iklan

Temukan Sebelas Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Temulawak sudah dikenal banyak orang sebagai adonan jamu atau obat tradisional. Dahulu nenek moyang memakai temulawak sebagai penambah nafsu makan. Bagaimana bahwasanya manfaat temulawak untuk kesehatan? Temu lawak dengan nama imiah Curcuma xanthorrhiza tergolong suku temu-temuan. Tanaman ini berasal dari Jawa, yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia hingga manca negara.


Temulawak sanggup tumbuh dengan baik di dataran rendah, dengan ketinggian maksimal 1500 meter di atas permukaan laut. Habitat khusus temulawak ialah di hutan tropis. Temulawak bisa mencapai tinggi 2 meter dan mempunyai rimpang yang bercabang-cabang berwarna coklat gelap. Aroma temulawak ini sangat khas.


Zat yang terkandung dalam temulawak


Manfaat temulawak sudah diketahui oleh penduduk Indonesia semenjak zaman dulu. Namun tidak banyak yang mengetahui zat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini 8 kandungan zat kimia yang terkandung dalam temulawak, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.



  1. Turmerol dan pati

    Temulawak mengandung turmerol dan pati terbukti mengatasi persoalan pencernaan. Makara jikalau Anda mengalami gangguan pencernaan, temulawak bisa dipakai sebagai obatnya. Temulawak diambil patinya kemudian diolah menjadi masakan halus. Dengan rutin mengonsumsinya, persoalan pencernaan bisa teratasi. Nafsu makan pun semakin meningkat, juga bisa mengatasi sembelit.

  2. Kurkumin

    Senyawa kimia kurkumin mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk penderita kanker. Dengan mengonsumsi 500 gram setiap harinya, sanggup menurunkan gula darah dan menurunkan lemak darak dalam tubuh manusia. Kurkumin juga berfungsi untuk menyerap radikal bebas.

  3. Zat kalagoga

    Di dalam temulawak terdapat zat kalagoga yang berfungsi untuk mengurangi kerja enzim glutanate piruvat transaminase dan enzim glutamate. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati.

  4. Serat

    Serat yang terkandung dalam temulawak sanggup memulihkan kebugaran badan

  5. Minyak atsiri

    Dalam temulawak terdapat 6 – 10% minyak atsiri yang bermanfaat meningkatkan fungsi ginjal.

  6. Phelandren

    Fungsinya untuk membantu mengeluarkan toksin melalui air kencing

  7. Borneol

    Senyawa ini berfungsi untuk memulihkan kesehatan tubuh akhir penyakit.


Sebelas manfaat temulawak


Manfaat temulawak bahwasanya ada banyak sekali. Akan tetapi di sini ada 11 manfaat penting yang harus Anda ketahui.



  1. Melancarkan ASI

    Untuk melancarkan ASI dengan cara 20 gram rimpang temulawak diparut, diperas, disaring, direbus hingga mendidih, dan didinginkan. Minumlah dengan dicampur 2 sendok makan madu tiap pagi dan sore.

  2. Merangsang nafsu makan

    Minyak atsiri bersifat karminativum sehingga sanggup merangsang nafsu makan.

  3. Mencegah penggumpalan darah

    Kandungan kurkumin sanggup menghambat pembentukan tromboksan B-2 (berfungsi menggumpalkan darah), sehingga penggumpalan darah sanggup terhambat.

  4. Menjaga kesehatan fungsi hati

    Kalagoga dalam temulawak berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati dan membantu mengsongkan kantung empedu, sehingga fungsi hati terjaga.

  5. Menurunkan lemak darah

    Adanya kandungan kurkuminoid dalam temulawak bisa menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol total sehingga sanggup menurunkan lemak.

  6. Mengurangi radang sendi dan nyeri

    Temulawak sanggup mengurangi radang sendi dan rasa nyeri diakibatkan oleh adanya senyawa kurkumin.

  7. Memperbaiki fungsi pencernaan

    Untuk meningkatkan kegiatan cairn dalam lambung dan membantu proses metabolisme pencernaan, konsumsilah serbuk rimpang temulawak.

  8. Mengobati kerikil ginjal

    Resepnya sebagai berikut, temulawak sebesar ibu jari ditambah 3 lembar daun kumis kucing dan meniran, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Diminum setiap pagi dan sore.

  9. Menyembuhkan nyeri haid

  10. Mengobati jerawat

  11. Sebagai antioksidan yang memelihara kesehatan tubuh dan menangkal radikal bebas


Itulah tadi 11 manfaat penting temulawak untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, mungkin masih banyak lagi manfaat temulawak yang belum ditemukan.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Temukan Sebelas Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel