iklan

Tipe-Tipe Calon Debitur Versi Bpg

Hore libur telah tiba, dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri :) mohon maaf lahir dan batin. 
Postingan ini saya buat ketika akan makan malam disebuah warung, sehabis tanggapan memesan makanan, sy mengamati orang2 yg dilayani di warung ini, bermacam2 tipenya, ada yg sopan, ada yg galau,  dan ada yg tidak sabaran. Serentak sy pribadi teringat bahwa dalam aktivitas perjuangan bank, setiap harinya selalu berafiliasi dengan nasabah / counterparty yg berbeda2 pula. Kalau saya lebih sering berafiliasi dengan calon debitur maupun debitur, oleh alasannya itu saya ingin memposting macam-macan tipe abjad calon debitur versi BPG :

1. cadeb perfectionis
Bukan hanya staff bank saja yg umumnya bersifat perfectionis, cadeb pun demikian, tipe ini selalu memperhatikan kelengkapan dokumen sbg pengajuan kreditnya, pola sederhana saja, contohnya kita minta dokumen a, diberikan dokumen a,b.c| tidak jarang saya nemuin yg kaya begini.

2. Cadeb Sok Akrab
Cadeb ini sangat ramah, bahkan saking ramahnya hingga seperti sudah kenal akrab, tipe ini tidak hanya terpaku hingga to the point pengajuan kreditnya saja, tipe ini bisa tiba2 peduli dengan kesehatan, keluarga dan hal2 lainnya  terhadap staff bank.


3. Cadeb Kaku
Tipe ini sangat kaku, mencoba menjaga jarak, sangat to the point, bila anda tidak bertanya beliau tidak akan menjelaslan lebih lanjut.

4. Cadeb Teliti
Tipe ini biasanya paling tidak disukai oleh setiap staff bank, tipe ini sangat teliti dan selalu menganalisa dengan kritis setiap keterangan yg diberikan oleh staff bank, bahkan hingga sangat mendetil.


5. Cadeb gak sabaran
Tipe ini selalu memburu staff bank apabila kreditnya belum dicairkan, pengalaman saya dengan tipe ini pernah hingga sehari ditelp lebih dari 5kali, durasi pertelfonnya 15-30 menit. x.x



6. Cadeb dengan gaya Akademis
Menghadapi tipe ini menyerupai berbicara dengan dosen dikelas, semua harus ada dasar akademisinya.. Contoh saya pernah menyampaikan bahwa ekspresi dominan suku bunga cenderung naik, yg ditanyakan malah apa penyebabnya, apa dampaknya, bagaimana mengatasinya, blaaa blaaa blaaa... Untung sy dulu jarang absen waktu mata kuliah ekonomi hihihihi


7. Cadeb santai / gaul
Tipe ini yg paling saya suka, selain biasanya tipe ini bersifat "yes men" artinya mangut2 aja, juga gak bawel dan cenderung koperatif. tp kita harus lebih jeli menghadapi yg menyerupai ini, jangan hingga sikapnya yg lezat terhadap kita, menciptakan kita jadi lupa prinsip pudential banking....



8. Cadeb debat lover
Tipe selalu membantah hal2 yg kita sampaikan, wahh selalu ada saja yg didebatkan, hemm was2 kalau punya debitur kayak bgini..

9. Cadeb Galau
Meski seyogyanya seorang AO harus bisa mengukur dengan toleransi penyimpangan yg rendah terhadap kebutuhan jumlah dan  karakteristik kredit yg diajukan oleh cadeb. Namun kadangkala tipe cadeb ini sering menciptakan staff bank kesel juga, pengalaman saya, dalam rentang waktu 3jam permohonan kredit berubah2 jumlahnya... | lain lagi kesempatan lainnya, sudah mantap ingin mengajukan kredit, bisa2 kendor lagi, besoknya semangat lagi... | ada loh tipe cadeb menyerupai ini.

Semangat sekali mengetik postingam kali ini, mengingat sudah usang tidak posting ke BPG, namun apa daya perut sudah lapar terpaksa harus disudahi dulu.

Okay, makanannya sudah tiba semua, saatnya makan... 

BPG quotes hari ini : 

"Pada umumnya, posisi bank terhadap debitur pada ketika kredit belum dicairkan menyerupai raja, namun bila kredit sudah terlaksana posisi bank berubah menyerupai pengemis. Hanya saja mengemisnya harus tegas dan keren" :D

Thanks sudah berkunjung....



Mari Berteman ^^

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tipe-Tipe Calon Debitur Versi Bpg"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel