iklan

Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis

Budidaya kelengkeng – Siapa yang tidak kenal dengan buah kelengkeng? Buah dengan nama latin Dimocarpus Logan ini yakni buah yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Buah ini pada awalnya berasal dari pedalaman tempat Sumatera dan Kalimantan. Buah kelengkeng ini sangat digemari oleh aneka macam kalangan, baik itu anak – anak sampai orang dewasa. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mempunyai rasa elok yang enak.


 Siapa yang tidak kenal dengan buah kelengkeng Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis
Bibit kelengkeng siap tanam

Bisnis budidaya kelengkeng yakni bisnis yang sangat menggiurkan, alasannya yakni buah kelengkeng yang elok mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Maka tidak mengherankan banyak para petani yang mencoba peruntungannya untuk menanam tumbuhan kelengkeng. Untuk melaksanakan budidaya kelengkeng, Anda tidak diharuskan mempunyai lahan yang luas. Untuk menanam tumbuhan kelengkeng Anda sanggup memanfaatkan media pot.


Selain mempunyai rasa yang manis, buah kelengkeng juga mempunyai kandungan gizi yang sanggup dikatakan lengkap. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah kelengkeng yakni Magnesium, vitamin B, Seng, Kandungan B1,B2,B3, vitamin A, kalium, zat besi, vitamin C kalsium dan juga asam tartik. Sehingga kelengkeng jikalau dikonsumsi secara benar sanggup memperlihatkan khasiat pada tubuh Anda. Manfaat buah kelengkeng pada kesehatan tubuh yakni sanggup menghindarikan Anda dari depresi yang berlebihan, mebuat kerja jantung dan limpa lebih baik, mempercepat penyembuhan, memperpanjang kerja jantung, sebagai sumber energi dan kelengkeng juga dipercaya sanggup membantu Anda menurunkan berat tubuh bagi yang sedang melaksanakan jadwal diet. Masih banyak loh manfaat yang sanggup Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah kelengkeng. Manfaat buah kelengkeng secara lengkapnya sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini. Tapi Anda juga perlu ingat bahwa mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. 


Jika Anda mempunyai media yang cukup, Anda juga sanggup menanam kelengkeng di pekarangan rumah. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli buah ini dipasar dan Anda tidak memetiknya saja di pekarangan rumah. Untuk melaksanakan budidaya kelengkeng ini ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan semoga perjuangan budidaya tumbuhan kelengkeng sanggup berlangsung dengan baik. Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam bisnis budidaya kelengkeng yakni sebagai berikut


Tips Memulai Usaha Budidaya Kelengkeng



  • Dalam memulai bisnis budidaya kelengkeng persiapan lokasi yakni langkah yang memegang peranan penting. Siapkan lokasi perjuangan pada dataran rendah antara 200 – 600 mdpl dengan tipe iklim basah. Musim kering yang terjadi tidak lebih dari empat bulan dan curah hujan mencapai 1.500 – 3.000 mm pertahun.

  • Buatlah lubang tanam dengan ukurang sekitar 60 cm x 50 cm dengan jarak antar lubang tanam berkisar antara 10 m x 10 m.

  • Berikanlah pupuk sangkar yang telah matang pada lubang tanam dengan dosis 20 kg/lubang tanam.

  • Langkah terakhir yakni lakukanlah penanaman bibit kelengkeng dengan baik dan benar.


Strategi Bisnis Budidaya Kelengkeng



  • Lakukanlah pemangkasan secara rutin untuk membentuk cabang yang baik.

  • Berikan ZPT untuk memacu semoga buah keluar.

  • Berikan pupuk pemanis dengan dosis 100 – 300 g Urea, 300 – 800 g TSP dan 100 – 300 g KCL untuk setiap tanamannya. Sesuaikan dukungan pupuk dengan umur tanaman. Lakukan pemupukan tiga kali dengan selang waktu tiga bulan.

  • Panen sanggup Anda lakukan sehabis memelihara tumbuhan kelengkeng selama 4 tahun untuk bibit okulasi. Panen raya pada budidaya kelengkeng biasanya jatuh pada bulan Januari – Februari dengan produksi 300 – 600 kg per pohonnya. Panen buah kelengkeng sanggup memakai alat yang sanggup memotong tangkai rangkaian buah kelengkeng. Seperti gunting bertangkai panjang.

  • Setelah melaksanakan panen untuk menjaga produktivitas pohon, Anda sanggup memperlihatkan pupuk sekali sebanyak 300 g Urea, 300 g KCL dan 800 g TSP perpohonnya.

  • Sering – seringlah mencari isu ke sesama petani kelengkeng sebagai materi perbandingan dengan produksi yang Anda lakukan. Dengan rajin mencari isu perihal budidaya kelengkeng, maka Anda sanggup mengetahui jenis kelengkeng gres yang paling popuer dibudidayakan serta penanganan hama dan penyakit yang paling terbaru.


Kendala Bisnis Budidaya Kelengkeng



  • Perawatan tumbuhan kelengkeng sanggup dikatakan terbilang rumit untuk menghasilkan buah yang berlimpah dan manis.

  • Buah yang terlepas dari tangkainya akan cepat mengalami penurunan mutu.

  • Buah kelengkeng tidak sanggup diperam.


Harga dari buah yang dihasilkan dari budidaya kelengkeng memang terbilang cukup mahal jikalau Anda bandingkan dengan buah lainnya. Namun harga tersebut sebanding dengan cita rasa yang dimiliki oleh buah ini.


 Siapa yang tidak kenal dengan buah kelengkeng Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis
Panen pada budidaya kelengkeng

Salah satu jenis buah kelengkeng yang sangat laris di pasaran yakni jenis kelengkeng kinglong. Seperti apa sih varietas buah kelengkeng yang laris di pasaran atau supermarket besar ibarat carefour? Anda sanggup membacanya pada artikel kami berikut ini. Klik di sini. Sehingga dengan mengetahui jenis kelengkeng yang laris di pasaran maka Anda sanggup membudidayakannya dan dengan gampang akan memperoleh laba yang besar. 


sumber gambar: urbania, balijestro, abyspacetion


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisnis Budidaya Kelengkeng Untungnya Memang Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel