iklan

√ Ganggang Biru ( Cyanobacteria )



Ganggang Biru  ( Cyanobacteria )




1.     Ciri-ciri Ganggang Biru
Seperti halnya bakteri, ganggam biru juga merupakan organisme yang belum bermembran dan belum mempunyai beberapa macam organel (mitokondria dan plastida) menyerupai yang telah dimiliki sel eukariotik. Ganggam biru merupakan salahsatu referensi Eubacteria negatif, ada yang bersel satu dan ada yang berkoloni bersel banyak membentuk untaian beberapa sel dengan struktur badan yang sederhana, berwarna biru kehijauan, serta mengandung klorofil a (autotrof) dan pigmen biru (fikosianin).
Dalam badan ganggam biru, tidak ditemukan inti dan kromotofora. Dinding selnya mengandung pektin, hemiselulosa, dan selulosa yang adakala berlendir.
Ganggam biru sanggup hidup di atas tanah lembap, batu-batuan, kulit kau, air tawar, air bahari dan sanggup melekat pada flora atau hewan.

2.     Cara Reproduksi Ganggang Biru
Seperti halnya bakteri, ganggam biru juga berkembang baik dengan pembelahan sel. Selain dengan pembelahan sel, ganggam biru juga sanggup berkembang biak dengan cara fragmentasi dan pembentukan spora khusus yang yang disebut akinet.

3.      Peranan Ganggam Biru bagi Manusia
Ganggam biru ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi kehidupan manusia. Beberapa referensi ganggam biru yang menguntungkan antara lain, Gloeocapsa, Nostoc, dan Anabaena yang sanggup menangkap nitrogen di udara.
Beberapa referensi ganggam biru yang merugikan yaitu Anabaena flosaquae dan Microcytis yang menjadikan final hidup makhluk hidup dalam air. Ganggam biru yang melekat pada dinding tembok sanggup menjadikan pelapukan.


Sumber http://rofi-mustawan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ganggang Biru ( Cyanobacteria )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel