iklan

7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar

Bagaimana cara investasi emas yang baik dan benar 7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung BesarBagaimana cara investasi emas yang baik dan benar? Meskipun investasi emas bukanlah hal yang sulit, namun nyatanya banyak orang yang tidak tahu dan masih bertanya-tanya, bagaimana caranya… Karena itulah kali ini Pojok Bisnis akan membahas 6 cara investasi emas yang baik dan benar biar untung besar. Anda harus membaca artikel ini sampai tuntas biar sanggup menentukan cara terbaik investasi emas yang sesuai dengan profil Anda.


Dalam hal investasi, mungkin kita masih kalah jauh dibanding orang-orang bau tanah kita, terutama dalam hal investasi emas. Jaman dulu kalau ada “uang lebih” orang bau tanah kita lebih cenderung membelanjakannya untuk membeli emas atau tanah. Coba bandingkan dengan insan jaman now… Kita jauh lebih konsumtif! Jika punya “uang lebih” kita cenderung membelanjakannya untuk membeli gadget terbaru, produk fashion branded, dan barang konsumtif lainnya.


Kenapa harus investasi emas? Apa laba investasi emas? Investasi emas sanggup dikatakan merupakan investasi klasik yang sudah menjadi primadona semenjak jaman dulu. Karena memang investasi ini mempunyai segudang keuntungan, dan saya hanya sanggup menemukan satu kelemahan saja dari jenis investasi yang satu ini. Namun, sebagai catatan awal, cara investasi emas termasuk dalam jenis investasi jangka panjang. Makara kalau Anda ingin imbal hasil dalam waktu secepatnya, sebaiknya Anda mencari jenis investasi lain.


Sebagai materi pertimbangan, Anda sanggup membandingkan cara investasi emas dengan cara investasi lain, diantaranya; Cara Investasi Reksadana dan Cara Bermain Saham. Semua itu merupakan investasi yang aman, kalau Anda melakukannya dengan cara yang benar. No spekulasi.


Keuntungan Investasi Emas


Keuntungan investasi emas, diantaranya:



  • Harga naik terus. Harga emas cenderung naik. Secara ketersediaan, cadangan emas yang dieksploitasi secara terus menerus makin hari makin menipis. Karena itulah harga emas selalu naik. Meskipun ada yang bilang harga emas fluktuatif naik turun, namun secara jangka panjang, harga emas selalu naik. Tidak hanya terhadap rupiah, terhadap dolar pun emas juga mengalami kenaikan. Harga emas per troy ounce di tahun 2008 masih di harga USD 610 dan kini harganya mencapai USD 1.200 (1 troy ounce = 31,1035 gram)

  • Kebal inflasi. Mungkin kita tidak menyadari, namun seiring berjalannya waktu, nilai uang kita tergerus inflasi, dan kita gres menyadarinya beberapa tahun kemudian. Yang paling simpel saja, mari kita flashback harga beras 5 tahun yang kemudian sekitar Rp 8 ribu, dan kini harga beras mencapai Rp 11 ribu. Itu sesungguhnya bukan harga beras yang naik, melainkan nilai uang kita yang tergerus inflasi. Kalau Anda menyimpan uang dalam bentuk emas, penurunan nilai tersebut tidak akan terjadi, justru sebaliknya nilai emas selalu naik melebihi inflasi.

  • Likuid. Seyogyanya kita disiplin dan tidak mencairkan investasi yang kita tanamkan sebelum waktunya. Namun dalam keadaan tertentu yang bersifat darurat dan mendesak, kadang kita terpaksa mencairkannya. Dan dibanding instrumen investasi lain, emas termasuk jenis investasi yang likuid, alias simpel dicairkan. Anda tinggal membawanya ke toko emas, maka cairlah emas tersebut menjadi uang. Bandingkan dengan investasi property yang butuh berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan sanggup jadi bertahun-tahun untuk laku. Atau investasi reksadana yang butuh waktu 3 hari untuk redeem.

  • Modal kecil. Anda tidak perlu menunggu sampai mempunyai uang puluhan atau ratusan juta untuk sanggup terjun dalam investasi emas. Saat artikel ini ditulis harga emas Antam di kisaran Rp 658.000,- Anda sanggup memulai investasi dengan membeli 1 gram emas Antam. Atau kalau masih terasa berat, Anda sanggup mulai berinvestasi emas dengan hanya Rp 6.580,- atau 0,01 gram emas. Bagaimana caranya? Simak terus, nanti caranya akan dijelaskan dengan detail.


Kelemahan Investasi Emas


Resiko Kehilangan. Satu-satunya kelemahan dalam cara investasi emas ialah resiko kehilangan terbilang tinggi. Menyimpan emas di rumah dalam bentuk batangan, apalagi dalam bentuk pemanis yang dikenakan mempunyai resiko yang sangat tinggi. Dijambret, dibobol maling, dirampok ialah beberapa resiko yang mungkin sanggup menghampiri.


Simpan emas Anda di tempat yang aman. Di rumah sanggup juga aman, asal Anda menyimpannya di tempat “tak terduga” dan dengan cara yang tepat. Atau kalau tidak ingin beresiko, Anda sanggup menyimpannya dengan menyewa safe deposit box di bank, atau menitipkannya di pegadaian. Namun kalau emas yang Anda miliki “belum cukup banyak”, biaya penyimpanan tersebut mungkin justru membebani dan tidak mengakibatkan investasi Anda tidak menguntungkan.


Lantas bagaimana cara investasi emas yang baik dan benar biar sanggup mendulang untung?


Ada beberapa cara investasi emas yang sanggup Anda pilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Kenyamanan yang saya maksud disini mencakup tingkat resiko, imbal hasil, besar/kecilnya modal, kemudahan, dan jangka waktu. Silakan disimak kelebihan dan kekurangan beberapa cara investasi berikut, dan kemudian pilih sesuai dengan profil Anda.


7 Cara Investasi Emas


1. Investasi emas perhiasan.


Ini ialah cara paling klasik yang dikenal semenjak jaman orangtua/nenek kita. Cara investasi emas pemanis ini mempunyai laba tambahan, yaitu sanggup menunjang penampilan. Ibarat kata, sambil berinvestasi sambil tetap tampil cantik. Karena selain sebagai instrumen investasi yang nilainya terus bergerak naik, pemanis emas juga sanggup dikenakan untuk menunjang penampilan biar sanggup tampil lebih cantik.


Selain laba tambahan tersebut, cara investasi emas pemanis ini mempunyai dua kelemahan utama, yaitu ketika dicairkan (dijual), potongannya tidak mengecewakan besar. Dan kelemahan kedua ialah ketika dikenakan, pemanis emas tersebut akan mengundang niat jahat. Bisa dijambret atau dicuri.


Cara investasi emas pemanis sangat sederhana, yaitu:



  • Beli pemanis emas ketika dana yang Anda miliki sudah cukup. Karena sudah meniatkan untuk melaksanakan investasi, sebaiknya Anda menyisihkan uang di depan. Saat terima uang (gaji) pribadi sisihkan dalam jumlah tertentu untuk keperluan investasi. Makara kalau Anda menyisihkan Rp 500.000,- per bulan, maka dua bulan sekali Anda sanggup membeli pemanis yang beratnya kurang lebih dua gram.

  • Simpan paling tidak lima atau sepuluh tahun, gres Anda sanggup mencairkan investasi tersebut.

  • Jika dalam waktu lima atau sepuluh tahun tersebut tidak ada kebutuhan mendesak yang memaksa Anda menjual perhiasan, sebaiknya Anda tidak menjualnya. Orangtua kita lebih sabar dalam hal ini. Mereka jarang atau bahkan tidak pernah menjual pemanis emas yang mereka miliki. Hingga pemanis emas tersebut menjadi “pusaka” turun temurun. Kitalah, generasi sesudahnya, yang menghambur-hambur investasi yang telah ditanam orangtua kita.


2. Investasi emas batangan.


Investasi emas batangan ini sanggup dikatakan sebagai cara investasi emas yang sebenarnya. Emas benar-benar disimpan untuk tujuan investasi, tidak untuk dikenakan. Hanya saja bayangan banyak orang ketika mendengar kata “emas batangan” ialah keping emas dengan berat 1 kg. Karena itu investasi emas batangan terdengar begitu “menakutkan” alasannya ialah butuh modal yang banyak.


Padahal yang disebut emas batangan ialah emas yang berbentuk batangan atau kepingan. Makara sanggup jadi beratnya hanya 5 gr, bahkan kemasan 1 gr juga sanggup disebut sebagai emas batangan. Makara cara investasi emas batangan tidak membutuhkan banyak modal sebagaimana yang dibayangkan banyak orang.


Dibanding emas perhiasan, investasi emas batangan mempunyai kelebihan di potongan ketika mencairkan(menjual)nya, biasa disebut buy back. Potongan harga jual emas batangan biasanya ditentukan fix (misal Rp 15.000,- per gram). Lain halnya dengan emas pemanis yang potongannya ditentukan menurut prosentase. Makara potongan harga ketika Anda menjual ke toko emas akan lebih murah emas batangan dibanding emas perhiasan.


Tidak sulit untuk menemukan penjual emas batangan. Beberapa toko emas mengeluarkan produk emas batangan. Kalau di Jogja ada Semar Gold yang dikeluarkan oleh Toko Emas Semar Nusantara dan HK Gold yang dikeluarkan oleh Toko Mas Kranggan. Silakan datangi toko emas besar di kota Anda, dan tanyakan apakah ia mempunyai produk emas batangan. Jika di kota Anda tidak ada toko emas yang menjual emas batangan, tidak perlu risau… nanti saya akan tunjukkan cara membeli emas batangan dengan cara online yang kondusif dan terpercaya.


Selain emas batangan yang dikeluarkan toko emas, yang paling rekomended sebagai alat investasi emas batangan ialah emas batangan Antam. Dijamin mempunyai kadar 24 karat (99,99%) dengan akta yang diakui secara internasional. Sehingga Anda sanggup menjualnya dimanapun.


Kelebihan emas batangan yang dikeluarkan toko emas ialah selisih harga jual dan harga beli yang lebih kecil dibanding emas batangan Antam. Namun kelemahannya, kalau Anda menjualnya di toko lain, akan ditaksir rendah, bahkan sanggup jadi Anda harus menjualnya di toko yang mengeluarkan emas batangan tersebut. Lain halnya dengan emas batangan Antam yang sanggup dijual dimana saja dengan harga sesuai dengan harga emas internasional.


Cara Investasi Emas Batangan



  • Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam cara investasi emas batangan ini ialah kadar emas. Pastikan emas yang Anda beli mempunyai kadar 24 karat (99,99%).

  • Cara investasi emas batangan juga sangat mudah, beli emas batangan di toko emas, atau butik antam, atau pribadi ke antam, atau beli secara online. Makara untuk Anda yang tinggal di kota kecil, tidak perlu berkecil hati. Anda tetap sanggup menjalani cara investasi emas batangan dengan simpel dan aman.

  • Setelah membeli emas batangan, hal penting selanjutnya ialah cara penyimpanan. Jika emas batangan Anda dalam jumlah besar, sudah niscaya harus menyewa safe deposit box. Namun untuk emas dalam jumlah yang sedikit, harga sewa safe deposit box justru akan membebani investasi Anda. Sehingga Anda harus menyimpannya di rumah. Cari tempat penyimpanan yang tidak lazim namun juga cukup aman. Jangan simpan di lemari, alasannya ialah kalau ada pencuri atau perampok, lemari ialah tempat pertama yang akan dituju.


3. Investasi emas Antam


Yang dimaksud dengan cara investasi emas Antam ialah investasi emas batangan dengan memakai emas batangan Antam. Kenapa emas Antam? Karena emas batangan Antam mempunyai kadar 24 karat (99,99%) dan dilengkapi dengan akta yang diakui secara internasional, sehingga sanggup dijual dengan simpel dimana saja.


Yang sering menjadi problem atau hambatan dari cara investasi emas Antam ialah dalam membeli atau mendapat emas Antam tersebut. Apalagi bagi yang berada di daerah, mungkin agak kesulitan untuk mendapat emas Antam ini. Namun ketika ini hal itu sudah bukan menjadi hambatan lagi. Dimana saja Anda berada, sanggup dengan simpel mempunyai dan berinvestasi emas Antam.


Cara membeli emas Antam:



  • Beli Langsung di Unit Bisnis Antam

    Langsung saja meluncur ke unit bisnis Antam, lokasinya sanggup Anda cek DISINI. Jangan lupa siapkan kartu identitas. Harus siap antri. Selain itu penjualan juga dibatasi quota.

  • Beli di Butik Emas Antam

    Silakan pribadi menuju Butik Emas Antam terdekat, lokasinya sanggup Anda temukan DISINI. Jangan lupa siapkan kartu identitas.

  • Beli di toko emas

    Toko emas tertentu juga menjual emas batangan Antam. Silakan cari tahu toko emas di kota Anda yang menjual emas batangan Antam. Sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu harga jual, harga buyback, termasuk potongan/biaya yang mungkin timbul.

  • Beli di Pegadaian

    Ada beberapa opsi beli emas di pegadaian, akan dibahas di sub bab selanjutnya.

  • Beli di Kantor Pos

    Ini merupakan terobosan paling gres hasil kerjasama PT Antam tbk dengan PT Pos Indonesia (persero). Dan ini merupakan cara investasi emas yang sanggup dijangkau sampai pelosok. Sejak Februari 2017 masyarakat sanggup melaksanakan titip beli emas Antam melalui kantor pos terdekat. Anda tinggal tiba ke kantor pos terdekat, utarakan cita-cita Anda untuk membeli emas batangan Antam, setelah mengisi formulir, lakukan pembayaran, kemudian tunggu emas batangan akan dikirim dari Unit Bisnis Antam Jakarta untuk diproses melalui sistem i-POS dan dikategorikan sebagai valuable goods.

    Berikut ini alur pembelian emas batangan Antam melalui kantor pos:

    Bagaimana cara investasi emas yang baik dan benar 7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar

  • Beli Online

    Ada banyak cara beli emas secara online, diantaranya:

    pertama, beli melalui pedagang online. Bisa melalui lembaga jual beli, maupun website yang menjual emas batangan Antam secara online. Hati-hati, banyak penipuan! Lebih kondusif kalau dalam transaksi tersebut memakai jasa rekening bersama.

    kedua, beli melalui marketplace. Bisa melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopie, dan lain-lain. Lebih kondusif alasannya ialah memakai layanan rekening bersama marketplace yang terpercaya. Begitu barang diterima, Anda harus pribadi cek keasliannya. Jika ternyata emas tidak asli, Anda sanggup mengajukan komplain, dan uang akan kembali.

    ketiga, beli melalui kantor pos. Cara nya sudah dijelaskan di atas.


4. Investasi emas di pegadaian


Ada beberapa opsi cara investasi emas di pegadaian dan semua opsi tersebut menarik. Berikut ini opsi tersebut:



  • Beli Emas Batangan Secara Tunai

    Anda sanggup pribadi menuju Pegadaian Gerai 24 untuk membeli emas secara tunai. Keuntungannya dibanding membeli pribadi ke Antam, ialah antrian tidak sepanjang di Unit Bisnis Antam, dan tidak dibatasi quota.

  • Beli Emas Batangan Secara Cicilan

    Dengan uang muka 20% Anda sanggup membeli emas dengan cara cicil dengan pilihan waktu pembiayaan yang sangat ringan dan fleksibel mulai dari 3, 6, 12, 18, 24 dan 36 bulan.

  • Beli Emas Batangan Secara Kolektif

    Sama dengan aktivitas cicilan, Anda sanggup membeli emas batangan Antam di Pegadaian secara kolektif. Minimal 6 orang, dengan uang muka 20%, dan waktu pembiayaan sampai 36 bulan.

  • Beli Emas Batangan Secara Arisan

    Anda niscaya tidak menyangka bahwa arisan sanggup menjadi salah satu cara investasi emas. Produk Pegadaian yang satu ini sangat cocok dengan kultur kaum hawa Indonesia. Dengan uang muka lebih ringan, yaitu 10%, penerima arisan minimal 6 orang, dan waktu pembiayaan maksimal 36 bulan. Sehingga kalau arisan diundi sebulan sekali, maka maksimal jumlah penerima ialah 36 orang.

  • Tabungan Emas

    Akan dijelaskan terpisah

  • Berkebun Emas

    Akan dijelaskan terpisah


5. Tabungan Emas


Menurut saya tabungan emas Pegadaian ini merupakan cara terbaik untuk investasi emas. Kenapa saya katakan terbaik? Karena tabungan emas mempunyai 3 keunggulan dibanding cara investasi emas yang lain, yaitu:



  • Modal Kecil. Anda sanggup mulai berinvestasi hanya dengan Rp 6.500,- saja atau setara dengan 0,01 gram emas.

  • Aman. Jika tadi pada cara investasi emas pemanis dan batangan, Anda sanggup saja dihantui rasa was-was barang akan dicuri atau dirampas orang. Maka dengan tabungan emas Pegadaian Anda tidak perlu merasa was-was lagi. Karena Anda tidak menyimpan emas secara fisik, melainkan Pegadaian menyimpannya untuk Anda dengan biaya yang sangat amat murah (hanya Rp 30.000,- per tahun)

  • Averaging. Dengan kecilnya modal yang diperlukan, maka Anda sanggup secara rutin menabung emas dengan jumlah nominal tertentu sesuai dengan keinginan. Dalam dunia investasi teknik ini dikenal dengan averaging. Dan teknik averaging ini merupakan cara terbaik dalam berinvestasi, termasuk investasi emas. Lebih lanjut mengenai averaging akan dijelaskan dibawah pada sub bab Trik Investasi Emas.


Bagaimana cara membuka rekening tabungan emas di Pegadaian? Berikut ini caranya:



  • Datang ke pegadaian terdekat, utarakan cita-cita Anda untuk membuka rekening tabungan emas

  • Petugas akan meminta KTP Anda, dan meminta Anda untuk mengisi formulir

  • Setelah formulir terisi, serahkan kembali ke petugas

  • Dana awal pembukaan rekening ialah sebesar Rp 55.000,- dengan rincian; Rp 30.000,- untuk biaya akomodasi titipan selama 1 tahun, Rp 6.000,- materai, Rp 6.500,- pembelian saldo awal 0,01 gram emas, Rp 12.500,- biaya manajemen pembukaan rekening.


Oh iya… Saldo di buku tabungan emas ialah gram emas, bukan rupiah. Mungkin pada awalnya Anda kan sedikit resah kalau melihat saldo mutasi di buku tabungan. Jika tidak ingin ribet, pribadi saja lihat saldo akhir, itulah jumlah gram emas yang Anda miliki.


Informasi lebih lengkap sanggup Anda baca selengkapnya di artikel Review Tabungan Emas Pegadaian yang membahas lebih lengkap untung ruginya menabung emas.


6. Berkebun Emas


Cara investasi emas dengan teknik berkebun emas sempat terkenal di tahun 2010an. Teknik berkebun emas dilakukan dengan memanfaatkan jasa pegadaian. Pada ketika itu, tidak hanya PT Pegadaian, beberapa bank juga menjadi dikenal alasannya ialah produk gadainya, diantaranya Bank Jabar, dan Bank Syariah Mandiri.


Bagaimana cara berkebun emas? Berikut ini citra cara berkebun emas:



  • Membeli emas sesuai keinginan, misal 10 gram

  • Gadaikan emas tersebut

  • Hasil gadai, gunakan untuk membeli emas kembali dengan berat sama, yaitu 10 gram

  • Gadaikan lagi emas tersebut

  • Hasil gadai gunakan untuk membeli emas lagi

  • Demikian seterusnya sampai Anda mempunyai 5 batang emas @ 10 gram di pegadaian.

  • Kemudian beli emas lagi

  • Nah, emas keenam ini Anda simpan dirumah

  • Saat harga emas naik ialah ketika untuk memanen. Gunakan emas keenam yang Anda simpan untuk menebus emas di pegadaian satu per satu.

  • Cara panen; jual emas keenam untuk menebus emas pertama, jual emas pertama untuk menebus emas kedua, dan seterusnya.


Penting untuk dicatat dalam memakai teknik berkebun emas ialah bunga atau biaya titip emas yang jatuh tempo 4 bulanan. Anda harus menghitung dengan cermat, sehingga kenaikan harga emas yang Anda peroleh ketika panen sanggup menutupi bunga atau biaya titip tersebut.


7. Investasi Emas Online


Cara investasi emas online yang dimaksud disini ialah sistem trading menyerupai dalam dunia forex. Untuk yang beragama Islam tidak saya sarankan. Ada yang bilang haram, ada yang bilang halal. Makara sebaiknya dihindari.


Anda tidak membeli emas yang sebenarnya, yang diperdagangkan ialah margin dengan memanfaatkan leverage yang diberikan broker. Dengan model future trading, sehingga sanggup ambil posisi jual lebih dulu, gres kemudian beli belakangan.


Trik Investasi Emas



  1. Trik klasik: Beli emas ketika harga turun

  2. Averaging. Beli emas secara rutin, misal tiap bulan atau tiap tri wulan.

  3. Hedging. Beli emas secara rutin, namun ketika turun, beli dalam jumlah lebih besar dari biasanya (dua kali lipat dari biasanya).


sumber gambar cara investasi emas: antara foto



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel