iklan

Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 (K13)

Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 (K13)
Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, evaluasi diri (self assessment), evaluasi antarpeserta didik (peer assessment), dan jurnal. Instrumen observasi, evaluasi diri, dan evaluasi antarpeserta didik  berupa daftar cek (check list) atau skala evaluasi (rating scale) disertai rubrik.  Rubrik ialah daftar kriteria yang memperlihatkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu. Jurnal berupa catatan guru ihwal kekuatan, kelemahan, sikap dan sikap akseptor didik di dalam dan di luar kelas .

Contoh Kriteria Semangat Belajar

KRITERIA
INDIKATOR
Sangat Baik (SB)
Selalu bersemangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Sudah konsisten
Baik (B)
Sering memperlihatkan semangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Mulai konsisten
Cukup (C)
Kadang-kadang menunjukkan semangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Belum konsisten
Kurang (K)
Tidak pernah bersemangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Tidak konsisten

Komponen evaluasi sikap menyesuaikan dengan tuntutan KD yang ada, misal dalam kompetensi
Dasar 2.1 Menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Contoh Rubrik Rinci Sikap Santun
No
Aspek Pengamatan
Muncul/dilakukan
SB
B
C
K
1
Menghormati orang yang lebih tua




2
Mengucapkan terima kasih sesudah mendapatkan proteksi orang lain




3
Menggunakan bahasa santun ketika memberikan pendapat




4
Menggunakan bahasa santun ketika mengkritik pendapat teman




5
Menerapkan 3 S (salam, senyum, sapa) ketika bertemu orang lain




PROFIL SIKAP SANTUN
  


Hasil-Hasil observasi evaluasi sikap selanjutnya di olah untuk mendapatkan profil sikap secara umum.

Contoh Hasil Observasi Penilaian Sikap

No
Nama
Kriteria Sikap
Profil sikap secara umum
Semangat Belajar
Santun
Peduli
1
Adi
B
B
C
B
2
Budi
B
B
B
B


Komponen evaluasi sikap yang kedua sesudah Observasi ialah Penilaian Diri, dari empat komponen evaluasi sikap, evaluasi diri dan evaluasi antar akseptor didik ialah instrumen yang di isi oleh akseptor didik, sebaliknya Observasi dan Jurnal di isi oleh Tenaga Pendidik (guru).

Contoh Check List Penilaian Diri (Self assessment)
NO
PERNYATAAN
YA
TIDAK
1
Pembelajaran Biologi menyenangkan bagi saya
2
Saya tidak pernah menyontek pada waktu ulangan dan ujian
3
Saya tidak berminat menjadi hebat hewan
4
Saya menyukai tumbuhan

Contoh Instrumen Penilaian Antar Peserta Didik

No
Perilaku/sikap
Muncul/dilakukan
SB
B
C
K
1
Mau mendapatkan pendapat sahabat




2
Tidak memaksakan kehendak




3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
4
Sabar menunggu giliran berbicara
5
Santun dalam berargumentasi
Profil sikap
  

Keterangan :
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang


Contoh Jurnal

Mata Pelajaran          : Biologi
Nama Peserta Didik  : Agus Prasetyo
Kelas/Tahun Pelajaran         : X / 2013-2014
No
Waktu
Kejadian/perilaku
+/-
Tindak Lanjut
1
Senin, 3 Febr.2014 Pk. 09.10
Meninggalkan laborato- rium tanpa membersih-kan meja dan alat-alat yang sudah digunakan




-
Dipanggil untuk membersihkan meja dan alat-alat yang sudah dipakai. Dilakukan pembinaan
2
Senin, 10 Febr.2014
Pk. 08.30

Melaporkan bahwa ia memecahkan tabung reaksi tanpa sengaja sewaktu melaksanakan praktikum





+
Diberi apresiasi sebab kejujurannya. Diingatkan biar lain kali lebih berhati-hati

3.
dst..
dst..
dst..
dst..


Sumber http://mjumani.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 (K13)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel