iklan

Nasib Sanari, Pejuang Kemerdekaan Yang Terlupakan

Sanari, Pejuang Kemerdekaan Indonesia Yang
Nasibnya Terlunta-lunta
Sekilas tak seorangpun tau bila orang bau tanah dengan badan yang ringkih, dibalut pakaian lusuh dan sarung serta mengenakan peci hitam dengan membawa beberapa ikat sapu lidi ini ialah jagoan yang dulu turut berjuang melawan penjajah

Sanari salah satu Pejuang kemerdekaan melawan penjajah yang sekarang harus hidup dibawah garis kemeskinan. Impian yang sering muncul kala usia senja ialah naik haji. Tapi bagi Sanari mimpi itu sangatlah tidak mungkin, hasil jualan sapu lidi sekarang dia harus tabung untuk dapat menyebarkan mendapat sesuap nasi. Mimpi yang dia rangkai sekarang Sanari berharap masih punya cukup waktu menabung, demi membeli kain kafan untuk bekal ketika dia meninggal nanti.


Sanari hanyalah satu dari sekian banyak p0juang Indonesia yang nasibnya menyedihkan. Jika dulu mereka dengan gagah berani dan tak gentar menghadapi pasukan penjajah, sekarang Sanari dan kawan-kawan seakan tak berdaya menghadapi kerasnya dunia yang katanya sudah merdeka. 

"Bangsa yang besar ialah bangsa yang  menghargai jasa pahlawannya" hanya tampak ibarat selogan kosong manakala kita menyaksikan nasib Sanari dan kawan-kawan. Betapa angkuh dan sombongnya kita yang seolah menutup mata kepada mereka yang telah mengorbankan harta benda dan bahkan nyawanya untuk mengantarkan Indonesia ke masa kemerdekaan.

Foto : KCPI
Editor : Mj

Sumber http://mjumani.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Nasib Sanari, Pejuang Kemerdekaan Yang Terlupakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel