iklan

Langkah Gampang Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di Sini

Tanaman anggur selain sanggup Anda tanam pada kebun juga sanggup Anda tanam di dalam pot. Selain sanggup memperindah pekarangan rumah yang kurang produktif, buahnya pun sanggup Anda nikmati sendiri bersama keluarga. Salah satu keunggulan dalam menanam anggur dalam pot ialah Anda sanggup membentuk tanaman anggur seindah mungkin atau menatanya secantik mungkin sesuai dengan harapan Anda.


Tanaman anggur selain sanggup Anda tanam pada kebun juga sanggup Anda tanam di dalam pot Langkah Praktis Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini
Menanam anggur dalam pot

Tidak ada salahnya bila Anda mencoba menanam anggur dalam pot untuk mendapat uang pemanis atau untuk Anda nikmati sendiri akhirnya untuk kesehatan Anda. Seperti apa sih manfaat buah anggur untuk tubuh? Baca di sini. Selain itu budidaya anggur dalam pot bila di pelihara dengan benar akan menghasilkan keindahan bagi pekarangan rumah Anda. Adapun tahapan – tahapan menanam anggur dalam pot ialah sebagai berikut:


Memilih Pot Yang Baik


Langkah awal dalam menanam anggur dalam pot ialah menentukan pot yang akan digunakan. Pemilihan pot sangat penting untuk menciptakan tanaman anggur Anda yummy dipandang dan mempercantik pekarangan rumah. Maka pot yang dipilih haruslah pot yang bagus dan baik. Anda bisa menggunakan jenis pot dari plastik, semen ataupun pot dari tanah. Diameter pada permukaan pot haruslah lebih besar dibandingkan dengan permukaan bawah atau bisa juga sama besarnya.


Namun, dari banyak sekali jenis materi pot yang ada sangat dianjurkan untuk budidaya anggur ialah menggunakan pot dengan materi dasar tanah. Hal ini cukup kuat baik bagi tanaman anggur alasannya ialah pot dengan materi dasar tanah mempunyai pori – pori pada cuilan dasarnya yang bisa menyerap air. Sehingga akar tanaman tidak akan praktis mengalami kekeringan apabila Anda terlambat melaksanakan penyiraman dan tidak akan praktis lembab apabila penyiraman terlalu banyak. Untuk menunjang keindahan Anda bisa menentukan jenis pot tanah liat dengan aneka ragam tabrakan pada cuilan luarnya.


Menyiapkan Media Tanam


Media tanam yang cocok untuk menanam anggur dalam pot ialah pasir dan pupuk kandang. Kenapa Anda harus menggunakan pasir? Karena pasir mempunyai sifat praktis untuk ditembus oleh akar tanaman anggur. Sebelum Anda memasukkan media tanam, campurlah kedua media tersebut dengan merata. Anda bisa menambahkan tanah yang gembur pada sepertiga cuilan bawah pot. Supaya air tidak praktis keluar dari dalam pot.


Menanam Anggur Dalam Pot


Masukkan media tanah ke dalam pot kemudian masukkan pecahan kerikil bata atau genteng pada dasar pot. Setelah itu masukkan media pasir dan pupuk sangkar yang telah dicampur. Isi pot hingga kondisi hampir penuh. Buatlah lubang tanam di tengah pot dengan ukuran menyesuaikan polybag yang Anda pakai untuk melaksanakan pembibitan.


Sobek polybag kemudian masukkan bibit anggur ke dalam lubang yang telah Anda buat dan atur posisi tanaman biar tegak. Selanjutnya tutup lubang dan siram tanaman anggur secukupnya. Ketika Anda tamat melaksanakan penyiraman biasanya permukaan media tanam akan menurun hingga 5 cm, hal ini terjadi diakibatkan pemadatan oleh media tanam. Selanjutnya Anda sanggup menyimpan tanaman anggur pada kawasan yang terkena sinar matahari penuh.


Perawatan Tanaman Anggur


Menanam anggur dalam pot membutuhkan perawatan yang intensif. Perawatan anggur dalam pot hampir sama dengan perawatan penanaman tanaman anggur pada lahan. Tentunya perawatan tanaman anggur dalam pot lebih praktis untuk dilakukan. Adapun beberapa perawatan yang harus Anda lakukan ialah sebagai berikut:



  • Penyiraman dilakukan setiap hari yaitu pada waktu sore hari. Pada waktu Anda melaksanakan penyiraman hendaklah dilakukan secara hati – hati biar percikan air tidak merusak media tanam. Media tanam tanaman anggur ini praktis bergerak ( alasannya ialah adonan pasir dan pupuk sangkar ) apabila Anda tidak hati – hati melaksanakan penyiraman. Akibatnya posisi akar bisa berubah dan tanaman akan praktis mati.

  • Pemberian rambatan atau ajir. Fungsi dari ajir sangatlah penting biar tanaman bisa tumbuh lurus. Bahan ajir bisa menggunakan kayu atau bilahan bambu dengan ketebalan 1,5 cm dan panjang sekitar 1 m. Ajir dipakai sebagai penyangga bibit anggur hingga datang waktunya pemangkasan yang pertama. Dalam satu pot sanggup Anda berikan empat bilahan bambu atau kayu sebagai ajir.

  • Saat menanam anggur dalam pot pemupukan bisa dilakukan pada tanaman yang gres ditanam. Anda bisa menggunakan pupuk urea dengan takaran cukup satu sendok makan. Pupuk urea ini Anda berikan setiap dua ahad sekali hingga tanaman anggur berusia tiga bulan. Setelah tanaman berusia tiga bulan maka tambahkan takaran pupuk menjadi dua sendok makan dan diberikan sebulan sekali.


Tips Agar Tanaman Anggur Cepat berbuah


Hal yang harus Anda perhatikan untuk mempercepat tumbuhnya buah dalam menanam anggur dalam pot ialah pemangkasan. Terutaman pemangkasan pada ranting  yang mempercepat bunga keluar. Ketika cabang tersier sudah mulai berwarna coklat atau kurang lebih sudah berusia tiga bulan pemangkasan boleh Anda lakukan. Pemangkasan dilakukan pada cabang tersier dengan ciri mata tunas yang menonjol. Pemangkasan bisa dilakukan di ruas keempat dan kelima dari pangkal cabang tersier.


Pada proses pemangkasan yang pertama, biasanya malai bunga muncul dengan ukuran yang kecil. Jumlah malai yang muncul secara sedikit demi sedikit akan bertambah pada proses pemangkasan yang kedua, pemangkasan ketiga dan seterusnya. Bunga yang muncul sesudah dilakukan pemangkasan perlahan akan mekar dan menghasilkan buah dengan ukuran kecil dan berwarna hijau. Buah ini akan terus tumbuh dan berkembang maksimal sesudah 100 hari semenjak pemangkasan.


Tanaman anggur selain sanggup Anda tanam pada kebun juga sanggup Anda tanam di dalam pot Langkah Praktis Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di sini
Tips pemangkasan tanaman anggur dalam pot-menanam anggur dalam pot

Pada dikala buah mulai tumbuh, tahap menanam anggur dalam pot selanjutnya ialah perlu dilakukan penyiraman setiap harinya dan pemupukan dilakukan setiap satu bulan. Dengan takaran pupuk NPK sebanyak dua sendok makan. Untuk tips cara budidaya anggur pada lahan, bisa Anda baca pada artikel kami berikut ini, Klik di sini


sumber gambar: indonesiabertanam, bobisanjaya, youtube





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah Gampang Menanam Anggur Dalam Pot, Yuk Kulik Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel