iklan

Cara Menanam Hidroponik Sawi Sederhana Untuk Pemula

Cara menanam hidroponik sawi – Tanaman sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang dibudidayakan untuk diambil daunnya. Sawi biasanya terdapat dalam banyak sekali jenis kuliner ibarat pada mie ayam, bakso, dan sawi juga sering dimasak dengan cara di tumis. Budidaya tumbuhan sawi umumnya dilakukan secara konvensional atau bertanam di ladang, sawah dan sebagainya. Namun seriring perkembangan jaman, petani di Indonesia perlahan-lahan mulai beralih memakai hidroponik.


artikel hidroponik terkait: Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media 


Menanam sawi dengan hidroponik memanglah cukup mudah, bahkan ibu-ibu rumah tangga pun sanggup bertanam hidroponik sawi dirumah. Selain lebih mudah, hidroponik juga menonjolkan nilai kebersihan, serta kualitas hasil panen. Oleh alasannya yakni itu, ketika ini sudah mulai banyak swalayan yang menyajikan sajian sayuran hidroponik. Hal ini juga menarik minat bagi masyarakat perkotaan yang sibuk, tidak mempunyai banyak waktu, lahan pekarangan sempit atau terbatas untuk mencoba cara menanam hidroponik sawi ini.


 Tanaman sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang dibudidayakan untuk diambil daunnya Cara Menanam Hidroponik Sawi Sederhana Untuk Pemula
Sawi hidroponik-cara menanam hidroponik sawi

Sebelum membahas bagaimana cara menanam hidroponik sawi, sebaiknya Anda mengetahui mengapa kami menentukan tumbuhan sawi sebagai pokok bahasan kali ini. Sawi merupakan sayuran daun yang mempunyai khasiat cukup tinggi dan sangat baik bagi tubuh. Dalam bahasa latin sawi hijau disebut dengan Brassica Juncea, tumbuhan ini sanggup hidup didataran tinggi maupun dataran rendah.


Bertanam sawi dengan hidroponik juga sangat memudahkan Anda dalam perawatan dan pemeliharaan. Selain itu tumbuhan yang ditanam memakai hidroponik umumnya tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Tanaman yang ditanam dengan hidroponik juga mempunyai produktifitas yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bertanam memakai cara konvensional.


Langkah – langkah didalam cara menanam hidroponik sawi


Pemilihan benih


Langkah awal dari cara menanam hidroponik sawi yaitu pemilihan benih. Pilih benih sawi yang berkualitas dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. adapun ciri-ciri benih sawi berkualitas yakni sebagai berikut: sehat, berasal dari indukkan sawi yang berkualitas, bebas dari banyak sekali jenis penyakit, tingkat pertumbuhan dan daya perkecambahan yang baik, serta tidak cacat.


Pembibitan


Dalam pembibitan sawi hidroponik, Anda sanggup menggunkan media tanam hidroponik berupa rockwool. Potong rockwool berbentuk dadu, ukuran diubahsuaikan dengan ukuran netpot. Langkah selanjutnya tempatkan rockwool pada sebuah nampan atau baki. Basahi rockwool dengan air bersih. Buatlah lubang tanam pada rockwool lalu masukkan benih pada lubang tersebut. Letakkan ditempat yang gelap sampai berkecambah, sehabis berkecambah letakkan benih pada daerah yang terkena sinar matahari eksklusif semoga terhindar dari etiolasi. Setelah berdaun 4 Anda sanggup memindahkan benih dalam ke netpot dan dipasang dalam instalasi hidroponik.


Media tanam


Media tanam yang dipakai dalam cara menanam hidroponik sawi diantaranya sabut kelapa, kerikil, sekam bakar, dan sebagainya. Dalam pembuatan media untuk penanaman sawi hidroponik memerlukan bahan-bahan berupa botol plastik bekas air mineral yang kecil. Selain itu diharapkan peralatan diantaranya yaitu gunting, pisau, pipa paralon (2,5-3 inci), sumbu, larutan nutrisi, dan bibit


Lubangi pipa paralon sesuai dengan ukuran botol, potong botol lalu buat lubang kecil untuk pemasangan sumbu lalu ditutupi dengan memakai sekam bakar atau sabut kelapa. Banyaknya lubang dalam paralon tergantung dari panjangnya paralon. Untuk kualitas hasil panen sawi yang maksimal, jarak antar lubang tanam pada paralon yaitu 10-15 cm.


Buatlah penopang untuk instalasi hidroponik ini dengan memakai pipa paralon kecil, kayu, bambu maupun besi. Setelah instalasi siap dipakai isilah pipa paralon dengan larutan nutrisi hidroponik sampai penuh.


Penanaman


Didalam cara menanam hidroponik sawi pemilihan letak atau daerah yang manis sangat mempengaruhi hasil pertumbuhan tumbuhan sawi nantinya. Penanaman sawi hidroponik ini sangat mudah, Anda hanya cukup memindahkan bibit bersama rockwolnya ke dalam botol air mineral bekas yang sudah diisi sekam bakar dan sudah disiapkan tadi. Selanjutnya botol yang berisi benih tersebut di masukkan kedalam lubang tanam pada pipa paralon yang telah diisi dengan larutan nutrisi hidroponik. Cukup gampang bukan cara menanam hidroponik sawi ini? Setelah semua selesai dikerjakan Anda hanya tinggal melaksanakan perawatan dan pemeliharaan.


Pemeliharaan


Pemeliharaan yang perlu dilakukan dalam cara menanam hidroponik sawi yaitu mencakup proteksi nutrisi, lalu pengontrolan apabila ada gulma yang tumbuh di sekitar tumbuhan dan juga hama, terakhir yakni penyulaman bila terdapat bibit tumbuhan yang mati. Pemberian nutrisi dilakukan apabila larutan nutrisi dalam pipa paralon sudah menipis atau sudah banyak berkurang seiring pertumbuhan tanaman.


Untuk pemeliharaan gulma pada sawi hidroponik, Anda sanggup melaksanakan pengecekan setiap 3 hari sekali. hal ini untuk mengantisipasi tumbuhnya gulma disekitar tumbuhan yang sering menyerang tumbuhan sawi. Untuk penyulaman dilakukan hanya pada tumbuhan yang mati atau mengalami kekerdilan. Gantilah tumbuhan yang mati atau yang kerdil dengan tumbuhan yang gres dan mempunyai daya tumbuh tinggi.


Pemanenan


Pemanenan sawi hidroponik sangatlah cepat, didalam cara menanam hidroponik sawi hanya membutuhkan 2-3 bulan untuk sanggup dipanen, bahkan ada yang lebih cepat. Semua tergantung jenis atau varietas dan pertumbuhan sawi yang ditanam. Cara pemanenan sawi juga sangat mudah, Anda tinggal memotong batang, memetik tangkai daun dan mencabutnya dari media tanam tersebut.


 Tanaman sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang dibudidayakan untuk diambil daunnya Cara Menanam Hidroponik Sawi Sederhana Untuk Pemula
Sistem hidroponik sawi sederhana

Mudah bukan cara menanam hidroponik sawi ini, semoga isu ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.


artikel hidroponik lainnya: Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik, Baca Di Sini


sumber gambar: google, twitter, kebunhidroponik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Hidroponik Sawi Sederhana Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel