iklan

Mengenal Modus Kejahatan Internet Banking Dan Cara Mencegahnya

Mengenal Modus Kejahatan Internet Banking

Penggunaan media internet remaja ini tidak sanggup dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya di industri jasa keuangan yakni sektor perbankan yang mengeluarkan layanan internet banking dan mobile banking yang memudahkan nasabah untuk melaksanakan kegiatan perbankan ibarat transfer dana, gosip saldo, mutasi rekening, gosip nilai tukar, pembayaran (kartu kredit, rekening listrik, rekening telepon, asuransi), dan pembelian (pulsa isi ulang, saham).

Mengenal Modus Kejahatan Internet Banking Mengenal Modus Kejahatan Internet Banking dan Cara Mencegahnya

Namun, layanan tersebut mempunyai celah untuk dilakukannya kejahatan yang dilakukan oleh penjahat yang mempunyai keahlian dalam penggunaan sistem atau yang sering disebut (Cyber Crimer). Bagi Cyber Crimer, kejahatan melalui internet banking/ mobile banking sanggup menjangkau jutaan calon korban dengan biaya yang tidak mahal. Kejahatan internet banking/ mobile banking ini telah merugikan banyak pengguna dan terus mengalami peningkatan.

Modus Kejahatan Internet Banking yang sering digunakan

Pharming

Penipu atau h4ck3r melaksanakan pengalihan dari situs yang sah ke situs palsu tanpa diketahui dan disadari oleh korban. Kemudian mengambil data yang dimasukkan oleh korban sehingga masuk ke dalam area yang menjadi permainan penipu tersebut.

Spoofing

Menggunakan perangkat lunak untuk menutupi identitas dengan menampilkan alamat e-mail/ nama/ nomor telepon palsu di komputer supaya menyembunyikan identitas. Untuk melaksanakan penipuan mereka mengakibatkan kesan berurusan dengan pebisnis terkemuka.

Keylogger

Modus kejahatan internet banking yang satu ini memakai software yang sanggup menghafal tombol keyboard yang dipakai tanpa diketahui oleh pengguna.

Phising

Yaitu tindakan untuk memperoleh gosip langsung ibarat user ID, PIN, nomor rekening bank/ nomor kartu kredit secara tidak sah. Informasi ini kemudian dimanfaatkan untuk mengakses rekening, melaksanakan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melaksanakan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.

Sniffing

Modus kejahatan internet banking ini dilakukan dengan cara menyadap paket data yang lalu-lalang pada jaringan.

Cara Mengatasi Kejahatan Internet Banking

Apa yang sanggup kita lakukan untuk mencegah kejahatan internet banking? Berikut ini yaitu beberapa hal yang Anda lakukan:

  1. Lindungi komputer Anda dengan perangkat lunak anti-virus, spyware filter, filter e-mail dan aktivitas firewall.
  2. Segera hubungi Bank yang bersangkutan dan laporkan kecurigaan Anda.
  3. Jangan membalas e-mail yang meminta gosip pribadi. Bank tidak pernah meminta gosip langsung ibarat PIN atau password.
  4. Pastikan saluran alamat website internet banking Anda yang benar. Jangan klik dengan kata yang sengaja disalahejakan atau ibarat dengan yang asli.

Originally posted 2017-03-14 03:06:41.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Modus Kejahatan Internet Banking Dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel