifikat SAH dilegalisir
2. Serifikat Kerja
3. Ijasah D3
4. Nilai IP
5. Pas foto 4x6

Besar impian saya untuk bisa siterima dan bergabung menjadi karyawan dalam perusahaan yangBapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya


Erwin Simanjuntak.


8. Bentuk untuk Ritel ( Alfamart ataupun Indomaret )


Saya sendiri pernah melamar pada salah satu ritel memakai cara ini,Tetapi sebelum melamar,fahami dulu bagaimana sistem kerja di ritel supaya kalian tidak kaget.Untuk struktur penulisanya juga tidak jauh berbeda dengan yang lain :

Bandung,5 Januari 2018

Yth.

HRD PT Indomarco prismatama ( Indomaret )
Jln Midang Kamulan KM 16
Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama  : Asep Saripudin

Tempat, Tanggal Lahir : Majalaya,13 MAret 1997

Jenis Kelamin  : Laki-laki

Pendidikan  : Sekolah Menengan Atas 1 Majalaya

No. Telepon  : 0821 4685 6478

Alamat  : Perum Majalaya Permai no 20,Bandung

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada job fair akbar di bandung yang memberitahukan bahwa perusahaan ini sedang membutuhkan karyawan untuk pecahan administrasi,dengan ini saya bermaksud mengisi posisi yang kosong tersebut.Sebagai materi pertimabngan saya lampirkan :

1. Fotokopi Ijasah Dilegalisir

2. Fotokopi SKHUN Dilegalisir

3. Fotokopi Transkrip Nilai

4. Fotokopi KTP

5. Pas Photo 3×4 terbaru

6. Sertifikat Komputer

Berkas laamaran ini saya tulis dengan sebenar-benarnya dan saya bersedia mendapatkan sangsi jikalau ada kesalahan data dikemudian hari.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Asep Saripudin.


9. Bentuk yang Sederhana


Kalau didefinisikan berdasarkan bahasa saya,maksudnya ialah : Persyaratan yang kalian berikan sesuai dengan penulisan kata-kata yang simpel dan tidak berlebihan.Hanya menyerupai itu saja.

Bekasi 1 Januari 2018

Kepada Yth

Manager HRD

PT ( isi sesuai dengan tujuan kalian )

Di Tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ( di isi nama lengkap )

Jenis Kelamin : ( di isi jangan disingkat )

Agama : ( di isi dengan benar )

Pendidikan terahir : ( di isi sesuai ijasah terahir )

Alamat : ( di isi selengkap mugnkin )

No. Telepon : ( di isi harus yang selalu aktif )

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai materi pertimbangan saya lampirkan :

1......
2......
3......
4......

Besar impian saya untuk bisa diterima pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

( nama lengkap anda ).


Kesalahan yang harus dihindari ketika menulis surat lamaran


Kesalahan yang paling fatal dan sering terjadi untuk para pelamar ialah :

Terlalu memngutamakan bentuk tulisanya,sehingga banyak yang hingga berjam jam ketika merancang sebuah tawaran hanya alasannya ialah goresan pena mereka tidak bagus.Percaya atau tidak bahkan banyak yang hingga rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa orang lain yang mempunyai goresan pena yang bagus.

Mereka biasanya lalai dengan hal terpenting yaitu PERSYARATAN!saking fokusnya terhadap goresan pena yang bagus,persayaratan yang menjadi point utama malah terlupakan.Jadi,disini pada dasarnya tulisanya bisa dibaca sudah cukup.Selebihnya ikuti panduan di atas saja.


Saya ingin bertanya satu pertanyaan  :

Mungkin atau tidak HRD menyeleksi tawaran satu persatu dari ratusan bahkan ribuan pelamar yang tiba ( kurang titik,kurang koma,hurufnya jelek,dll )?

Itu tidak mungkin,karena akan memakan banyak waktu dan kurang efisien.

Yang diseleksi itu persyaratanya,tulisan itu jadi nomer sekian.Jadi ubah kebiasaan buruk anda yang terlalu fokus dalam bentuk abjad dan kalimat.Fokus pada persyaratanya dulu.


Tambahan

a. Perhatikan stempel atau keabsahan berkas yang anda cantumkan
b. Perhatikan tanggal kadaluarsa sebuah dokumen yang anda lampirkan
c. Perhatikan seruan perusahaan ( apa yang harus di lampirkan )
d. Jangan pernah melampirkan dokumen yang tidak anda kuasai ilmunya,karena ( anda akan menciptakan jalan kegagalan anda sendiri ).

Jika nanti anda berhasil dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi,anda juga harus mengerti bagaimana mengatasi tes awal sehabis menerima panggilan tes. 


Poin penting yang dinilai HRD

  • Karakter seseorang
  • Kepribadian seseorang 
  • Kelayakan calon karyawan
  • Data diri apakah sesuai dengan kriteria yang diminta perusahaan
  • Kemampuan atau skil seseorang.
Mudah-mudahan dengan mengikuti panduan yang saya berikan ditambah dengan beberapa pola diatas,sekarang anda sudah mengerti dan faham,bagaimana merancang sebuah tawaran yang tepat.

Baca Juga :


Demikian pembahasan perihal bagaimana cara menciptakan dan pola surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang bisa anda gunakan untuk melamar di banyak sekali perusahaan atau lembaga.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 9 Teladan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan + Cara Membuatnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel