iklan

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jeruk Nipis

Siapa yang doyan makan jeruk nipis? Mungkin hanya sedikit orang yang dapat memakannya bulat-bulat. Rasa jeruk nipis kecut dan cenderung pahit. Biasa dipakai untuk memperkaya rasa masakan atau minuman. Namun, di balik itu ternyata buah ini mempunyai segudang manfaat.


Jeruk nipis dihasilkan dari tumbuhan perdu dengan nama latin Citrus aurantifolia, atau dalam bahasa Inggris disebut Key Lime. Buahnya kecil, rata-rata berukuran 3-6 cm. Kulitnya berwarna hijau pekat hingga hijau kekuningan.


Jeruk nipis merupakan tumbuhan khas dari daerah Asia Tenggara. Namun sekarang penyebarannya sudah mendunia, mulai dari Eropa, Afrika hingga ke Amerika. Tanaman ini mempunyai sedikit hama dan cukup gampang beradaptasi, dapat ditanam dalam rentang iklim yang luas.


Kandungan vitamin


Jeruk nipis kaya dengan banyak sekali vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran kalau buah ini sering dijadikan simbol banyak sekali produk vitamin atau komplemen makanan. Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut dapat mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.


Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C gampang terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus.


Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.


Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain. Keberadaan radikal bebas ini tersebar di sekitar kita.


Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling populer ialah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel gres dan penyembuhkan peradangan.


Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diharapkan untuk mencegah risiko ketaknormalan pada bayi.


Manfaat jeruk nipis


Dalam khasanah pengobatan tradisional, jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk mengobati atau meredakan banyak sekali gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:



  • Membantu menghilangkan jerawat

  • Membantu merawat kualitas kulit wajah

  • Membantu mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat

  • Membantu merawat banyak sekali permasalahan kesehatan rambut ibarat rontok, berketombe, kulit kepala berminyak, dan rambut sulit diatur

  • Membantu menghilangkan kedaluwarsa tubuh dengan cara mengolesi cuilan dalam jeruk nipis dengan kapur sirih kemudian oleskan secara rutin pada ketiak Anda

  • Sangat baik untuk diet

  • Membantu melancarkan pencernaan

  • Sebagai salah satu sumber vitamin dan mineral

  • Membantu mengatasi sembelit

  • Membantu mengobati penyakit kuning

  • Membantu mengatasi dilema buang air kecil

  • Membantu memperkuat kekebalan tubuh

  • Membantu meredakan batuk

  • Membantu mengobati amandel


Jeruk nipis dapat dimanfaatkan dengan banyak sekali cara. Bisa dimakan langsung, kalau kuat, atau mencampurnya dengan madu atau materi herbal lainnya, menciptakan jus, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak akan mengurangi kandungan manfaatnya.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jeruk Nipis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel