iklan

Mahasiswa Unair Buat “Bioethanol Heater” Dan Raih Juara National Innovation Contest 2013


Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menciptakan "bioethanol heater" dan berhasil menyabet juara I dalam ajang "National Innovation Contest" (NIC) 2013 yang diselenggarakan Institut Teknologi Bandung pada 1-3 Januari lalu.
Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Ardhy Purwo Nugroho dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Muhammad Umar Safari (FST) dan Muhammad Baidowi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB).
"Ide alat itu berawal dari keprihatinan kami akan semakin menipisnya ketersediaan materi bakar fosil dan Bioethanol diperlukan sanggup menjadi alternatif materi bakar yang ramah lingkungan," kata Ardhy.
Ia menjelaskan bahwa titik nyala bioethanol itu jauh lebih besar dibandingkan dengan bensin sehingga disarankan penggunaannya dicampur dengan bensin.
"Dari situ, muncul inspirasi untuk menciptakan alat yang berfungsi memanaskan Bioethanol sehingga lebih gampang mencapai titik nyala sempurna. Dengan suhu yang ditingkatkan, bioetanol akan lebih gampang mencapai titik nyalanya, dikala masuk mesin dan terkena percikan api maka dengan gampang bioethanol terbakar," urainya.
Alat "Bioethanol Heater" itu bentuknya sederhana, menyerupai tabung termos kecil dengan diameter 6 cm dan tinggi 10 cm. Di dalamnya, terdapat elemen untuk memanaskan bioethanol dan pipa spiral tembaga untuk mengalirkan bioethanol ke karbulator.
"Tidak menyangka bakal keluar sebagai juara I dalam kompetisi untuk menyemarakkan 'Mechanical Festival' ITB itu. Awalnya, kami hanya menargetkan posisi sebagai juara III,"kata Ardhy.
Tim ini menerima nilai terbaik pada poin evaluasi level inovasi, fungsi dan kegunaan, efisiensi biaya dan manufacturability.
Ke depan, mereka berencana untuk menyebarkan alat pemanas bioetanol itu."Nantinya, kami akan coba memanfaatkan panas knalpot sebagai pemanas, jadi tidak usah mengambil daya dari aki," terangnya.


Sumber http://rizalsuhardieksakta.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahasiswa Unair Buat “Bioethanol Heater” Dan Raih Juara National Innovation Contest 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel