iklan

Kandungan Dan Manfaat Daun Salam Yang Tersembunyi

Siapa yang tidak mengenal daun yang satu ini? Daun salam, merupakan daun yang dipakai sebagai suplemen penyedap dan aroma alami dalam masakan. Dengan menambahkan daun salam pada masakan, terasa lebih sedap dan mantap aromanya.


Daun salam merupakan tanaman rempah yang gampang cara penanamannya. Syzygium polyanthum begitulah nama latinnya, tanaman yang berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 30 meter. Tanaman liar ini bisa tumbuh di mana saja. Berikut ini deskripsi tanaman daun salam.



  1. Akar

    Jenis akar merupakan akar tunggang yang berbentuk menyerupai tombak meruncing ke ujung.

  2. Batang

    Batang tanaman daun salam ini tingginya bisa berkisar antara 5 – 30 meter. Bentuknya bercabang dan arah tumbuhnya tegak lurus ke atas. Batangnya berkayu, keras, dan kuat. Kulit batang berwarna coklat abu-abu dan bersisik.

  3. Daun

    Bentuk daunnya praktis dengan tulang daun menyirip. Tepi daun rata dan mempunyai aroma wangi. Jika sudah dikeringkan, daun salam dimanfaatkan untuk penyedap masakan.


Kandungan senyawa pada daun salam


Manfaat daun salam sanggup Anda ketahui dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Selain untuk penambah aroma pada makanan, daun salam juga dimnafaatkan untuk kesehatan dan pengobatan. Kandungan kimia yang dijumpai pada daun salam di antaranya sebagai berikut.



  1. Antioksidan

    Kandungan antioksidan pada daun salam bisa untuk mengobati beberapa penyakit.

  2. Rutin, salisilat, asam caffeic, dan fitonutrien

    Empat kandungan tersebut diyakini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, serta mencegah penyakit kanker.

  3. Flavonoid

    Senyawa lain berupa flavonoid pada daun salam berfungsi untuk membantu menormalkan darah penyakit hipertensi.

  4. Asam laurat

    Kandungan kimia asam laurat ini dimanfaatkan sebagai obat alami pengusir serangga.

  5. Vitamin

    Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya vitamin A dan vitamin C.


Manfaat tersembunyi dari daun salam


Daun salam telah dipercaya semenjak dulu untuk pengharum masakan. Selain manfaat utama tersebut, manfaat daun salam yang lainnya juga untuk pengobatan dengan memakai resep tertentu.



  1. Mengurangi rasa sakit

    Hasil ekstrak minyak daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit akhir nyeri keseleo, rematik, dan arthritis.

  2. Mengobati rematik

    Daun salam bisa mengobati rematik dengan resep berikut. Dengan cara merebus 10 lembar daun salam ke dalam 4 gelas air, disaring, kemudian diminum.

  3. Mengobati diabetes

    Daun salam terbukti sanggup menurunkan kadar gula darah, dengan resep mengkonsumsi bubuk daun salam selama 30 hari.

  4. Mengobati batuk

    Dengan merebus 2 – 3 lembar daun salam ke dalam air mendidih, bisa mengurangi batuk yang Anda derita. Dengan cara memasukkan kain ke dalam rebusan daun salam dan meletakkannya di dada.

  5. Mengobati penyakit ginjal

    Daun salam membantu mengobati penyakit ginjal dengan resep berikut. Mendidihkan 5 gram daun salam ke dalam 200 ml air. Saring dan minum air rebusan 2 kali sehari.

  6. Mengusir kutu rambut

    Bila rambut Anda ditumbuhi kutu-kutu rambut, singkirkan dengan resep berikut. Dengan cara merebus 50 gram daun salam ke dalam 400 ml air. Disaring kemudian disiramkan ke rambut. Biarkan dulu selama 3 – 4 jam, kemudian bersihkan.

  7. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

    Jika rambut berketombe dan mengalami kerontokan, segera atasi dengan air bilasan dari daun salam.


Manfaat daun salam ternyata luar biasa. Kini Anda sudah mengenalnya dan bisa Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit maupun untuk kecantikan.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kandungan Dan Manfaat Daun Salam Yang Tersembunyi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel