iklan

6 Perbedaan Anekdot Dan Humor Yang Harus Kau Tahu!

Semua orang niscaya akan tertawa ketika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu. Sesuatu yang lucu menyerupai kisah anekdot dan humor misalnya, merupakan stimulan yang sanggup menciptakan seseorang merespon psikologi dan pikirannya untuk meluapkan kesenangannya dengan tertawa.

Anekdot dan humor sendiri bergotong-royong ialah 2 hal yang berbeda, meskipun mereka sama-sama sanggup menjadi hiburan dan menciptakan orang tertawa. Pada artikel ini sendiri kita akan membahas ihwal apa saja perbedaan antara anekdot dan humor lengkap dengan ciri, struktur, dan contohnya masing-masing khusus untuk kau yang ingin tahu.

Perbedaan Anekdot dan Humor

Agar lebih gampang memahami apa itu perbedaan anekdot dan humor, ada baiknya kalau kita telusuri pengertian dan ciri-ciri dari keduanya.

Semua orang niscaya akan tertawa ketika melihat atau mendengar sesuatu yang lucu 6 Perbedaan Anekdot dan Humor yang Harus Kamu Tahu! Secara umum, anekdot diartikan sebagai suatu kisah singkat yang mengandung hiburan sekaligus sindiran atau kritik sosial terhadap keadaan aktual (fakta), biasanya berisi obrolan antar tokoh yang dikemas dalam bahasa yang sopan.
Baca Juga : Perbedaan Pidato, Ceramah, dan Khutbah
Anekdot juga lazimnya mempunyai struktur yang baku, yaitu terdiri dari paragraf awal sebagai citra (abstraksi), latar belakang terjadinya insiden (orientasi), kepingan menarik yang bertentangan atau tidak biasa terjadi pada tokoh yang diceritakan (krisis), penyelesaian duduk kasus pada krisis (reaksi), serta kepingan final kisah (koda).

Untuk memahami struktur baku dari anekdot, silakan pahami referensi anekdot yang telah saya buat berikut ini!
AbstraksiSuatu hari, dikala Gusdur menjabat sebagai Presiden RI, dia terlibat pembicaraan yang serius sehabis menghadiri sebuah rapat di Istana Negara dengan para menterinya.
OrientasiPembicaraan itu berkaitan dengan wabah deman berdarah yang kala itu melanda kota Jakarta, Gusdur pun memperbincangkan penyakit mematikan tersebut sebagai topik utama yang dibicarakan.
KrisisMenteri bertanya kepada Gus Dur ihwal penyebab wabah demam berdarah dan Gus Dur menjawab bahwa penyebab utamanya alasannya ialah Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang kendaraan roda tiga beroperasi.
ReaksiMenteri yang bertanya menjadi binggung dibuatnya, kemudian ia bertanya lagi maksud Gurdur.
KodaGusdur menjawab bahwa nyamuk hanya takut pada tiga roda, dia juga berkata bahwa harusnya kendaraan langsung menyerupai sepeda motor dan kendaraan beroda empat yang dibatasi bukan becak,bemo dan bajaj yang dipakai rakyat untuk mencari rejeki.
Selanjutnya, humor. Humor ialah kisah lucu yang sanggup bersumber dari fakta atau karangan semata yang murni bersifat hiburan yang dikemas dalam bahasa yang kadang bersifat kurang sopan.

Humor juga mempunyai struktur yang tidak baku. Terkadang struktur ini dipakai secara penuh, namun sering kali juga ditemukan dalam bentuk yang tidak utuh. Struktur teks humor sendiri terdiri dari kepingan perkenalan, permasalahan, klimaks, peleraian, dan penyelesaian masalah.

Berikut ini referensi teks humor yang sanggup kau pahami.
PerkenalanSuatu hari, dirman pembegalan dikala sedang dalam perjalanan pulang kerja.
PermasalahanMendengar kabar suaminya kena begal, istri dirman memaki-maki sang suami, "Kamu sungguh-sungguh pengecut! Perampok menjarah dompetmu, mengapa kau tak berteriak minta tolong?"
KlimaksSuami dengan murka berkata: "Kamu betul-betul goblok! Masak kau sudah lupa di dalam mulutku masih ada sebuah gigi emas yang besar?
Peleraian-
Penyelesaian masalahIstri Dirman mengangguk seraya berkata dalam hati, "benar juga ya!"
Dari pengertian, ciri-ciri, dan struktur anekdot dan humor yang dijelaskan di atas, sanggup kita temukan beberapa perbedaan fundamental antar keduanya. Berikut ini perbedaan anekdot dan humor tersebut yang telah saya rangkum dalam bentuk tabel.
PerbedaanAnekdotHumor
Panjang ceritanyaSingkatFleksibel*
Mengandung sindiranYaTidak
Berisi dialogYaFleksibel*
SumberFaktaFakta atau karangan
Gaya bahasaSopanFleksibel*
StrukturBakuTidak baku
* = sanggup Ya atau Tidak

Nah, demikianlah klarifikasi singkat yang sanggup saya sampaikan terkait beberapa perbedaan anekdot dan humor. Semoga klarifikasi ini bermanfaat bagi kamu, sehingga kau tidak berkeberatan untuk me-like artikel ini. Salam!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Perbedaan Anekdot Dan Humor Yang Harus Kau Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel