Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 (K13)
Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 (K13)
Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, evaluasi diri (self assessment), evaluasi antarpeserta didik (peer assessment), dan jurnal. Instrumen observasi, evaluasi diri, dan evaluasi antarpeserta didik berupa daftar cek (check list) atau skala evaluasi (rating scale) disertai rubrik. Rubrik ialah daftar kriteria yang memperlihatkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu. Jurnal berupa catatan guru ihwal kekuatan, kelemahan, sikap dan sikap akseptor didik di dalam dan di luar kelas .
Contoh Kriteria Semangat Belajar
KRITERIA | INDIKATOR |
Sangat Baik (SB) | Selalu bersemangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Sudah konsisten |
Baik (B) | Sering memperlihatkan semangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Mulai konsisten |
Cukup (C) | Kadang-kadang menunjukkan semangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Belum konsisten |
Kurang (K) | Tidak pernah bersemangat dalam mencar ilmu bahasa Inggris – Tidak konsisten |
Komponen evaluasi sikap menyesuaikan dengan tuntutan KD yang ada, misal dalam kompetensi
Dasar 2.1 Menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Contoh Rubrik Rinci Sikap Santun
No | Aspek Pengamatan | Muncul/dilakukan | |||
SB | B | C | K | ||
1 | Menghormati orang yang lebih tua | ||||
2 | Mengucapkan terima kasih sesudah mendapatkan proteksi orang lain | ||||
3 | Menggunakan bahasa santun ketika memberikan pendapat | ||||
4 | Menggunakan bahasa santun ketika mengkritik pendapat teman | ||||
5 | Menerapkan 3 S (salam, senyum, sapa) ketika bertemu orang lain | ||||
PROFIL SIKAP SANTUN |
Hasil-Hasil observasi evaluasi sikap selanjutnya di olah untuk mendapatkan profil sikap secara umum.
Contoh Hasil Observasi Penilaian Sikap
No | Nama | Kriteria Sikap | Profil sikap secara umum | ||
Semangat Belajar | Santun | Peduli | |||
1 | Adi | B | B | C | B |
2 | Budi | B | B | B | B |
Komponen evaluasi sikap yang kedua sesudah Observasi ialah Penilaian Diri, dari empat komponen evaluasi sikap, evaluasi diri dan evaluasi antar akseptor didik ialah instrumen yang di isi oleh akseptor didik, sebaliknya Observasi dan Jurnal di isi oleh Tenaga Pendidik (guru).
Contoh Check List Penilaian Diri (Self assessment)
NO | PERNYATAAN | YA | TIDAK |
1 | Pembelajaran Biologi menyenangkan bagi saya | ||
2 | Saya tidak pernah menyontek pada waktu ulangan dan ujian | ||
3 | Saya tidak berminat menjadi hebat hewan | ||
4 | Saya menyukai tumbuhan |
Contoh Instrumen Penilaian Antar Peserta Didik
No | Perilaku/sikap | Muncul/dilakukan | |||
SB | B | C | K | ||
1 | Mau mendapatkan pendapat sahabat | ||||
2 | Tidak memaksakan kehendak | ||||
3 | Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan | ||||
4 | Sabar menunggu giliran berbicara | ||||
5 | Santun dalam berargumentasi | ||||
Profil sikap |
Keterangan :
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
Contoh Jurnal
Mata Pelajaran : Biologi
Nama Peserta Didik : Agus Prasetyo
Kelas/Tahun Pelajaran : X / 2013-2014
No | Waktu | Kejadian/perilaku | +/- | Tindak Lanjut |
1 | Senin, 3 Febr.2014 Pk. 09.10 | Meninggalkan laborato- rium tanpa membersih-kan meja dan alat-alat yang sudah digunakan | - | Dipanggil untuk membersihkan meja dan alat-alat yang sudah dipakai. Dilakukan pembinaan |
2 | Senin, 10 Febr.2014 Pk. 08.30 | Melaporkan bahwa ia memecahkan tabung reaksi tanpa sengaja sewaktu melaksanakan praktikum | + | Diberi apresiasi sebab kejujurannya. Diingatkan biar lain kali lebih berhati-hati |
3. | dst.. | dst.. | dst.. | dst.. |
0 Response to "Instrumen Evaluasi Perilaku Kurikulum 2013 (K13)"
Posting Komentar