iklan

Cara Memasukkan Beberapa Installer Ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot Usb Disk)

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Membuat sebuah flashdisk atau hardisk installer akan sangat bermanfaat kalau hendak melaksanakan install ulang suatu Sistem Operasi. Ketimbang memakai CD atau DVD OS, maka Flashdisk akan menciptakan proses install OS anda menjadi semakin cepat. Alasan lainnya ialah bahwa sangat gampang memasukkan sebuah file ISO sistem operasi kedalam flashdisk sehingga akan tercipta sebuah Flashdisk installer atau USB Bootable yang sanggup dipakai untuk Install ulang OS ibarat Windows, Linux, dll.

Namun, yang menjadi duduk perkara ialah dikala dalam satu flashdisk anda hanya sanggup memasukkan satu file ISO sebagai installer atau satu installer OS pada setiap flashdisk saja. Dengan demikian dikala anda hendak menginstall jenis OS lain, maka anda harus memasukkan ulang file ISO OS gres tersebut dan menghapus yang lama. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan, terlebih lagi kalau kapasitas Flashdisk atau Hardisk yang anda gunakan bergotong-royong sanggup menampung beberapa file ISO OS sekaligus.

Ada banyak sistem operasi yang sanggup anda install pada setiap perangkat komputer yang akan digunakan. Masing-masing OS tersebut mempunyai beberapa versi dan fitur unggulan serta daya tarik tersendiri. Sedangkan, mustahil anda harus menyedikan flashdisk sebanyak jumlah sistem operasi yang akan anda buatkan installer. Akan lebih efektif kalau anda memasukkan semua file ISO sistem operasi tersebut kedalam satu Flashdisk atau dengan kata lain menciptakan sebuah Multiboot USB Disk. Dengan demikian, selain ekonomis dana untuk membeli flashdisk, anda juga akan gampang menemukannya dikala hendak menginstall OS alasannya tersimpan dalam satu Flashdisk.

Cara Membuat Multiboot USB Disk pada Flashdisk atau Hardisk

Proses untuk menciptakan sebuah Multiboot USB Disk bergotong-royong sangatlah sederhana dan sanggup dilakukan dimana saja. Banyak tool atau alat bantu yang sanggup anda gunakan, salah satu dari alat yang sanggup anda gunakan tersebut ialah software WinSetupFromUSB. Tool ini memungkinkan anda memasukkan beberapa file ISO dalam satu disk instalasi. Anda sanggup memasukkan installer OS Windows dan Linux pada flashdisk dan hardisk boot yang sama.

Sebelum memasuki bagaimana cara menciptakan Multiboot USB Disk memakai WinSetupFromUSB maka salah satu syarat yang mutlak harus dipenuhi ialah anda harus sudah mempunyai file ISO sistem operasi yang akan dijadikan installer, kalau belum maka anda sanggup mend0wnl0ad ISO OS tersebut. Selain itu pastikan ukuran Flashdisk atau Hardisk yang dipakai cukup besar untuk menampung semua file ISO OS yang akan dimasukkan. Jika anda sudah memilikinya silahkan lanjut ke cara menciptakan Multiboot USB Disk berikut ini.

Langkah 1

Pastikan anda sudah mempunyai software WinSetupFromUSB yang akan dipakai sebagai alat bantu untuk menciptakan Multiboot USB Disk. Jika ternyata anda belum memilikinya, silahkan d0wnl0ad file WinSetupFromUSB terlebih dahulu. Kemudian, silahkan masukkan Flashdisk ke Komputer anda sebelum memulai proses pembuatan multiple installer.

Langkah 2

Jalankan file WinSetupFromUSB yang sudah anda d0wnl0ad, file tersebut akan melaksanakan proses ekstraksi sehingga dihasilkan sebuah folder WinSetupFromUSB. Silahkan buka folder tersebut kemudian jalankan aplikasi di dalamnya sesuai dengan type atau bit Windows yang anda gunakan. Jika memakai Windows 64 Bit silahkan jalankan yang versi 64 Bit atau versi x64, begitu juga sebaliknya. WinSetupFromUSB ini sanggup dipakai secara portable sehingga anda tidak perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Langkah 3

Pastikan nama Flashdisk atau Hardisk anda yang akan dipakai untuk menciptakan multiboot USB disk muncul pada sajian drop down. Jika ternyata tidak tampil silahkan klik Refresh untuk memuat ulang semua prangkat penyimpanan eksternal.

Langkah 4

Selanjutnya, silahkan centang pada checkbox Auto Format it with FBinst (hanya dilakukan untuk ISO OS pertama). Kemudian pilih FAT32 kalau installer akan dipakai pada komputer atau Laptop UEFI atau pilih NTFS kalau installer akan dipakai pada komputer Legacy BIOS.

Langkah 5

Untuk menambahkan file ISO OS pada Multiboot USB Disk yang akan dibuat, silahkan centang pada checkbox yang sesuai dengan OS yang akan ditambahkan pada bab Add to USB disk kemudian klik tombol . Selanjutnya, silahkan cari dan pilih file ISO Sistem Operasi yang akan ditambahkan ke flashdisk atau hardisk installer.

Yang perlu diperhatikan adalah, ISO yang anda gunakan dihentikan mengandung versi ganda didalamnya. Misalnya Windows 7 versi 32 Bit dan 64 Bit berada dalam satu file ISO. Jika ditemukan yang demikian maka akan muncul pesan error yang menciptakan anda tidak sanggup melangkah ke tahap berikutnya. Selain itu, kalau pada langkah sebelumnya anda menentukan format FAT32 dan file ISO yang ditambahkan mempunyai ukuran lebih dari 4GB, maka akan muncul keterangan “This file is too large to be placed on FAT32. it will be split in parts”. Anda tidak usah khawatir kalau terjadi hal demikian alasannya anda tetap sanggup lanjut dengan cara klik Ok, hanya saja file ISO yang ditambahkan akan dibagi menjadi beberapa file part.

Langkah 6

Selanjutnya, kalau anda sudah menambahkan file ISO Windows maupun Linux, silahkan klik Advanced Options. Kemudian pada jendela yang muncul, silahkan beri centang pada checkbox Custom sajian names for Vista/7/8/Server Source. Setelah itu tutup jendela Advanced Options dengan klik tombol X di pojok kanan atas. Langkah ini dilakukan biar anda sanggup mengubah nama di daftar sajian pada setiap file installer yang ditambahkan.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Langkah 7

Jika sudah selesai, silahkan klik Go pada jendela utama software WinSetupFromUSB. Setelah itu akan muncul beberapa peringatan, ibarat peringatan “Are you sure this is the correct disk?” untuk memastikan bahwa flashdisk atau hardisk yang anda pilih sudah benar. Untuk memastikannya silahkan perhatikan nama flashdisk atau hardisk dan ukurannya. Jika sudah yakin silahkan klik Yes untuk melanjutkan.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Pesan peringatan lainnya akan muncul untuk memberitahukan bahwa semua partisi pada Flashdisk anda akan dihapus. Pada bab ini silahkan amankan data terlebih dahulu kalau ternyata masih ada yang hendak dipindahkan. Jika sudah simpulan mengamankan data silahkan klik Yes.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Langkah 8

Selanjutnya akan muncul jendela yang memungkinkan untuk mengubah nama folder OS pada multiboot disk nantinya. Jika yang anda masukkan ialah ISO Windows 7 32 bit maka anda sanggup memberinya nama Win7_32 atau yang lainnya. Jendela ini hanya akan muncul selama beberapa detik, kalau anda tidak mengubahnya maka nama default yang akan digunakan. Jika sudah simpulan memasukkan nama folder yang diinginkan silahkan klik Ok.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Langkah 9

Selanjutnya akan muncul jundela yang memungkinkan anda untuk mengubah nama OS pada daftar sajian muliboot. Nama ini yang akan muncul pada daftar OS dikala anda menjalankan Multiboot USB Disk untuk melaksanakan instalasi OS. Jendela ini juga hanya akan muncul selama beberapa detik. Jika sudah mengatur nama Sistem Operasi yang sesuai, simpulan klik Ok untuk melanjutkan.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Langkah 10

Proses untuk memasukkan file ISO kedalam Flashdisk akan berlangsung. Silahkan tunggu beberapa menit hingga prosesnya simpulan dan muncul jendela yang menampilkan informasi “Job Done”. Silahkan klik Ok pada jendela informasi tersebut.

Cara menciptakan multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

Langkah 11

Pada tahap ini anda sudah berhasil menambahkan file ISO Sistem Operasi pertama ke dalam Multiboot USB Disk. Untuk menambahkan file ISO OS yang kedua dan seterusnya silahkan lakukan langkah 3-10. Namun, bedanya ialah jangan lagi centang checkbox Auto Format it with FBinst. Karena kalau anda mencentang lagi opsi tersebut, maka flashdisk atau Hardisk anda akan diformat ulang lagi dan file ISO sebelumnya yang anda masukkan tentu saja akan terhapus.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membuat USB Multiboot Anda?

Sekarang anda sudah berhasil menciptakan Multiboot USB Disk dan memasukkan banyak installer ke dalam satu Flashdisk. Langkah selanjutnya yang sanggup anda lakukan ialah mencoba Multiboot USB Disk yang telah anda buat tersebut. Anda sanggup menghubungkannya ke Komputer atau Laptop kemudian melaksanakan instalasi OS ibarat biasanya.

Itulah cara atau metode untuk menciptakan USB flash drive multiboot yang memungkinkan Anda untuk menentukan antara beberapa sistem operasi pada suatu waktu. Gunakan metode ini untuk menempatkan versi 32-bit dan 64-bit dari OS yang sama atau beberapa jenis OS berbeda dalam satu media yang sanggup anda boot.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasukkan Beberapa Installer Ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot Usb Disk)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel