iklan

Pengertian Objek Dan Daya Tarik Wisata


Pengertian Objek dan Daya Tarik Wisata
Pengertian objek dan daya tarik wisata yaitu unsur-unsur lingkungan hidup yang terdiri dari sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya buatan yang sanggup dikembangkan dan dimanfaatkan sebagi daya tarik untuk menjadi sarana wisata atau objek wisata yaitu, semua hal yang menarik untuk dilihat dan dirasakan oleh wisatawan yang disediakan atau bersumber pada alam saja.


1.Produk wisata

a.Pengertian villa
Villa dikategorikan sebagai penginapan yang berbentuk rumah dan lokasinya jauh dari keramaian sehingga sangat nyaman ditempati tamu yang ingin kehidupan hening tanpa harus bertemu banyak orang. Villa juga dibangun pada daerah yang masih alami untuk menambah keindahan dan keasrian hunian. Harga sewa villacenderung cukup mahal sesuai dengan fasilitas, lokasi dan jumlah kamar yang tersedia di dalam villa.

b.Barang

Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan sebab barang itu mempunyai kemampuan untuk sanggup memenuhi kebutuhan. Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang sanggup diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering dipakai dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.


2. karakteristik produk wisata
            Produk yaitu sesuatu yang dihasilkan melalui proses produksi. Sedangkan produk dari perjuangan pariwisata yaitu segala barang dan layanan jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan semenjak berangkat meninggalkan daerah kediamannnya, hingga ia kembali ke daerah tinggalnya. Sebagian besar produk perjuangan pariwisata yaitu jasa atau layanan, sehingga mempunyai karakteristik yang berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh industri yang menghasilkan barang.
            Secara garis besar karakteristik produk perjuangan pariwisata adalah:
1.                  Produk wisata dalam arti luas yang bersifat intangible.
2.                  Tidak sanggup dipindahkan, oleh sebab itu penjualannya mustahil produk itu sendiri dibawa dan ditunjukkan kepada konsumen, sebalinya pengunjung harus tiba pribadi ke daerah dimana produk wisata dihasilkan. Dalam industri barang biasa, hasil atau produknya sanggup dipindahkan kemana barang itu dibutuhkan atau diinginkan konsumen.
3.                  Proses produksi dan konsumsi terjadi pada ketika yang bersamaan. Oleh sebab itu peranan mediator tidak diperlukan. Satu-satunya mediator yang merupakan kanal (channel) dalam penjualan jasa industri pariwisata
4.                  Tidak sanggup disimpan atau ditimbun untuk diakumulasikan menyerupai pada perjuangan yang menghasilkan barang dimana penimbunan merupakan kebiasaan untuk meningkatkan permintaan.
5.                  Hasil atau produk industri pariwisata bersifat sangat subjektif, tidak mempunyai standar baku yang objektif menyerupai halnya dengan industri barang lainnya yang mempunyai ukuran panjang, lebar, tinggi dan ukuran  lainnya. Dalam industri pariwisata hanya memakai patokan bagus, buruk atau  puas tidaknya wisatawan yang diberikan pelayanan.
6.                  Permintaan terhadap produk sangat tidak tetap dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor non ekonomis. Terjadinya kekacauan, peperangan, petaka akan menyebabkan undangan terhadap produk menhgalami penurunan yang signifikan. Akan tetapi, jika masa liburan dengan demam isu yang normal dan penuh dengan daya tarik maka akan meningkatkan permintaan.
7.                  Calon konsumen tidak sanggup mencoba atau merasakan produk yang akan dibeli. Calon wisatawan hanya sanggup melihat dari internet, brosur, majalah, slide, TV atau film yang dibentuk khusus untuk itu.
8.                  Kualitas produk sangat bergantung pada tenaga insan yang tidak sanggup digantikan dengan mesin.


3. Kebutuhan Pelanggan

 Setiap pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik. Pelanggan mempunyai hak akan informasi yang jujur dan benar wacana produk yang akan dibelinya, disamping itu pelanggan juga mengharapkan pelayanan purna jual (after sales service) atau pelayanan sehabis penjualan, misalnya; ada garansi perawatan, apa jika barang rusak/cacat, boleh dikembalikan atau ditukar. Pelanggan juga mengharapkan kelayakan harga atas barang yang di belinya, juga mengharapkan potongan harga atas barang yang di belinya.
 Pada dasarnya impian pelanggan yang paling utama yaitu kepuasan. Kepuasan pelanggan berarti menunjukkan kepada pelanggan apa yang disukainya. Pelayan harus menunjukkan apa yang pelanggan inginkan, kapan dan bagaimana cara pelanggan memperolehnya.
 Cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi harapanharapan pelanggan antara lain :
a) Menemukan kebutuhan pokok pelanggan
b) Mencari tahu apa bekerjsama yang menjadi impian pelanggan, sehingga mereka mau kembali tiba kepada perusahaan kita
c) Selalu memperhatikan apa yang menjadi impian pelanggan, lakukan melebihi dari yang diharapkan, sehingga pelanggan merasa senang.
 Cara diatas dilakukan supaya pelanggan merasa puas, kepuasan pelanggan banyak ditentukan oleh kualitas pelayanan para petugas dilapangan. Jika pelayanan tidak sesuai dengan impian pelanggan, maka pelanggan pribadi menilai pelayanan yang diberikan mengecewakan. Oleh sebab itu, tahapan-tahapan yang tiga di atas harus benar-benar diperhatikan oleh para petugas pelayanan dilapangan.
















Sumber http://lussychandra.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Objek Dan Daya Tarik Wisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel