iklan

✔ Cara Mengatasi Hp Android Hidup Hingga Logo Kemudian Restart ( Bootlop )

Cara mengatasi hp android hidup atau menyala hanya hingga logo kemudian restart berulang-ulang secara terus menerus bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu memperbaiki softwarenya dan hardware atau mesinya.Solusi untuk ponsel atau smartphone bootlop ibarat ini bisa anda lakukan sendiri sebelum menyerahkanya ke jasa reparasi lektronik.

Hp android menyala atau hidup hanya bisa hingga logo kemudian mati sendiri atau restart bisa merupakan problem yang umum terjadi pada perangkat smartphone.Saya akan menunjukkan tutorial atau panduan bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi permasalahan ini supaya gadget anda bisa normal kembali.


Hp Android Bootlop




Cara mengatasi hp android hidup atau menyala hanya hingga logo kemudian restart berulang ✔ Cara Mengatasi Hp Android Hidup Sampai Logo Lalu Restart ( BOOTLOP )




Android bootlop yakni sebuah kegagalan sistem yang terjadi pada sebuah ponsel samrtphone yang disebabkan oleh rusaknya OS atau software yang digunakan.Untuk kalangan teknisi telpon genggam,software yang bermasalah juga sering disebut dengan firmware corrupt.

Mengingat ini yakni sebuah perangkat lunak ( software ),maka sudah niscaya seiring dengan penggunaanya,akan terjadi masalah.Tetapi tidak hanya itu,permasalahan ibarat ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan hardware atau part didalam mesin.

Perlu anda ketahui bahwa : Rusak ibarat ini bisa dialami oleh semua brand ponsel ibarat samsung,asus,lenovo,xiaomi,acer,sony dan brand lainya TANPA TERKECUALI.Jadi jikalau ponsel anda mengalaminya,anda tidak perlu terlalu kaget lantaran problem ibarat itu umum dan lazim terjadi.


Penyebab Hp Android bisa Bootlop


Apa sih faktor yang bisa mengakibatkan problem ibarat ini? Ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan semacam ini,antara lain :

  • Terkena virus

Perhatian bagi anda yang sering menginstal aplikasi " tidak terang " asalnya darimana,kemungkinan gadget anda akan terkena virus akan semakin besar,kenapa?

Karena aplikasi yang sumbernya tidak terang memang rentan dan rawan di susupi virus atau malware didalamnya.Jika anda ingin menginstal aplikasi,pilih atau d0wnl0adlah pada app store terpercaya,misalnya di playstore atau lainya.

Untuk anda yang hobi bertukar file dengan perangkat lain juga harus extra waspada,pasalnya : Tidak menutup kemungkinan,file yang berasal dari gadget tersebut,sudah berisi susupan virus atau malware.

Dan ketika anda membukanya ( sehabis bertukar file ),virus akan otomatis berjalan pada perangkat gadget anda.

  • Kesalahan upgrade atau downgrade OS ( Operating Sistem )

Bagi anda yang sangat bahagia dan gemar mencoba-coba Opertaing Sistem yang terbaru atau mungkin gemar ber experiment dengan OS,maka anda harus berhati-hati ketika malakukanya.Karena jikalau anda hingga gagal atau salah dalam proses instalasi firmwarenya,maka problem gagal booting akan menghampiri gadget anda.

Sebenarnya proses " UPGRADE " atau menaikan sistem operasi serta " DOWNGRADE " atau menurunkan OS itu sah-sah saja dan boleh dilakukan.

Hanya saja,dalam melakukanya harus benar-benar mengerti bahaimana tahapanya dan ibarat apa prosesnya.Kalau anda tidak tau,saran saya jangan coba-coba lantaran konsekuesinya botlop ibarat diatas.

  • Kerusakan pada part mesin atau hardwarenya

Kerusakan mesin bisa disebabkan oleh faktor kesengajaan ibarat senagaja dibanting atau tidak senagaja ibarat kehujanan atau tercebur kedalam air.

Bagian mesin yang biasanya rusak dan mengakibatkan botlop biasanya itu IC namanya.Dan IC itu banyak jenisnya,ada IC power,IC display,IC charger dan sebagainya.

  • Overheat

Berikutnya yakni yang saya alami beberapa ahad yang lalu.Overhet atau panas berlebihan ini terjadi lantaran adanya kerusakan pada cuilan mesin dimana kekuatan untuk menahan suhu panas sudah berkurang.

Kemampuan bertahan dalam suhu tinggi yang berkurang bisa lantaran faktor usia pemakaian yang sudah usang ataupun pemakaian yang tidak benar ibarat memakai ponsel sambil di cas ( ini sangat tidak baik ).


Ciri-Ciri atau Gejala Hp Android yang Bootlop


Sebuah perangkat smartphone akan mengeluarkan aneka macam macam problem ketika kerusakan terjadi.Pada umumnya,jika ponsel botlop,akan mempunyai problem sebagai berikut :
  • Tidak bisa hingga ke sajian utama
  • Hanya menyala lampu led saja ( kelap-kalip saja ibarat sedang di cas )
  • Baru sebentar hidup atau dinyalakan sudah mati atau restart sendiri
  • Layar ponsel blank/bleng hitam
  • Di cas/charger mengisi,tetapi begitu dinyalakan tidak mau menyala
  • Hanya bergetar saja ketika dinyalakan
Jika anda mengalami salah satu dari permasalahan diatas,maka besar kemungkinan gadget anda botlop.

Lalu bagaimana jalan keluarnya? Seperti yang saya katakan di awal bahwa untuk jalan keluarnya bisa dengan memperbaiki 2 komponen,yaitu cuilan perangkat lunaknya dan perangkat kerasnya.


Cara Memperbaiki Hp Android yang Bootlop atau Hidup Sampai Logo Kemudian Restart/Mati


Yang pertama kali akan saya jelaskan yakni apa yang saya alami beberapa ahad yang lalu,dimana ponsel keponakan saya mengalami problem ini.

Sebenarnya problem yang dikeluhkan itu : Terkadang sinyal suka hilang ( tutur keponakan saya ),dalam fikiran saya,terdapat problem di IC sinyalnya,tetapi sebelum membongkarnya,saya lakukan sedikit inisiatif untuk hard reset.

Setelah saya matikan ponselnya,alangkah terkejutnya saya ketika ponsel malah jadi tidak bisa dinyalakan.Jadi ketika dinyalakan,ponsel hanya bisa hingga logonya saja,setelah itu eksklusif mati atau restart,seperti itu berulang-ulang dan jikalau dinyalakan lagi,terus menerus akan ibarat itu.


1. Biarkan Sampai Dingin


Langkah ini bahu-membahu TIDAK SENGAJA saya temukan ketika itu.Jadi,disaat saya sedang mencari suku cadang yang saya kira rusak ( mungkin sekitar 1 jam ),dan kesannya tidak ketemu,saya tetapkan untuk melaksanakan flashing.

Tapi,setelah saya biarkan selama kurang lebih 1 jam ( tidak sengaja sih ) dan kemudian saya nyalakan,tiba-tiba SEMUANYA BERJALAN NORMAL TANPA KENDALA.Bahkan,sinyal yang terkadang hilang dan tidak keluar bisa konek ibarat sedia kala.

Sempat galau juga kenapa bisa ibarat itu,sempat saya coba uji tes dengan bermain game online sebentar dan memangh semuanya normal.

Tetapi,saat saya hendak mengembalikanya,ponsel MATI LAGI.Dan mengalami problem ibarat sebelumnya.

Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa ponsel mengalami " OVERHEAT " dimana kemampuan menahan panasnya sudah berkurang.Jika anda mengalami problem serupa,saya sarnkan untuk membiarkanya kurang 2 hingga 4 jam dan cobalah nyalakan kembali.

Jika memang benar bisa menyala normal ibarat sedia kala sehabis didiamkan,maka tidak ada jalan lain selain melaksanakan service lantaran itu cuilan mesin atau partnya yang mengalami kerusakan.


2. Lakukan Instal Ulang/Hard Reset


Reset/instal ulang terbagi menjadi menjadi 2 langkah yaitu : Soft reset dan hard reset.Lalu kenapa dalam panduan ini LANGSUNG ke HARDRESET?

Karna jikalau ponsel anda botloap,maka ponsel tidak akan bisa masuk sajian dimana syarat utama melaksanakan soft reset yakni ponsel harus bisa masuk ke sajian utama.Softreset juga sering disebut dengan " mengembalikan ke pengaturan pabrik ",jadi anda jangan galau yaa.

Untuk tatacara hardreset BERBEDA TIAP MERK,maksudnya begini : Setiap brand atau tipe itu berbeda TOMBOL yang ditekan ketika melaksanakan hard reset.Jika anda ingin panduan yang lebih lengkap,silahkan pelajari cuilan ini di artikel saya yang lain.


BACA :



Jika dengan melaksanakan hard reset TIDAK mempan dan ponsel tidak normal kembali,maka lakukan langkah berikutnya.


3. Lakukan Flashing


Langkah flash yakni sebuah tindakan " menghapus " firmware/OS usang dan menggantinya dengan yang gres ( bisa OS versi terbaru bisa versi yang usang ).Jadi yang namanya firmaware atau OS itu ada tingkatanya sesuai dengan update yang dilakukan oleh perusahaan pembuatnya.

Firmware ini juga yang dipakai untuk melaksanakan UPGRADE/DOWNGRADE ibarat ulasan pada cuilan atas tadi.

Bisa dikatakan bahwa proses flashing dengan upgrade OS itu SAMA saja.Anda harus tau betul bagaimana langkahnya dan step by stepnya,jika tidak,maka ponsel anda malah bisa matot alias mati total.


4. Lakukan Perbaikan Mesin


Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil,maka tidak ada jalan lagi selain melaksanakan perbaikan dibagian mesin,karena jikalau hingga tahapan flashing tidak bisa,maka kerusakan sudah hampir bisa dipastikan terletak di part komponen mesinya.

Untuk langkah ini,pastikan dilakukan ole orang yang memang tau dan jago dibidangnya.Jangan hingga anda salah dalam menentukan tukang reparasinya.


BACA JUGA :





Demikian klarifikasi lengkap perihal bagaimana cara untuk mengatasi atau memperbaiki hp smartphone android bootlop atau hidup/menyala hingga logo saja kemudian restart.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Mengatasi Hp Android Hidup Hingga Logo Kemudian Restart ( Bootlop )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel