iklan

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

 Di periode yang serba digital banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui email Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email


Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email -  Di periode yang serba digital banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui email, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana perusahaan belum banyak membuka lowongan melalui email dan para pencari kerja pun masih banyak melaksanakan lamaran kerja lansung ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Tidak jauh beda dengan melamar kerja lansung ke perusahaan, melamar kerja via e-mail juga harus melampirkan dokumen-dokumen menyerupai foto, ktp, ijazah dan dokumen-dokumen yang diharapkan untuk melamar kerja, yang membedakannya hanya melamar kerja secara lansung dan tidak lansung.

Ditengah akomodasi mendapat kanal internet banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mempermudah dalam melaksanakan penerimaan karyawan gres perusahaan. Di samping lebih fleksibel, mengirim lamaran via email juga mempunyai beberapa keuntungan, antara lain:
  • Lebih menghemat waktu,tenaga dan uang, alasannya ialah para pencalon kerja tidak harus jauh-jauh tiba keperusahaan untuk melamar pekerjaan atau tiba ke kantor pos untuk mengirim lamaran pekerjaan
  • Bisa lansung melamar kebanyaak perusahaan, melalui email para pencari kerja sanggup mengirim lamaraan pekerjaan kebanyak perusahaan tanpa harus mengeluarkan ongkos dan panas-panasan.

Ada dua jenis akun  email yang biasa dipakai untuk mengirim lamaran pekerjaan via email.
  • gmail
  • yahoo

kedua akun email ini mempunyai cara yang sama dalam penggunaanya. Sama halnya melamarkan pekerjaan dengan mendatangi perusahaan, dokumen-dokumen yang dibutuhkan lamaran via email juga sama, antara lain: Surat Permohonan Kerja, Curiculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup, Foto 3x4, Ktp, Ijazah, Skhun, Kartu Tanda Pencari Kerja atau Surat Kuning, Surat Keterangan Sehat, Sertifikat Praktek Kerja Lapangan (jika ada) , Surat Keterangan Pengalaman Kerja atau Paklaring (jika ada).

Jika kau hendak melamar kerja via email, dokumen yang akan kau kirim harus discan terlebih dahulu, kalau kau tidak mempunyai scanner kau sanggup menggunakan smartphone kau untuk scanner.
(Baca juga: Cara Praktis Scan Foto dan Dokumen Menggunakan HP Kualitas HD)

Hasil scan kau buat menjadi file jpg atau gambar kemudian masukkan ke dalam microsoft word, kemudian ubah menjadi pdf, kalau belum menciptakan lamaran pekerjaan kau sanggup membaca postingan yang sebelumnya.
(Baca juga: Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Menggunakan HP)

Hal-Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Mengirim Lamaran Kerja Via Emal

1. Menggunakan Email Profesional


Email profesional merupakan email langsung yang kau pakai sehari-hari, email ini juga email yang setiap hari kalian kanal tujuannya untuk update-inbox baik di handphone maupun komputer.

sarankan akun email menggunakan nama orisinil atau nama lengkap menggunakan nama orisinil lebih memperkuat kepercayaan HRD dan akan memperbesar peluang kalian untuk diterima.

2. Menggunakan Subject dan Judul yang Tepat

Hal pertama yang akan dilihat HRD dipesan masuk email perusahaan mereka ialah subject email. Ketika kau mengirim email pastikan maksud dan tujuannya jelas, untuk lebih detailnya lihat di gambar..

 Di periode yang serba digital banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui email Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Banyak para pencari kerja yang tidak memperhatikan hal ini, sehingga HRD pun akan mengabaikan email tersebut dikarenakan maksud dan tujuannya tidak jelas.

3. Menggunakan Body Email Singkat Padat dan Jelas

Untuk mengirim lamaran kerja via email, sarankan untuk menulis body email dengan standar surat lamaran kerja, untuk lebih detailnya lihat pada gambar..

 Di periode yang serba digital banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui email Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email


Banyak pencari kerja diluar sana tidak mengisi apapun dibody email, hal itu merupakan hal fatal alasannya ialah body email ini
menjadi inti point dari surat lamaran kerja kamu.

4. Menggunakan Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Benar dan Ukuran yang Kecil

Untuk surat lamaran kerja via email sangat disarankan ukurannya tidak melebih 2mb, alasannya ialah biasanya perusahaan mempunyai ketentuan untuk ukuran lamaran kerja dan Spam Filter. jadi jangan heran kalau kau sanggup email pemberitahuan dari perusahaan yang menyatakan ukuran surat lamaran kerja kau terlalu besar.

Untuk format dokumen yang dianjurkan ialah pdf alasannya ialah PDF terlihat lebih formal dan rapih dibandingkan format Word

Maka dari itu sebelum mengirim surat lamaran kerja sebaiknya kau perkecil dulu ukuran filenya dan ubah format menjadi PDF.

Nah, kalau sudah paham hal-hal yang harus diperhatikan, berikut ini cara mengirim lamaran kerja via email.

Cara Mengirim Lamaran Via Email

1. Buka browser kemudian login terlebih dahulu ke akun email kamu

2. Selanjutnya sesudah login kemudian klik hidangan tulis.

3. Pada hidangan ini tulislah email tujuan atau email perusahaan, dan dekripsikan ihwal surat lamaran kerja kamu, untuk lebih detailnya sanggup lihat pada gambar.

 Di periode yang serba digital banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui email Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email


4. Selanjutnya upload berkas lamaran kerja kau dengan  klik ikon penjepit kertas, kemudian cari file yang akan di upload.

5. Setelah proses upload tamat selanjutnya klik kirim.

Untuk mengirim banyak email kau sanggup menggunakan Bcc.

Catatan: jangan menentukan hidangan Cc alasannya ialah akan tertangkap berair oleh perusahaan lain, kalau kau mengirim banyak email ke perusahaan.

Selesai, biar apa yang bagikan sanggup membantu kau yang sedang mencari pekerjaan dan mudah-mudahan kau sanggup secepatnya diterima perusahaan yang sesuai dengan harapan kamu.

Sampai disini dulu untuk postingan kali ini, hingga ketemu dipostingan selanjutnya. Akhir kata dari saya terimakasih selamat mencoba dan biar bermanfaat.

Sumber http://jagoantech.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel