iklan

Menjadikan Flashdisk Kebal Terhadap Virus

Cuma colok sebentar, tahu-tahu sudah tertular. Bagaimana sih menciptakan flashdisk dapat kebal dari penularan virus?

Mari kita simak terlebih dahulu mengapa penyebaran virus dapat begitu cepat. Sumber permasalahan ialah kemudahan autorun yang ada di sistem operasi Windows.

Sebenarnya, autorun yang ada semenjak kurun Windows XP mempunyai niat baik, yaitu memudahkan pengguna. Setiap kali kita memasukkan media eksternal (baik CD/DVD atau flashdisk), file autorun.inf di dalam media eksternal tersebut pribadi berjalan biar isi di dalamnya dapat pribadi dimainkan. Contohnya ketika Anda memasukkan CD musik, Windows pribadi menjalankan Windows Media Player atau Winamp.

Namun niat baik tersebut ternyata dimanfaatkan para pembuat virus untuk menularkan virus. Dengan memodifikasi file autorun.inf, virus dapat pribadi berjalan dan menularkan agenda jahat setiap kali flashdisk tertancap di komputer. Bisa pula sebaliknya: komputer pribadi menularkan virus file autorun.inf ke setiap flashdisk yang pernah tertancap.

Lalu, bagaimana solusinya? Menilik cara kerja penularan virus, konsepnya sederhana. Di sisi komputer, jaga biar file autorun tidak usah berjalan. Sedangkan di sisi flashdisk, pastikan autorun tidak pernah dapat dimodifikasi.

Untuk melaksanakan kedua hal tersebut, cara gampangnya ialah dengan memakai aplikasi menyerupai BitDefender Immunizer atau Panda USB Vaccine. Kedua aplikasi ini akan melindungi komputer maupun flashdisk dari penularan virus. Caranya menyerupai kami sebut di atas: menonaktifkan autorun di komputer, sekaligus melindungi file autorun.inf dari modifikasi si pembuat virus.

Kedua aplikasi ini gratis, tinggal download ajja, Cara menggunakannya praktis saja. Jalankan aplikasi tersebut, kemudian mereka akan mendeteksi apakah kemudahan autorun di komputer Anda aktif. Jika iya, aplikasi tersebut akan memperlihatkan Anda untuk mematikan kemudahan tersebut (dan sebaiknya Anda lakukan).

Setelah itu, Anda tinggal imunisasi flashdisk yang hendak Anda lindungi. Pilih flashdisk dari hidangan yang ada, kemudian tekan Immunize atau Vaccine. Sesaat kemudian, file autorun.inf di flashdisk Anda akan diganti dengan yang gres dan kebal penularan.

Jangan khawatir, file pekerjaan, kuliah, dan file penting lain di dalamnya tidak ada yang diubah kok.

Nah, praktis kan menciptakan flashdisk Anda kebal virus?

Sumber http://mochamedbagil.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menjadikan Flashdisk Kebal Terhadap Virus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel