iklan

Manfaat Daun Sepat Atau Mahang Damar

Dalam beberapa pekan terakhir, popularitas pohon Mahang Damar atau Macaranga triloba (Bl.)Muell Arg mendadak meroket khususnya bagi warga Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Taman yang lebih banyak tumbuh liar ini sekarang diperebutkan oleh warga karena daunnya bernilai ekonomis. Daun Mahang Damar atau oleh warga setempat disebut daun sapat (daun sepat) dikumpulkan untuk dijual kepada pengumpul. Di pengepul daun sapat ini dihargai Rp 2.500,- perkilogram (daun basah) namun bila dijual dalam keadaan kering dihargai Rp 9.000,- perkilogramnya.
Muell Arg mendadak meroket khususnya bagi warga Hulu Sungai Tengah Manfaat Daun Sepat Atau Mahang Damar
Daun Sepat (Mahang Damar)
Berdasarkan buku karangan Sastrapradja, Setijati Et Al. (Mahang Damar Macaranga Triloba (Bl.)Muell Arg), Mahang damar atau Tanaman Daun Sepat ini umumnya tumbuh di hutan belukar tua, kawasan padang terbuka dan hutan primer yang dibuka. Penyebarluasannya terbatas di dataran rendah atau tempat yang berbukit dengan ketinggian sekitar 100 m dpl. Pohon Mahang Damar berukuran sedang, tingginya sanggup mencapai 35 m. Batang bebas cabangnya sanggup hingga 25 m.Batangnya bulat,halus dan berwarna agakabu-abu kehijauan. Diameter batang sanggup mencapai 70 cm dan kadang kala berbanir tetapi kecil. Kayunya ringa dengan BJ. 0,45.Kelas keawetan V dan kelas kekuatanIII.

Manfaat Tumbuhan Daun Sepat atau Mahang Damar ini Kulitnya mengeluarkan gom yang baik untuk industri lem. Kulit yang dicampur dengan daun muda atau kuncup dan buahnya dipakai sebagai obat tradisional. Selain itu batang kayu tumbuhan ini juga dipakai untuk kayu bakar.

Referensi : 
http://kalsel.antaranews.com/berita/25728/daun-sapat-tumpuan-ekonomi-baru-warga-hst
http://elib.pdii.lipi.go.id/katalog/index.php/searchkatalog/byId/214323

Punya Buku Bekas Layak Baca ? Sumbangkan di Taman Baca Baraoi



Sumber http://mjumani.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Sepat Atau Mahang Damar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel