iklan

Kandungan Kimia Dan Manfaat Propolis

Lem lebah atau orang menyebutnya propolis merupakan suatu zat resin yang diproduksi oleh lebah madu dari sumber tumbuhan. Lebah mengumpulkan getah yang dipakai untuk menutupi lubang kecil, yang selanjutnya getah epilog lubang ini banyak dicari orang untuk dimanfaatkan sebagai obat. Banyak orang tidak mengetahui manfaat propolis untuk kesehatan.


Propolis bersifat lengket dan warnanya coklat tua. Namun tergantung pada sumber tumbuhannya. Jika pada suhu rendah, propolis akan menjadi keras dan rapuh. Manfaat propolis sebagai obat herbal yang salah satunya yaitu sebagai antinyeri.


Komposisi kimia dalam propolis


Komposisi kimia yang terdapat dalam propolis bervariasi sebab bergantung dari mana asal bahannya dikumpulkan oleh lebah. Dalam sebuah penelitian, lebah mengumpulkan madu yang mengandung senyawa aktif sebagai berikut.



  1. Resin

    Kandungan kimia resin dalam propolis berkisar antara 45 – 55%. Resin dalam flora berkhasiat untuk melindungi tumbuhan dari serangan penyakit dan bahaya cuaca. Senyawa yang terkandung dalam resin sendiri juga ada beberapa macam yaitu senyawa keton, asam benzoat, steroid, lakton, dan sejumlah vitamin (vitamin B1, B2, B6, A, C, dan E).

  2. Senyawa lilin

    Lilin yang diproduksi oleh lebah pekerja, disekresikan oleh kelenjar lilin lalu dibawa ke bawah perut lebah. Ada 2 macam lilin, yaitu lilin putih atau cera alba dan lilin kuning atau cera flava. Beberapa senyawa yang terkandung di dalam lilin lebah antara lain ikatan ester, asam lemak, dan rantai alkohol hidrokarbon.

  3. Pollen

    Pollen merupakan zat tepung yag berasal dari sari bunga jantan yang dibawa kaki lebah pekerja. Protein dan asam amino merupakan kandungan utama dalam pollen. Sehingga dalam propolis terdapat kandungan arginin dan prolin.

  4. Mineral

    Sejumlah mineral terdapat di dalam propolis. Di antaranya zat besi, magnesium, seng, fosfor, kalium, mangan, flour, kalsium, dan natrium. Mineral terbanyak dalam propolis yaitu zat besi dan seng.


Manfaat propolis untuk segala usia


Manfaat propolis tidak hanya untuk orang remaja saja. Propolis sanggup untuk segala usia. Manfaat propolis untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.



  1. Manfaat propolis bagi balita

    Untuk balita propolis sanggup sebagai imunisasi alami dan membantu perkembangan otak

  2. Manfaat propolis untuk anak-anak

    Propolis baik untuk belum dewasa yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak, menambah nafsu makan, mencegah keterbelakangan mental, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan hormon pertumbuhan.

  3. Manfaat propolis bagi orang sakit

    Orang yang sedang mengalami sakit terkadang makan tidak enak. Propolis ini bermanfaat untuk orang sakit di antaranya, meningkatkan nafsu makan, daya tahan tubuh, menghambat radikal bebas, dan mencegah segala macam penyakit lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

  4. Manfaat propolis bagi perempuan dewasa

    Khusus bagi para perempuan dewasa, propolis bermanfaat untuk menambah kesuburan, melancarkan haid, mencegah dan mengobati penyakit kewanitaan, serta menjaga semoga tetap abadi muda.

  5. Manfaat propolis bagi laki-laki dewasa

    Untuk laki-laki dewasa, propolis berkhasiat sebagai pemulih stamina, melancarkan BAB, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah serta mengobati penyakit prostat, kerikil ginjal, dan penyakit pinggang.

  6. Manfaat propolis bagi perempuan hamil

    Propolis baik untuk perempuan hamil sebab sanggup meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan rahim dari jamur, bakteri, dan virus, membantu pertumbuhan janin, dan melindungi janin dari segala macam penyakit.

  7. Manfaat propolis bagi lansia

    Bagi orang yang sudah lanjut usia, propolis dipakai untuk meingkatkan daya tahan badan dan mencegah serta mengobati reumatik, asam urat, diabetes, stroke, darah tinggi, jantung koroner, atau katarak.


Manfaat propolis tidak hanya untuk orang remaja saja, propolis juga sangat baik untuk segala usia. Untuk mencegah maupun mengobati segala macam penyakit.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kandungan Kimia Dan Manfaat Propolis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel