iklan

✔ 7 Tips Biar Lamaran Kerja Cepat Dipanggil Hrd ( Pengalaman Langsung )

Tips supaya surat lamaran kerja yang dikirim bisa cepat dipanggil HRD perusahaan ini saya tuliskan menurut pengalaman pribadi.Langkah ini berlaku untuk semua jenis ajuan pekerjaan baik yang dikirimkan via pos ataupun email.Saya hanya berniat untuk membantu saja,tidak ada yang bisa menjamin cara ini berhasil sebab semua TUHAN yang mengaturnya dan semoga bisa diterima.

Cara biar surat lamaran kerja cepat dipanggil HRD atau perusahaan/PT/pabrik bisa anda lakukan dengan memperhatikan beberapa hal,salah satunya waktu pengiriman berkas yang harus tepat.Selain itu,ada juga beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda coba untuk lakukan.


Agar Lamaran Kerja Cepat Dipanggil HRD




Tips supaya surat lamaran kerja yang dikirim bisa cepat dipanggil HRD perusahaan ini saya  ✔ 7 Tips Supaya Lamaran Kerja Cepat Dipanggil HRD ( Pengalaman Pribadi )



Panggilan kerja yakni sebuah tahapan yang paling awal dari serangkaian proses masuk ke sebuah perusahaan dimana dengan pemanggilan ini,anda sebagai pelamar gres bisa dan diperbolehkan untuk mengikuti serangkaian proses seleksi masuk ke PT/pabrik.

Tanpa ada pemanggilan resmi dari pihak perusahaan yang biasanya diwakilkan oleh seorang H-R-D,anda tidak bisa mengikuti seleksi calon karyawan gres di kawasan tersebut.


Bentuk pemanggilan perusahaan

Ketika melaksanakan pemanggilan terhadap pelamar,perusahaan biasanya memakai beberapa metode,antara lain :
  • Lewat telepon
  • Lewat sms
  • Email
  • Surat resmi
Yang paling umum dipakai yakni memakai SMS dan telepon.Tetapi semua metode sama saja fungsinya.


Proses sebelum memanggil pelamar kerja

Tahukah anda,sebelum melaksanakan pemanggilan terhadap pelamar yang mendaftar,seorang penyeleksi akan melaksanakan " screening/pengecekan " terhadap surat lamaran yang masuk.

Apa yang dicek/diperiksa dari berkas surat lamaran pekerjaan? Yang dicek antara lain :

  • Kesesuaian dokumen persyaratan dengan berkas yang dikirimkan
Ketika sebuah perusahaan membuka lowongan,sudah niscaya pihak perusahaan akan menunjukkan persyaratan kepada calon pelamar bukan? Dan barang siapa yang tidak memenuhinya,maka tidak diperkenankan untuk ikut mendaftar.

Bentuk persyaratanya bermacam-macam,mulai dari melampirkan fotokopi ijasah yang dilegalisir,SKHUN,KTP dan lain sebagainya.

Ketika mengecek ajuan pelamar yang masuk,itulah yang dinilai atau dilihat oleh seorang recruitment,sesuai dengan yang tertulis di info lowongan atau tidak.Jika berkas yang dikirimkan  sesuai,maka anda berkesempatan untuk mendapat panggilan.

Jika tidak sesuai,maka pihak penyeleksi akan menentukan ajuan yang lain yang sesuai dengan syarat yang diminta pihak PTnya,dalam hal ini tentunya pelamar yang lain.

  • Kesesuaian kriteria dari perusahaan dengan pelamar itu sendiri
Jika sebelumya mengecek berkas yang anda kirimkan,pada point ini,anda lah yang dinilai.Apa yang dinilai?

Yang dinilai dari anda yakni yang sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan,contohnya :

Pasti anda sering membaca brosur loker yang mencantumkan umur maksimal harus sekian tahun,kemudian tinggi tubuh harus sekian sentimeter dan sebagainya bukan? Inilah yang akan dicek oleh penyeleksi.

Jika diri anda sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak PT,maka besar kemungkinan anda akan mendapat pemanggilan berikutnya,jika tidak sesuai,maka akan dicarikan yang lebih sesuai.

  • Keabsahan berkas dokumen
Setelah 2 point diatas,berikutnya yang akan dicek yakni keabsahan atau VALID tidaknya berkas yang anda kirimkan,maksudnya yakni : Dokumen yang anda kirimkan itu orisinil atau tidak,resmi atau tidak,palsu atau tidak.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pelamar " badung " yang mengirimkan berkas yang tidak valid atau sudah direkayasa.

Tidak sedikit yang melaksanakan kecurangan semacam ini,mulai dari meniru identitas umur,lulusan bahkan ijazahpun banyak yang memalsukanya.Saya harapkan anda tidak melaksanakan ini semua,karena kalau hingga ketahuan,anda bisa berurusan dengan pihak kepolisian.

  • Jumlah kuota yang dibutuhkan
Percaya atau tidak,ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan,yang mendaftar niscaya akan sangat banyak khususnya untuk PT yang besar dan sudah terkenal,seperti astra group misalnya.

Mungkin kuota yang diperlukan hanya 25 orang,tetapi yang mendaftar akan hingga ke angka ratusan penerima bahkan lebih.

Sangat kecil kemungkinan untuk memanggil semua pelamar yang masuk,jika dirasa kuota sudah cukup untuk melaksanakan tahapan seleksi,maka proses pengecekan dokumen akan dihentikan.Waitt..

Sebenarnya,pihak perusahaan mungkin saja mempunyai kebijakan sendiri,dimana semua pelamar yang masuk akan diberikan kesempatan semuanya,tetapi tetap saja,proses pengecekan nomor 1 hingga 3 diatas menjadi acuanya.


Bagaimana Cara Agar Supaya Surat Lamaran yang Dikirmkan Cepat Dipanggil HRD?

Berdasarkan klarifikasi diatas,bisa disimpulkan bahwa,untuk bisa menggoda pihak recruitment,anda dituntut untuk menciptakan ajuan yang manis dan menarik.Tapi,apakah dengan menciptakan itu semua sudah cukup?

Tentu saja tidak,ada beberapa hal yang mungkin bisa anda coba untuk mendapat sedikit perhatian dari pihak recruitment,paling tidak supaya bisa dipanggil kerja,berikut langkah yang bisa anda coba:


1. Pastikan anda menciptakan ajuan lamaran yang menarik


Ini berlaku untuk semua metode,baik via pos,email ataupun website resmi perusahaan.Proposal yang menarik itu bagaimana?

Untuk menciptakan ajuan pelamaran pekerjaan yang menarik,anda harus memperhatikan beberapa hal,seperti :
  • Menuliskan surat lamaran dengan baik dan benar
  • Kalau bisa dan diusahakan,tulisan anda manis ( tidak perlu terlalu bagus,yang penting bisa cibaca dengan terperinci )
  • Lampirkan foto terbaru yang lezat dilihat ( rapih dan terlihat fresh )
  • Berkas disusun dengan rapi
  • Jika memakai email atau website,upload berkas dengan ukuran kecil tetapi gambarnya masih bagus
  • Berkas lengkap dan valid
Saya rasa,ketika anda ingin mendaftar di sebuah perusahaan,saya sangat yakin anda sudah melaksanakan semua hal diatas dengan sebaik mungkin,benar kan? Jika benar,maka silahkan lanjutkan membaca,jika belum,tolong segera perbaiki semuanya.

BACA :




2. Pastikan kriteria anda masuk


Selanjutnya,jangan hingga anda lewatkan.Baca lagi dan teliti lagi kriteria yang diminta pihak perusahaan khususnya untuk kriteria pribadi.

Yang perlu anda perhatikan yakni :
  • Umur
  • Tinggi badan

Sampai dikala ini,2 faktor diatas merupakan yang paling sering dan selalu muncul disetiap lowongan yang ada.Selebihnya saya katakan opsional dimana terkadang di satu perusahaan ada tapi di perusahaan lain tidak ada,misalnya lulusan apa kemudian batas nilai sekian dan lain sebagainya.

Hanya umur dan tinggi tubuh yang selalu ada di persyaratan masuk menjadi karyawan sebuah lembaga,saya sendiri tidak tau kenapa harus ada persyaratan menyerupai ini ( tidak masuk logika untuk saya pribadi ).

Jika anda tidak sesuai dengan kriteria PT tersebut,maka JANGAN KIRIMKAN ajuan lamaranya,karena hanya akan buang waktu,biaya dan tenaga saja.


3. Pastikan berkas dan dokumen sesuai serta VALID


Sudah saya singgung sedikit diatas,bahwa pastikan anda mengirimkan berkas yang sah dan valid.

Valid itu yang bagaimana?

Valid itu bisa diartikan yang masa berlakunya masih ( belum kadaluarsa ) dan mempunyai legalitas dari forum yang mengeluarkan,dalam hal ini dibuktikan dengan adanya cap stempel atau legalisir.

Beberapa berkas yang perlu anda perhatikan masa berlakunya dan legalitasnya antara lain :
  • SKCK ( surat kelakuan baik dari polisi )
  • KTP
  • Ijazah
  • SKHUN
  • Transkrip nilai
  • Serifikat ( kalau diminta )
  • Surat sehat dokter
Jika anda bisa mengusahakan untuk mendapat legalisir untuk semua fotokopian,maka itu akan sangat bagus,jika tidak bisa,usahakan semampu anda untuk menciptakan berkas anda menjadi valid.


4. Perhatikan waktu pengiriman proposal


Anda juga harus pintar dan memperhatikan waktu pengiriman dokumenya.Tidak boleh anda asal saja dalam mengirimkanya.Waktu yang manis untuk mengirimkan surat lamaran kerja antara lain :
  • Sesaat sesudah lowongan dibuka ( jangan tunggu satu atau dua hari,begitu lo-kernya buka,langsung kirimkan )
  • Jangan hingga telat,apalagi mengirimkanya sudah habis waktu pendaftaran
  • Kirimkan pada hari kerja,antara senin hingga rabu ( gunakan jasa pengiriman kilat,supaya tidak terlalu usang sampainya,nanti keburu lowonganya ditutup )
  • Jika memakai email atau website,lakukan pengiriman ajuan pada jam kerja ( antara jam 8 pagi hingga jam 4 sore )
Dengan pemilihan waktu yang tepat,maka kesempatan anda untuk bisa mendapat pemanggilan juga akan semakin besar,tentunya anda harus betul dulu dalam mengolah berkas dan dokumenya.


5. Hindari kesalahan sekecil apapun


Perlu anda ketahui bahwa sekecil apapun kesalahan,harus anda hindari,kenapa? Karena anda bersaing dengan puluhan bahkan ratusan pelamar.Maka pastikan anda tidak menciptakan kesalahan.

Beberapa kesalahan yang sering terlupakan dan banyak pelamar lalai antara lain :
  • Lamaran banyak salah tulis
  • Berkas yang dikirmkan awut-awutan ( tidak ditata,ukuranya terlalu besar,gambarnya buram,terlipat dan tidak rapi )
  • Berkas ada yang kurang atau tertinggal
  • Tidak mencantumkan nomot telepon
  • Tulisan " awut-awutan " sebab ditulis dengan bolpoint yang sudah aus
  • Kertas ada yang robek
Dan banyak sekali kesalahan lainya.Sebenarnya,pihak perusahaan " tidak sekejam itu ",tetapi yang namanya persaingan,harus dilakukan dengan sangat berungguh-sungguh.


6. Periksa ulang semuanya


Hal wajib dan niscaya saya lakukan ketika mendaftar pekerjaan adalah,memeriksa semua berkas atau dokumen yang saya kirimkan,mulai dari :
  • Berkas harus OK semua dan lengkap
  • Tidak ada kesalahan apapun
  • Penataan harus rapih
  • Ukuran harus sesuai dan kualitas gambar manis ( kalau via e-mail atau website )
Dalam tahapan ini,saya akan melakukanya hingga beberapa menit ( mungin sekitar 10 hingga 15 menit ).Saya buka lagi,bolak-balik dilihat,putar kanan,putar kiri,intinya semuanya harus benar-benar sudah siap.


7. Berdoa


Apapun agama anda,apapun kepercayaan anda,pasti semuanya diajarkan untuk berdoa bukan? Setelah anda melaksanakan semua perjuangan dengan maksimal,terahir yakni berdoa kepada TUHAN anda masing-masing.

Mintalah biar perjuangan anda dilancarkan dan diberikan kemudahan.

Bahkan saya biasanya meminta restu dan doa dari orang bau tanah ketika saya melaksanakan sebuah usaha.Saya percaya kalau doa orang bau tanah akan membantu doa anda hingga kepada TUHAN dan akan lebih gampang untuk terkabul.

BACA JUGA :




Demikian klarifikasi perihal bagaimana cara atau tips supaya cepat dipanggil oleh HRD sesudah mengirimkan surat lamaran pekerjaan.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ 7 Tips Biar Lamaran Kerja Cepat Dipanggil Hrd ( Pengalaman Langsung )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel