Hyundai Getz Ketika Mesin Panas Tidak Dapat Di Gas
Halo teman otomotif semua, kali ini saya akan bertukar pengalaman mengenai troubelshooting pada kendaraan beroda empat Hyundai Getz SOHC,
Awal cerita, pelanggan tiba dan saya tanya keluhan pada kendaraan beroda empat yang dibawa oleh pelanggan, dan si pelanggan menunjukan keluhan mesin kendaraan beroda empat mbrebet, dan saat saya lihat kondisi mesin emang mbrebet nggak sanggup buat jalan, saya mengarahkan pelanggan semoga kendaraan beroda empat diservis tune up dulu untuk mengecek semua sistem, dari sistem pengapian dan suplai materi bakar.
Ketika ditune up, saya lihat kondisi busi, filter bensin, dan filter udara. Ternyata kondisi semua komponen masih elok kemudian saya pasang lagi menyerupai semula, kemudian mesin saya starter alhasil mesin tidak mbrebet lagi, kemudian saya test drive sejauh kurang lebih 5 Km, kendaraan beroda empat kumat lagi mbrebetnya, dan mogok. distarter juga nggak mau hidup mesinnya, sehabis mesin hambar mesin mau hidup lagi saya bawa ke bengkel dan saya check kondisi pompa bensin ternyata tekanan bensin lemah, kemudian saya minta yang punya kendaraan beroda empat membelikan pompa bensin yang bagus, dapetnya malah brand "NUK". ya udah saya pasang aja mesin hambar masih normal dan stabil saat mesin udah mulai panas dan mau saya test drive malah kumat lagi mbrebetnya dan mogok maning. Karena hari sudah sore, yang punya kendaraan beroda empat saya suruh pulang dulu dan saya pulang untuk menjernihkan pikiran alasannya yakni masalah-masalah bengkel. hehehehe
Esok harinya saya check kelistrikan sensor-sensor injeksinya, berdasarkan pengalaman, kalo mesin bermsalah saat panas dan mogok biasanya bermasalah pada sensor CKPnya, dan ternyata benar kabel-kabel disekitar sensor CKP konsleting, pada awut-awutan solasinya dan 2 kabel saling berhubungan, dan itu sanggup menyebabkan suplai data ke ECU terganggu, saya coba perbaiki dan rapikan kabel-kabelnya, tapi masih aja kendaraan beroda empat kumat lagi brebetnya, saya berfikir sensor CKP sudah rusak dan saya beli sensornya dengan harga 400.000 yang original barangnya, soalnya nggak sanggup dituker kalo rusak.hehehe
Karena kemaren saya udah minta pompa bensin dan ternyata nggak sembuh, nggak lezat donk kalo mau minta suku cadang lagi.Sparepart udah dapet dan saya pasang, mesin saya starter hidup normal, dan eksklusif saya test jalan kan sama temen-temen... dan lagi-lagi apa yang saya takutin terjadi, penyakit akutnya kumat lagi udah ganti suku cadang masih aja nggak sembuh-sembuh. Saya check lagi sistem kelistrikannya ternyata nggak ada masalah, kemudian saya check pompa bensinnya lagi saya bongkar lagi rumah pompa bensin yang ada didalam tangki bensin, ternyata rumah pompa bensin yang berbahan plastik pecah, saya coba tambal pakai lem plastik steel dulu soalnya kalo saya minta ganti ntar kasihan pelanggan abis duit banyak, sehabis tambalan kering, pompa bensin saya pasang, sehabis rapi mesin saya hidupkan sekitar 15 menit, kondisi idle stabil, kemudian saya coba test jalan, dan mesin masih juga stabil buat akselerasi juga nggak mbrebet lagi,,,, gara-gara problem spele otak dibikin muter-muter
NB : lebih telitilah dalam menyidik suatu komponen.
Semoga bermanfaat buat para mekanik, dan para pembaca setia blog saya... salam otomotif
Awal cerita, pelanggan tiba dan saya tanya keluhan pada kendaraan beroda empat yang dibawa oleh pelanggan, dan si pelanggan menunjukan keluhan mesin kendaraan beroda empat mbrebet, dan saat saya lihat kondisi mesin emang mbrebet nggak sanggup buat jalan, saya mengarahkan pelanggan semoga kendaraan beroda empat diservis tune up dulu untuk mengecek semua sistem, dari sistem pengapian dan suplai materi bakar.
Ketika ditune up, saya lihat kondisi busi, filter bensin, dan filter udara. Ternyata kondisi semua komponen masih elok kemudian saya pasang lagi menyerupai semula, kemudian mesin saya starter alhasil mesin tidak mbrebet lagi, kemudian saya test drive sejauh kurang lebih 5 Km, kendaraan beroda empat kumat lagi mbrebetnya, dan mogok. distarter juga nggak mau hidup mesinnya, sehabis mesin hambar mesin mau hidup lagi saya bawa ke bengkel dan saya check kondisi pompa bensin ternyata tekanan bensin lemah, kemudian saya minta yang punya kendaraan beroda empat membelikan pompa bensin yang bagus, dapetnya malah brand "NUK". ya udah saya pasang aja mesin hambar masih normal dan stabil saat mesin udah mulai panas dan mau saya test drive malah kumat lagi mbrebetnya dan mogok maning. Karena hari sudah sore, yang punya kendaraan beroda empat saya suruh pulang dulu dan saya pulang untuk menjernihkan pikiran alasannya yakni masalah-masalah bengkel. hehehehe
Esok harinya saya check kelistrikan sensor-sensor injeksinya, berdasarkan pengalaman, kalo mesin bermsalah saat panas dan mogok biasanya bermasalah pada sensor CKPnya, dan ternyata benar kabel-kabel disekitar sensor CKP konsleting, pada awut-awutan solasinya dan 2 kabel saling berhubungan, dan itu sanggup menyebabkan suplai data ke ECU terganggu, saya coba perbaiki dan rapikan kabel-kabelnya, tapi masih aja kendaraan beroda empat kumat lagi brebetnya, saya berfikir sensor CKP sudah rusak dan saya beli sensornya dengan harga 400.000 yang original barangnya, soalnya nggak sanggup dituker kalo rusak.hehehe
Karena kemaren saya udah minta pompa bensin dan ternyata nggak sembuh, nggak lezat donk kalo mau minta suku cadang lagi.Sparepart udah dapet dan saya pasang, mesin saya starter hidup normal, dan eksklusif saya test jalan kan sama temen-temen... dan lagi-lagi apa yang saya takutin terjadi, penyakit akutnya kumat lagi udah ganti suku cadang masih aja nggak sembuh-sembuh. Saya check lagi sistem kelistrikannya ternyata nggak ada masalah, kemudian saya check pompa bensinnya lagi saya bongkar lagi rumah pompa bensin yang ada didalam tangki bensin, ternyata rumah pompa bensin yang berbahan plastik pecah, saya coba tambal pakai lem plastik steel dulu soalnya kalo saya minta ganti ntar kasihan pelanggan abis duit banyak, sehabis tambalan kering, pompa bensin saya pasang, sehabis rapi mesin saya hidupkan sekitar 15 menit, kondisi idle stabil, kemudian saya coba test jalan, dan mesin masih juga stabil buat akselerasi juga nggak mbrebet lagi,,,, gara-gara problem spele otak dibikin muter-muter
NB : lebih telitilah dalam menyidik suatu komponen.
Semoga bermanfaat buat para mekanik, dan para pembaca setia blog saya... salam otomotif
Sumber http://agungwibowo92.blogspot.com
0 Response to "Hyundai Getz Ketika Mesin Panas Tidak Dapat Di Gas"
Posting Komentar