iklan

2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (Gpt Atau Mbr) Tanpa Software

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan ber 2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Tanpa Software

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan banyak sekali kebutuhan data digital. Khusus pada Laptop ataupun PC Desktop, Hardisk hingga dikala ini masih menjadi media penyimpanan utama. Terutama pada periode dikala ini yang sudah hadir banyak sekali jenis penyimpanan, menyerupai HDD dan SSD.

Bagi anda yang belum tahu, bahwa pada sebuah media penyimpanan menyerupai hardisk HDD maupun SSD mempunyai sebuah denah partisi. Skema partisi tersebut hingga dikala ini ada dua jenis, yaitu GPT dan MBR. Perbedaan GPT dan MBR sebagai sebuah denah partisi tentu saja didasarkan pada kebutuhan dari setiap perkembangan perangkat keras.

Pada dasarnya denah partisi GPT dan MBR tersebut mempunyai peranan utama yaitu untuk menyesuaikan kinerja media penyimpanan dengan perangkat firmware. Misalnya saja, dikala ini perangkat komputer yang memakai dua jenis sistem firmware, yaitu BIOS (Legacy BIOS) dan UEFI. Teknologi UEFI merupakan sebuah teknologi yang lebih gres dan mempunyai tata kerja yang berbeda terhadap sebuah sistem operasi. Oleh alasannya ialah itu, untuk mendukung kinerja UEFI, maka dibutuhkan juga denah partisi yang lebih baru, yaitu GPT. Sederhananya, jenis partisi MBR hadir untuk mengiringi firmware BIOS, dan GPT hadir untuk mengiringi firmware UEFI.

Cek Jenis Partisi Hardisk, Apakah GPT atau MBR?

Ada banyak laba yang akan anda peroleh jikalau mengetahui atau sanggup cek jenis partisi yang dipakai oleh hardisk (GPT atau MBR) pada Laptop yang digunakan. Misalnya saja, anda sanggup menyesuaikan dengan sistem firmware Laptop anda. Selain itu, hal ini sangat penting jikalau anda hendak melaksanakan install ulang pada Laptop tersebut.

Banyak yang tidak tahu dan sering kali diabaikan, bahwa gotong royong anda perlu cek jenis partisi hardisk Laptop anda, apakah GPT atau MBR sebelum menciptakan installer Windows. Anda perlu menyidik jenis partisi yang dipakai pada Hardisk Laptop anda biar sanggup diubahsuaikan dengan installer yang akan dibuat. Jika Hardisk anda memakai jenis partisi GPT, maka anda juga harus membuat installer Windows untuk GPT. Sebaliknya, jikalau hardisk anda memakai jenis partisi MBR, maka tentu saja anda juga harus menciptakan installer MBR.

Ada banyak cara yang sanggup anda lakukan untuk cek jenis partisi Hardisk, apakah GPT atau MBR yang terpasang pada Hardisk anda. Namun, kebanyakan orang akan eksklusif mencari software apa yang sanggup dipakai untuk melaksanakan pekerjaan ini. Padahal, gotong royong anda sanggup cek jenis partisi hardisk dengan gampang tanpa mennggunakan software apapun.

1. Cek Tipe Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Menggunakan CMD (Diskpart)

Cara pertama yang sanggup anda lakukan untuk cek jenis partisi Hardisk Laptop apakah GPT atau MBR tanpa software ialah memakai CMD. Anda sanggup melaksanakan kiprah ini dengan gampang alasannya ialah hanya memakai tool bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD). Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa CMD merupakan tool bawaan Windows yang sangat powerfull dan mempunyai banyak fungsi perintah, salah satunya ialah fungsi Diskpart.

Pada dasarnya fungsi perintah Diskpart di CMD sanggup dikatakan sebagai sub bab dari kegunaan CMD yang khusus untuk mengatur penyimpanan pada komputer. Oleh alasannya ialah itu, penggunaannya tentu saja sama persis menyerupai di CMD, yaitu mengetikkan perintah untuk mendapat hasil yang diinginkan. Untuk melaksanakan cara pertama ini tidaklah sulit, silahkan anda ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama ialah silahkan buka Command Prompt (CMD) di Laptop anda, sanggup dilakukan dengan mencarinya di Start Menu maupun metode lainnya. Pada jendela CMD, silahkan ketikkan perintah berikut kemudian tekan enter pada keyboard.

diskpart

Jika muncul jendela User Account Control yang meminta persetujuan Administrator, silahkan klik Yes. Selanjutnya, pada jendela diskpart, silahkan ketikkan perintah berikut untuk menampilkan daftar penyimpanan di Laptop anda, kemudian tekan enter pada keyboard.

list disk

Sleanjutnya, akan ditampilkan hasil berupa daftar Disk yang terdapat pada Laptop anda yang dimulai dari index 0 (Disk 0). Silahkan perhatikan pada kolom GPT disk yang terdapat pada baris hardisk anda. Jika pada kolom tersebut terdapat tanda bintang (*), artinya, Hardisk Laptop anda bertipe GPT. Sebaliknya, jikalau tidak ada tanda bintang, artinya jenis partisi Hardisk anda ialah MBR.

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan ber 2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Tanpa Software

2. Cek Tipe Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Menggunakan Disk Management

Cara kedua yang sanggup anda lakukan untuk cek apakah Hardisk Laptop GPT atau MBR ialah dengan memakai Disk Management. Disk Management merupakan tool bawaan Windows yang mempunyai banyak fungsi untuk mengatur penyimpanan Laptop. Salah satu fungsi yang sanggup anda gunakan ialah untuk cek jenis partisi Hardisk Laptop. Untuk memakai cara yang kedua ini, silahkan ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah kedua yang harus anda lakukan ialah silahkan buka File Exporer. Pada jendela File Explorer silahkan klik kanan pada This PC (Windows 8 atau Windows 10) atau My Computer (Windows 7), kemudian klik Manage pada Context Menu yang muncul untuk membuka Computer Management.

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan ber 2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Tanpa Software

Pada jendela Computer Management, silahkan klik Disk Management pada panel kiri, tepatnya di bab Storage.

Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan ber 2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (GPT atau MBR) Tanpa Software

Selanjutnya, pada panel utama silahkan klik kanan pada nama disk (bukan nama partisi) yang akan dicek jenis partisinya, contohnya Disk 0. Selanjutnya silahkan perhatikan pada context menu, jikalau pada pilihat tersebut ada opsi Convert to MBR Disk, artinya jenis partisi Hardisk Laptop anda ialah GPT. Sebaliknya, jikalau yang tertulis ialah Convert to GPT Disk, artinya jenis partisi Hardisk Laptop anda ialah MBR.

Jadi, sebagai kesimpulan dari kedua cara diatas bahwa jenis partisi Hardisk yang ada dikala ini hanya ada dua, yaitu GPT dan MBR. Dengan demikian, jikalau jenis partisi Hardisk komputer anda bukan GPT, maka sudah niscaya ialah MBR dan begitu juga sebaliknya. Selain itu, jenis partisi hardisk ini tidaklah paten, melainkan anda sanggup mengubahnya. Anda sanggup melaksanakan convert GPT ke MBR dan sebaliknya untuk mengubah jenis partisi Hardisk.

Itulah cara gampang untuk cek jenis partisi hardisk yang terpasang pada Laptop anda. Sekali lagi bahwa jikalau anda hendak melaksanakan install ulang Windows, maka sebaiknya anda menyidik jenis partisi hardisk terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan jenis installer yang dibuat.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Cara Cek Jenis Partisi Hardisk (Gpt Atau Mbr) Tanpa Software"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel