iklan

Cara Perbanyakan Flora Begonia Ini Gampang Untuk Dilakukan

Tanaman begonia ialah salah satu jenis tumbuhan hias yang berasal dari keluarga Begoniaceae. Spesies tumbuhan hias ini diperkirakan memiliki 1500 jenis dan sudah tersebar merata ke seluruh pelosok dunia. Spesies begonia dikelompokkan menjadi dua yaitu begonia alam dan begonia eksotik. Untuk tumbuhan begonia alam sanggup diartikan sebagai tumbuhan dengan penampilan yang biasa – biasa saja. Sementara untuk begonia eksotik ialah jenis tumbuhan hias yang memiliki penampilan yang menawan dengan bentuk, corak, ukuran dan warna daun yang beragam. Eksotik dan cantik. Dua kata inilah yang seolah menggambarkan keindahan dari sosok tumbuhan begonia.


Untuk memperbanyak tumbuhan begonia ini, Anda sanggup melakukannya dengan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan ialah dengan stek irisan daun. Kelebihan dari stek irisan daun ini ialah dari satu daun bisa menghasilkan beberapa tunas baru. Berikut kami akan berikan langkah – langkah cara memperbanyak begonia dengan stek irisan daun.


Melakukan Sterilisasi Media


Langkah pertama ialah mensterilkan media tanam. Gunakan pasir steril sebagai media stek daun begonia. Mungkin Anda akan bertanya, apa itu pasir steril? Pasir steril bersama-sama hanya pasir biasa yang telah disterilkan. Bagaimana mensterilkannya? Caranya sangatlah mudah. Tampung pasir di dalam wadah, kemudian tuangkah air mendidih ke dalam wadah yang telah berisi pasir tadi. Tutup wadah dan diamkan selama kurang lebih satu hari. Hal ini dilakukan untuk mematikan kuman dan sumber penyakit yang ada di pasir. Setelah sehari buanglah air dan keringkan pasir hingga hambar dan pasir siap untuk Anda gunakan.


Memilih Daun Dan Cara Penanaman Pada Pembibitan


Langkah kedua ialah dengan mempersiapkan daun untuk stek begonia. Pilihlah daun dari tumbuhan indukan yang sehat dan pertumbuhannya baik. Daun yang Anda jadikan materi stek harus terbebas dari banyak sekali penyakit. Ciri daun yang sehat ialah bersih, mulus, tidak cacat dan segar. Gunakan daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Daun ini bisa Anda dapatkan pada penggalan atas daun terbawah pada tumbuhan begonia.


Cucilah daun dengan higienis kemudian tiriskan. Kemudian potong daun dengan membentuk segitiga. Tulang daun harus ada di setiap irisan daun. Siapkanlah media tanam dengan memasukkan pasir yang telah disterilkan ke dalam pot. Kemudian tanam irisan daun. Cara penanamannya sangatlah gampang untuk Anda lakukan. Cukup dengan menancapkan irisan daun ke dalam media dengan penggalan irisan daun yang runcing ditancapkan. Tancapkan dengan sudut kemiringan sekitar 45% dan separuh dari irisan daun menancap pada media tanam.


Tanaman begonia ialah salah satu jenis tumbuhan hias yang berasal dari keluarga Begoniacea Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Praktis Untuk Dilakukan
Memotong daun tumbuhan begonia-emashijaunusantara

Setelah irisan daun tumbuhan begonia tertanam dengan tepat maka tutuplah pot dengan memakai plastik transparan. Kerudungi tumbuhan dengan sempurna. Tujuan digunakannya plastik transparan ialah semoga Anda sanggup memantau perkembangan stek setiap saat. Pengkerudungan juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban yang ada pada media tanam. Air yang menguap akan terperangkap di dalam plastik dan akan tumbuh lagi ke dalam media. Letakkan pot pada daerah yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.


Perawatan Stek Daun Pada Begonia


Dalam waktu sebulan biasanya akar akan mulai tumbuh dan akan diiringi dengan tumbuhnya tunas gres dari masing – masing irisan daun begonia. Pada ketika kondisi tumbuhan menyerupai itu maka Anda sudah sanggup membuka kerudung pada stek. Biarkan selama kurang lebih satu ahad pada daerah yang sama. Jangan memindahkan tumbuhan ke daerah yang terkena matahari langsung. Selama itu Anda sanggup melaksanakan penyiraman. Penyiraman yang dilakukan cukup dengan memercikkan air tipis – tipis sehari sekali saja. Tambahkan juga sedikit pupuk cair pada media tanam stek semoga ketersediaan nutrisi terjaga.


Pasca dua ahad sesudah kerudung stek Anda buka maka tunas sudah siap untuk Anda pindahkan. Cabut dengan perlahan dan hati – hati irisan daun yang telah ditumbuhi tunas. Usahakan semoga akar yang terbentuk tidak terluka. Penggunaan pasir ialah salah satu seni administrasi semoga memudahkan Anda untuk melaksanakan pencabutan. Setelah stek tercabut dengan sempurna, pindahkanlah tumbuhan begonia ke dalam pot individu. Untuk media tanam pada pot individu, Anda bisa memakai adonan tanah, sekam / pasir, dan pupuk kompos. Gunakan perbandingan 1 : 1 : 1 untuk media tanam pada pot individu.


Tanaman begonia akan tumbuh dengan baik dan maksimal kalau tidak mendapat cahaya matahari secara langsung. Oleh alasannya itu Anda bisa menempatkan tumbuhan hias ini pada teras – teras rumah maupun di dalam rumah Anda. Tanaman begonia ialah salah satu jenis tumbuhan yang sanggup Anda pilih sebagai tumbuhan hias di dalam ruangan. Jenis tumbuhan dalam ruangan lainnya yang bisa Anda jadikan rujukan bisa di baca pada artikel berikut ini. Klik di sini


Tanaman begonia ialah salah satu jenis tumbuhan hias yang berasal dari keluarga Begoniacea Cara Perbanyakan Tanaman Begonia Ini Praktis Untuk Dilakukan
Tunas tumbuh pada stek tumbuhan begonia-emashijaunusantara

Demikian tips perbanyakan tumbuhan begonia dengan memakai stek irisan daun. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam begonia di rumah. Selamat mencoba dan terima kasih.





Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Perbanyakan Flora Begonia Ini Gampang Untuk Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel