iklan

Manajemen Asset

Kondisi asset suatu bank mempunyai imbas yang sangat besar terhadap kemampuan bank dalam menjaga performance, hal ini disebabkan asset merupakan sumber utama di dalam memperoleh pendapatan bank, baik berupa pendapatan dari kredit ataupun pendapatan lainnya. Asset juga merupakan daya tarik bagi nasabah deposan untuk menempatkan dananya pada bank, hal mana terkait kepada pengembangan fee based income bank. Untuk hal tersebut kualitas assets bank yang baik, akan bisa untuk menjaga  likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas bank.
Di samping itu pula, assets bank merupakan komponen yang sifatnya controllable bagi administrasi bank,  kondisi ini agak berbeda kalau dibandingkan dengan sisi liability, dimana tidak seluruhnya bersifat controllable, contohnya dana dimana  pemiliknya yaitu para deposan yang mempunyai kebebasan untuk mendepositokan dana, pada bank lain yang memperlihatkan pelayanan dan tingkat bunga yang lebih baik.

Dengan demikian, suatu bank sanggup dilihat atas komponen assets yang besar dan mempunyai kualitas yang baik, alasannya assets bank mempunyai dua dimensi, yaitu dimensi barang yang diperdagangkan serta sebagai alat likuid. Dengan demikian pengelolaan assets bank tersebut harus lebih besar memperlihatkan pendapatan dari biaya dalam pengelolaan assets yang dimaksud.

Tujuan Earning & Investment Management  adalah: penataan struktur aktiva passiva bank untuk mencapai likuiditas dan profitabilitas optimal (Loan & Investment Management), menata dengan banyak sekali alternatif kebijakan yang baik dalam struktur passiva (Liability and Deposit Management), menetapkan Biaya Dana yang masuk akal (Cost of Funds), menetapkan Pricing yang baik (Loan Pricing), menjaga Modal dan Deviden (Capital and Deviden Management).

Dalam melihat imbas assets bank ini, sanggup dilihat kedalam dua kelompok, yakni
  1. Kelompok Earning Assets, berupa kelompok asset yang pribadi sanggup memperlihatkan earning bagi bank, contohnya kredit, penyertaan, surat berharga dan lain-lain.
  2. Kelompok Non Earning Assets, berupa Kas, Aktiva Tetap dan Inventaris dan lain-lain, yang kesemuanya merupakan pengungkit atas earning.
Dari hal tersebut, sanggup kami simpulkan bahwa tujuan administrasi ini yaitu memilih struktur balance sheet yang optimal, menetapkan tingkat bunga dukungan dan deposito secara optimal. Adapun keputusan dalam administrasi investasi dan pendapatan yaitu : penetapan alokasi asset, penetapan tingkat bunga pinjaman, pengelolaan portfolio investasi bank.

Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manajemen Asset"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel