iklan

Kakeibo, Cara Atur Uang Ala Warga Jepang Yang Bikin Keuangan Bisnis Stabil

Mengurus keuangan eksklusif saja sulit, gimana kalau ngurus keuangan bisnis. Wah makin pusing deh. Buat kalian para pebisnis pemula yang gres menjalankan bisnis, Anda harus menerapkan ilmu Kakeibo dari negeri matahari terbit ni. Ilmu apa ni, niscaya ingin tau kan?


Meskipun soal ngatur uang, Kakeibo ternyata pertama kali dikenalkan bukan oleh pakar keuangan atau orang akuntansi loh. Tetapi ilmu ini dikenalkan oleh seorang Jurnalis perempuan Jepang pada 1904. Jurnalis tersebut yaitu Hani Matoko.


Sebenarnya, Kakeibo ini merupakan metode perhitungan untuk keuangan pribadi. Namun bukan berarti metode ini tidak sanggup diterapkan di keuangan bisnis. SolusiUKM akan membantu Anda semoga sanggup menerapkan metode ini pada bisnis Anda.


Apa yang harus dilakukan pertama kali untuk menerapkan sistem ini. Seperti yang di kutip dari Tirto.id, ada beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk menerapkan metode kakeibo. Tentunya hitungannya dari setiap awal bulan atau awal pembukuan akuntansi.


Tulis Rincian


Tahap pertama saat Anda menerapkan metode Kakeibo, Anda harus menulis setiap rincian pengeluaran yang akan Anda keluarkan pada bisnis Anda. Jangan hingga ini kelewat. Karena, jikalau Anda tidak mencatatnya dengan benar, sanggup membuat bisnis malah boncos.


Anda harus menciptakan rincian pengeluaran secara terang mengenai pengeluaran, baik itu pengeluaran tetap, serta berapa biaya yang ingin di tabung. Dimana Anda harus menciptakan tabel pengeluaran. Sehingga sanggup dengan gampang di hitung.


Empat kolom terdiri dari kolom survival, kolom optional, kolom culture, dan kolom extra. Di dalam kolom tersebut dibagi sesuai pada keperluan yang ingin Anda lakukan. Rincian tersebut yakni:


Survival


Kebutuhan Pokok pada Bisnis, mencakup pengeluaran pembelian materi baku, ongkos angkut, ongkos kirim, dan biaya-biaya harian lain yang harus di keluarkan setiap harinya. Serta biaya makan jikalau Anda mengeluarkan biaya makan setiap hari di kantor. Dan biaya tagihan setiap bulannya.


Optional


Biaya optional ini yaitu biaya yang di keluarkan tidak setiap hari, tetapi terkadang harus dikeluarkan. Misal saat karyawan harus setor uang ke bank, harus di keluarkan uang bensin, jikalau Anda akan keluar bertemu calon klien pun harus di keluarkan biayanya.


Culture


Culture ini yaitu biaya yang dikeluarkan untuk meningkatkan daya saing Anda maupun karyawan jikalau ada. Biaya ini lebih kepada biaya untuk pengembangan diri. Baik itu beli buku, nonton film ide bisnis, majalah.


Extra


Extra ini yaitu biaya dadakan. Misal ada alat operasional yang rusak, perbaikan alat-alat operasional, dan biaya lain yang belum tentu dikeluarkan setiap hari maupun tidak dikeluarkan setiap bulannya. Misal menyerupai perayaan ulang tahun karyawan atau membelikan kado untuk karyawan.


Tentukan uang yang Akan Di Tabung


Menabung bukan hanya untuk keperluan eksklusif saja. Tetapi keperluan bisnis pun harus Anda tabung loh. Bagaimana caranya? Tentunya Anda sanggup tabung dari laba yang Anda dapatkan. Tabungan ini sanggup Anda gunakan untuk hal-hal lain, berkaitan dengan perkembangan bisnis Anda kedepan.


 Buat kalian para pebisnis pemula yang gres  Kakeibo, Cara Atur Uang ala Warga Jepang yang Bikin Keuangan Bisnis Stabil


Setiap laba yang di dapatkan setiap bulannya. Jangan lupa untuk segera Anda keluarkan untuk kebutuhan operasional. Serta sisa yang ada sanggup Anda tabung untuk menyebarkan bisnis ke depannya. Ingat, jangan dihabiskan semua keuntungan!


Jawab Empat Pertanyaan


Sistem Kakeibo cukup unik, sehabis Anda melaksanakan hal-hal di atas. Anda harus menciptakan pertanyaan sendiri. Pertanyaan apa sajakah yang harus Anda tanyakan? Oh hiya, pertanyaan ini bukan buat orang lain yah. Tetapi untuk Anda sebagai pemilik uang dan juga sebagai pemilik bisnis. Kaprikornus Anda harus tahu yah kemana larinya uang tersebut.


Pertanyaan tersebut yaitu:



  • Berapa uang yang dimiliki? Jika dalam bisnis berapa modal dan asset yang dimiliki

  • Berapa banyak laba yang akan di simpan

  • Berapa banyak uang yang di keluarkan

  • Bagaimana saya sanggup mengawasi setiap pengeluaran?


Dari keempat pertanyaan tersebut, Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan dan berapa banyak uang yang ingin Anda simpan, serta berapa banyak uang pengeluaran yang masih sanggup di alihkan menjadi keuntungan.


Pisahkan Setiap Uang


Kebanyakan para pebisnis bahagia mencampuradukan uang bisnis mereka menjadi satu kesatuan sehingga gampang untuk digunakan. Dalam metode Kakeibo, para pebisnis dianjurkan untuk memisahkan setiap uang sesuai kegunaan dengan sistem amplop.


Contoh mudahnya, Anda sanggup memisahkan setiap uang untuk biaya harian, biaya tagihan, dan biaya operasional transportasi jikalau ada.


Kenapa harus begitu? Disinilah kedisiplinan Anda di uji. Jika uang pada amplop yang satu sudah habis, Anda dihentikan untuk mengambil uang dari amplop lainnya. Sehingga sanggup Anda sanggup lebih hati-hati dalam penggunaan setiap uangnya.


Tampaknya metode keuangan Kakeibo yang ditemukan oleh Hani sanggup Anda terapkan pada bisnis Anda loh. Mungkin di bulan ini, Anda sanggup segera menerapkannya!



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kakeibo, Cara Atur Uang Ala Warga Jepang Yang Bikin Keuangan Bisnis Stabil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel