iklan

4 Cara Bijak Memakai Kartu Kredit

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai yang sanggup dipakai oleh konsumen untuk membeli barang dan jasa ke daerah merchant yang mendapatkan kartu kredit.

 merupakan alat pembayaran sebagai pengganti  4 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Dengan kartu kredit, pembeli membeli barang atau jasa dari merchant dengan memakai uang bank. Pada ketika jatuh tempo, bank akan mengirimkan tagihan kepada pembeli.

Dana yang bisa dipakai oleh nasabah pemegang kartu kredit tergantung limit yang diberikan oleh bank. Semakin besar limit yang diberikan oleh bank, semakin besar kesempatan nasabah membelanjakan kartu kreditnya alasannya yaitu pemegang kartu kredit seakan-akan membawa banyak uang tunai tanpa perlu repot-repot membawa uang tersebut.

Karena godaan kepraktisan inilah, banyak pemegang kartu kredit kehilangan kontrol dalam menggunakannya. Untuk itu, kita harus cermat dan bijak dalam memakai kartu kredit.

Berikut ini yaitu 5 cara bijak memakai kartu kredit.

1. Miliki Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Dewasa ini sering kita lihat orang yang mempunyai lebih dari satu kredit. Pada umumnya, mereka alasannya yaitu tergiur dengan promo-promo yang diberikan. Misalnya, diskon di merchant tertentu, bebas biaya keanggotaan, bunga yang lebih kecil dll. Milikilah kartu kredit sesuai kebutuhan. Jika satu kartu kredit sudah cukup untuk kebutuhan kamu, tahanlah untuk apply kartu kredit lain.

2. Periksa Daftar Transaksi Tagihan

Pada ketika tagihan kartu kredit datang, periksalah daftar tagihan dengan secama. Apakah tagihan yang kau terima sesuai dengan daftar barang atau jasa yang kau beli? Jika ada tagihan yang janggal, telusuri lebih lanjut. Untuk bisa melaksanakan pengecekan daftar tagihan, kau harus mempunyai catatan belanya yang detail. Buat yang malas mencatat secara manual, kau juga bisa memakai aplikasi smartphone.

3. Batasi Limit Kartu Kredit

Batasi limit kartu kredit sebesar kemampuan yang kau mempunyai untuk membayar tagihan. Jangan hingga menyerupai pepatah, besar pasak daripada tiang alias pengeluaranmu dengan kartu kredit lebih besar dari honor atau penghasilan yang kau terima.

4. Bijak Dalam Memutuskan

Saat kau melihat penawaran menarik dari merchant, tanyalah kembali ke diri sendiri: Apakah barang-barang tersebut benar-benar saya butuhkan? Selalu bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kebutuhan pun tidak semuanya lantas harus dibeli. Buat lah skala prioritas kebutuhan.

Originally posted 2016-10-07 13:15:09.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Bijak Memakai Kartu Kredit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel