iklan

Berikut Cara Menciptakan Pakan Ternak Lovebird Sederhana

Milet ialah pakan burung yang sangat digemari oleh burung – burung pemakan biji ibarat burung finch, parkit, kenari dan lovebird. Milet dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, yang diperlukan oleh burung peliharaan Anda untuk tumbuh dan berkembang. Milet sebagai pakan ternak lovebird sanggup Anda sajikan dengan banyak sekali macam cara. Salah satunya ialah dengan cara dicampur dengan materi pakan lain. Racikan bernutrisi tinggi ini sanggup menciptakan burung Anda lebih sehat, rajin mengeluarkan bunyi, lebih aktif dan mengeluarkan bunyi yang merdu.


Pakan yang berupa milet racikan ini sudah banyak dipakai oleh para penggemar burung di dalam negeri. Pakan ternak lovebird racikan berupa racikan milet dipercaya bisa menjaga kondisi dari burung yang sedang diternakkan. Tips menciptakan sangkar ternak lovebird lengkap, baca di sini


Berikut ialah beberapa macam resep pakan ternak lovebird dan cara meraciknya. Kandungan milet ini mempunyai kandungan yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Cara ini terhitung gampang dan bagi Anda yang seorang pemula dalam ternak lovebird jangan khawatir, Anda pun sanggup menciptakan pakan lovebird sendiri ini di rumah masing – masing. Berikut tipsnya:


Membuat Milet Racikan Sendiri


Sebelum menciptakan milet racikan sendiri ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut materi yang perlu disiapkan:



  • Untuk takarannya Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah ternak lovebird Anda.

  • Beberapa butir telur ayam.

  • Tulang sotong.


Milet ialah pakan burung yang sangat digemari oleh burung  Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana
Bahan pakan ternak lovebird-udjalaksuren

Cara pembuatan pakan ternak lovebird dari milet:



  • Sebelum Anda memakai milet, sebaiknya keringkan terlebih dahulu semoga kulitnya yang keras sanggup menyerap materi – materi dari pakan lainnya dan bisa meresap masuk ke dalam biji milet. Untuk mengeringkan biji milet Anda sanggup memakai cara yaitu dijemur pribadi di bawah sinar matahari selama beberapa jam atau Anda sanggup memakai panggangan listrik dengan suhu yang dipakai berkisar 150 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 3 – 5 menit.

  • Setelah kulit milet kering maka milet akan gampang untuk menyerap materi pakan yang nanti akan dicampurkan bersamanya. Simpan milet yang telah kering ke mangkok atau piring. Selanjutnya ialah mengolah materi adonan lainnya.

  • Cuci telur dengan memakai air yang bersih. Kemudian telur dipecah dan isinya dikumpulkan dalam satu wadah atau mangkok. Aduk telur hingga semua bercampur dengan merata.

  • Kulit telur atau cangkang telur yang telah Anda gunakan jangan dibuang. Kumpulkan kembali dan keringkan dengan cara di panggangan selama beberapa menit.

  • Setelah kulit telur kering maka langkah selanjutnya dalam menciptakan pakan ternak lovebird ialah memblender kulit telur hingga menjadi tepung.

  • Siapkan tulang sotong kemudian ambillah bab tengahnya yang berwarna putih kemudian blender hingga menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras bisa Anda buang.

  • Kemudian campurkan semua materi tadi ke dalam adonan telur yang sebelumnya telah Anda siapkan. Aduk hingga semua larutan tercampur secara merata.


Selain memakai milet, untuk menciptakan pakan ternak lovebird Anda sanggup memakai materi yaitu fumayin. Lalu, bagaimana cara meramu fumayin untuk burung kesayangan Anda? Berikut beberapa cara meramu fumayin:


Bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut:



  • 250 gram jagung.

  • 500 gram kacang.

  • 500 gram kedelai.

  • 250 gram tepung bekatul.

  • 50 gram tepung biji fumayin.

  • 1 gram bird mineral.


Cara meramu racikan pakan ternak lovebird dengan memakai tepung fumayin:


Tumbuh kedelai, jagung dan kacang hijau hingga menjadi tepung. Kemudian sangrai tepung bekatul dan campur hingga merata tepung – tepung tersebut. Perbandingan yang dipakai dalam mencampur tepung tersebut ialah tepung jagung  1 bagian, tepung kacang hijau 2 bagian, tepung kedelai 2 bab dan tepung bekatul 1 bagian.


Setelah adonan tepung rata maka Anda bisa menambahkan tepung fumayin dan bird mineral.


Cara lain memakai fumayin sebagai pakan ternak lovebird



  • Campurkan tepung fumayin di dalam pakan voer atau pakan jadi dari pabrikan dengan memakai perbandingan 5 gram tepung fumayin untuk setiap 2,5 ons pakan voer pabrikan. Aduk secara perlahan adonan tersebut hingga rata. Lakukan perlahan semoga pakan voer tidak hancur.

  • Siapkan tepung fumayin dengan dosis 1 gram. Kemudian tambahkan air mendidih kurang lebih 20 ml atau sekitar 5 sendok makan. Aduk hingga rata kemudian dinginkan. Setelah cuek airnya sanggup Anda gunakan sebagai air minum burung sedangkan endapannya sanggup Anda oleskan ke buah yang akan dipakai sebagai pakan. Selain itu Anda juga sanggup memakai endapan tersebut dengan cara dikeringkan lagi dan bisa dipakai sebagai adonan pakan ternak lovebird Anda.


Milet ialah pakan burung yang sangat digemari oleh burung  Berikut Cara Membuat Pakan Ternak Lovebird Sederhana
Gambar tepung fumiyam-bukalapak

Demikian tips menciptakan pakan ternak lovebird sederhana untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih. Tips ternak lovebird untuk pemula sanggup Anda baca pada artikel berikut ini. Di dalam artikel ini lengkap membahas bagaimana cara ternak lovebird bagi pemula. Klik di sini. 


sumber gambar: petsid




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikut Cara Menciptakan Pakan Ternak Lovebird Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel