iklan

8 Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Dari Fisiknya + Gambar

Burung pleci yakni salah satu burung kicau yang remaja ini semakin nge-trend di kalangan pencinta burung Indonesia. Selain lantaran perawatannya yang mudah, burung pleci banyak dipelihara lantaran dia mempunyai bunyi kicauan yang merdu dan indah. Adapun bagi para pehobi burung pemula, membedakan jenis kelamin pleci sering kali menjadi problem tersendiri. Kebanyakan mereka tidak mengetahui menyerupai apa ciri-ciri dan perbedaan pleci jantan dan betina baik dari segi fisik maupun dari perilakunya. Oleh lantaran itu, pada artikel kali ini kami akan mengulas pembahasannya untuk Anda. Silakan disimak!

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Sama menyerupai burung lovebird atau kenari, perbedaan burung pleci jantan dan betina juga utamanya sanggup dilihat dari kenampakan fisiknya. Bentuk kepala, paruh, warna bulu, klep mata, bentuk badan, ekor serta kloaka mereka sanggup menjadi indikator petunjuk jenis kelaminnya. Secara sederhana, perbedaan pleci jantan dan betina telah kami sajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut

Burung pleci yakni salah satu burung kicau yang remaja ini semakin nge 8 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina dari Fisiknya + Gambar

Perbedaan Pleci Jantan Pleci Betina
Kepala Lebih besar dan bulat Lebih kecil
Paruh Pendek Relatif panjang
Warna bulu Lebih tajam Kusam
Klep mata Putus-putus dan tebal bab bawah Tebal tanpa putus
Badan Lebih panjang Lebih pendek dan bulat
Ekor Lebih panjang dengan ujung berbentuk huruf  V atau lancip di ujungnya Pendek dan bab ujung rata membentuk karakter U
Kloaka Menonjol Tidak menonjol

1. Perbedaan Bentuk Kepala

Bentuk kepala pleci jantan dan betina akan terlihat begitu terperinci berbeda. Pleci jantan umumnya mempunyai kepala dengan ukuran lebih besar dengan bentuk yang membulat, sementara pleci betina sebaliknya. Pleci betina umumnya mempunyai kepala yang relatif lebih kecil.

2. Perbedaan Bentuk Paruh

Perbedaan pleci jantan dan betina juga sanggup dilihat dari bentuk paruhnya. Paruh pleci jantan akan terlihat berukuran lebih pendek, sementara paruh pleci betina relatif lebih panjang. Perbedaan paruh antara pleci jantan dan betina sanggup Anda lihat pada gambar ilustrasi di bawah ini.

3. Perbedaan Warna Bulu

Selain suara, keindahan bulu juga menjadi salah satu faktor yang memilih nilai jual seekor burung hias. Pleci jantan umumnya mempunyai bulu dengan warna yang tajam, sementara pleci betina sering kali ditemukan dengan bulu yang lebih kusam. Oleh karenanya, biasanya pleci jantan dihargai dengan nominal yang lebih mahal.

4. Perbedaan Klep Mata

Burung pleci termasuk jenis burung berkacamata (Zosteropidae), hal ini lantaran pada bab kelopak matanya dikelilingi oleh warna hitam putih yang sangat kontras. Nah, dari matanya ini juga kita sanggup membedakan apakah burung pleci termasuk berjenis kelamin jantan atau betina. Burung pleci jantan umumnya mempunyai klep mata yang tebal dan putus-putus, sementara pleci betina mempunyai klep mata yang tebal tapi tidak putus-putus.

5. Perbedaan Badan dan Ekor

Sama menyerupai kebanyakan burung lainnya, tubuh pleci jantan umumnya akan terlihat lebih panjang dan ramping dengan ekor lancip membentuk karakter V. Sementara pleci betina umumnya mempunyai tubuh yang membulat dilengkapi dengan ekor papak rata membentuk karakter U.

6. Perbedaan Kloaka

Dan, perbedaan pleci jantan dan betina yang terakhir dan yang paling efektif sanggup kita lihat dari kloaka atau lubang pembuangannya. Kloaka pleci jantan umumnya akan menonjol terutama saat ditiup, sementara pleci betina kloakanya terlihat lebih papak. Perbedaan kloaka pleci jantan dan betina sanggup Anda lihat pada gambar di atas.

Demikianlah beberapa perbedaan pleci jantan dan betina yang sanggup kami sampaikan. Cukup kontras bukan? Nah, sehabis membaca artikel ini kami yakin Anda akan sanggup dengan gampang membedakan kelamin pleci Anda, sehingga tidak akan tertipu lagi oleh penjual burung yang curang. Semoga bermanfaat!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina Dari Fisiknya + Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel