iklan

Berikut 5 Langkah Gampang Cara Ternak Parkit Bagi Pemula

Cara ternak parkit – Burung parkit yaitu salah satu jenis burung yang banyak diternakkan untuk dijadikan binatang peliharaan ataupun untuk dijual kembali. Ciri dari burung kicau ini memiliki paruh yang bengkok. Keunggulan dari burung parkit kicau ini yaitu memiliki gerak yang lincah, cerdas dan bulunya sangat indah. Jenis burung parkit ini masih termasuk dalam keluarga burung nuri. Di habitat liar, burung parkit biasanya hidup di dalam lubang – lubang pepohonan. Burung parkit hidup dan berkembang di dalam koloni. Burung parkit dikenal suka mengkonsumsi sayuran dan aneka biji – bijian.


 Burung parkit yaitu salah satu jenis burung yang banyak diternakkan untuk dijadikan hewa Berikut 5 Langkah Praktis Cara Ternak Parkit Bagi Pemula
Induk parkit-cara ternak parkit

Bagi sebagian orang cara ternak parkit sanggup terbilang cukup rumit. Namun ada juga beberapa yang beranggapan bahwa untuk mengelakukan ternak parkit sangatlah mudah. Terlepas dari hal tersebut, beternak burung parkit yaitu sebuah peluang perjuangan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Ternak parkit terbilang sangat menguntungkan. Burung parkit ini memiliki kicauan yang terbilang indah serta dilengkapi dengan bulu warna yang sangat bagus.


Untuk mendapat warna warni parkit yang menarik, terkadang para peternak melaksanakan perkawinan silang untuk mendapat warna yang terbilang unik dan indah. Anda tertarik untuk melaksanakan ternak parkit? Sebelum melakukannya, alangkah baiknya bila Anda membaca artikel kami berikut ini. Sehingga nantinya ada benar – benar sanggup dalam melaksanakan cara ternak parkit yang baik dan benar. Berikut tipsnya:


Pemilihan Indukan Parkit


Langkah pertama cara ternak parkit yang harus Anda lakukan yaitu pemilihan indukan. Sebagai peternak Anda diharuskan untuk sanggup membedakan indukan jantan dan indukan betina. Adapun ciri indukan jantan dan betina yaitu sebagai berikut:


Indukan jantan



  • Mempunyai cere ( kawasan sekitar paruh ) berwarna biru muda atau biru tua

  • Jika datang waktu kawin, cere akan terlihat lebih mengkilap

  • Usia ideal indukan jantan yaitu harus lebih dari 5 bulan


Indukan betina



  • Mempunyai ciri cere yang berwarna ungu atau kecoklatan

  • Saat datang masa kawin, cere akan berwarna putih

  • Usia indukan ideal yaitu sekitar lebih dari 5 bulan


Anda sanggup memakai indukan dengan dua warna bulu yang berbeda antara jantan dan betina. Sehingga anakan yang dihasilkan akan memiliki warna yang unik.


Membuat Kandang


Cara ternak parkit selanjutnya yaitu menciptakan kandang. Ada beberapa jenis tipe sangkar yang sanggup Anda gunakan, yaitu sangkar untuk parkit sepasang, sangkar sedang dan sangkar besar. Bagi Anda yang pemula kami sarankan untuk mencobanya dengan sangkar sepasang terlebih dahulu. Dengan memakai sangkar yang sederhana maka Anda akan lebih gampang dalam melaksanakan perawatannya.


Memilih Pakan Yang Pas


Pakan parkit yang baik yaitu biji – bijian. Di sini Anda sanggup memakai biji jagung muda dan millet putih. Anda juga sanggup memperlihatkan variasi pakan dengan memperlihatkan sayuran hijau ibarat tauge dan kangkung. Air minum hendaknya harus Anda sediakan selalu, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Kebutuhan air untuk parkit sanggup tercukupi dari sayuran dan buah – buahan yang dikonsumsi oleh parkit.


Untuk meningkatkan daya tetas, kualitas telur dan kualitas piyik yang nantinya akan menetas. Maka kedua indukan sanggup Anda berikan asupan gizi tambahan. Terutama nutrisi yang berkaitan dengan aspek reproduksi ibarat protein, vitamin E dan vitamin K. Untuk memenuhi nutrisi tersebut Anda sanggup memakai bird mature. Bird mature yaitu tambahan khusus untuk burung tangkaran yang sanggup dikonsumsi oleh indukan jantan dan indukan betina.


Tambahkan juga tempat bertelur bagi burung parkit dari serabut kelapa. Jika tidak ada sabut kelapa Anda sanggup membuatnya dari dedaunan kering. Parkit akan bertelur kurang lebih 3 bulan sesudah proses perkawinan dan dalam waktu 1 bulan Anda sudah sanggup menikmati hasilnya.


Merawat Burung Parkit


Cara ternak parkit selanjutnya yaitu merawat burung parkit. Perawatan ini sangat penting semoga burung parkit sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu perawatan rutin yang sanggup Anda lakukan yaitu menjaga kebersihan kandang. Kandang yang kotor atau kurang higienis sanggup memudahkan burung parkit menjadi stres dan akan besar lengan berkuasa kepada kesehatan burung. Sediakan pakan dan air minum sesuai dengan jumlah indukan yang Anda pelihara.


Tips Agar Burung Parkit Anda Jinak


Dengan cara ternak parkit yang bebenar, Anda sanggup menjinakkan parkit tanpa perlu susah payah. Adapun cara menjinakkan burung parkit yang sanggup Anda lakukan yaitu sebagai berikut.



  • Mandikanlah burung parkit Anda. Mandikan dengan cara mengusap air ke seluruh badan parkit dengan memakai tangan dan usap secara lembut dan perlahan.

  • Kemudian letakkan parkit yang telah dimandikan pada jari telunjuk Anda

  • Berikan pakan secara pribadi pada dikala parkit bertengger di jari Anda. Lakukan secara rutin maka usang kelamaan burung parkit Anda akan terbiasa dan menjadi jinak.


 Burung parkit yaitu salah satu jenis burung yang banyak diternakkan untuk dijadikan hewa Berikut 5 Langkah Praktis Cara Ternak Parkit Bagi Pemula
Parkit yang telah jinak-cara ternak parkit

Demikian cara ternak parkit dari kami. Semoga sanggup membantu Anda dalam melaksanakan budidaya parkit dan menernakkan  burung kicau yang indah ini. Tips cara merawat burung kicau lainnya sanggup Anda baca di sini. Cara merawat burung kenari, klik di sini.


 


 


 


 


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikut 5 Langkah Gampang Cara Ternak Parkit Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel