iklan

5 Perbedaan Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan + Gambarnya

Salah satu fenomena alam yang terjadi di antariksa yaitu gerhana. Fenomena ini secara periodik terjadi pada matahari dan bulan. Gerhana matahari yaitu fenomena hilangnya kenampakan cahaya matahari dari permukaan bumi jawaban cahaya tersebut terhalangi oleh bulan, sementara gerhana bulan yaitu fenomena hilangnya kenampakan cahaya bulan dari permukaan bumi jawaban cahaya matahari yang hingga ke bulan terhalangi oleh bumi. Dipandang dari beberapa sudut keilmuan, antara gerhana matahari dan gerhana bulan terdapat beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan tersebut? Ketahui jawabannya dengan menyimak pemaparan berikut ini!

Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Sebelum membahas perihal apa saja perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan, marilah kita pahami terlebih dahulu apa itu gerhana matahari dan apa itu gerhana bulan.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan kejadian yang terjadi dikala sebagian atau seluruh sinar matahari yang menuju ke permukaan bumi terhalang oleh bulan. Gerhana matahari berlangsung ketika posisi bulan sempurna berada di antara matahari dan bumi. Baik matahari, bumi, dan bulan akan berada pada satu garis lurus dikala terjadinya gerhana matahari. Berikut ini yaitu gambar ilustrasi posisi atau letak matahari, bumi, dan bulan dikala terjadinya gerhana matahari.

Salah satu fenomena alam yang terjadi di antariksa yaitu gerhana 5 Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan + Gambarnya

Perlu diketahui bahwa dikala terjadinya gerhana matahari, intensitas cahaya matahari yang dipancarkan ke bumi akan berkurang namun kekuatan pancarannya tetap sama. Hal ini mengakibatkan, meski suasana di bumi menjadi redup dikala gerhana matahari, kekuatan pancaran cahaya matahari akan tetap sama menyerupai biasa. Kondisi ini menciptakan kita dihentikan untuk menatap matahari secara eksklusif ketika terjadi gerhana matahari. Kekuatan pancaran cahaya matahari yang tinggi di tengah suasana redup akan sanggup merusak indra penglihatan jikalau retina mata kita mendapatkan cahaya dalam jumlah banyak.

Gerhana Bulan

Sementara itu, gerhana bulan yaitu kejadian terhalangnya cahaya matahari yang hingga ke bulan oleh bumi dan menjadikan bulan tidak mendapatkan cahaya matahari untuk dipantulkan sebagai sinar semunya. Gerhana bulan terjadi dikala letak matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus dengan letak bumi berada di antara keduanya. Berikut ini yaitu gambar kedudukan matahari bumi dan bulan dikala terjadinya gerhana bulan.

Salah satu fenomena alam yang terjadi di antariksa yaitu gerhana 5 Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan + Gambarnya
Tidak menyerupai gerhana matahari, gerhana bulan sanggup dilihat dan disaksikan eksklusif oleh mata telanjang. Hal ini alasannya intensitas cahaya yang dipantulkan bulan tidak akan membahayakan penglihatan manusia.
Baca Juga : Perbedaan Gaung dan Gema

Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Dari pemaparan mengenai apa itu gerhana matahari dan bulan di atas, kita sanggup menyimpulkan apa saja perbedaan keduanya. Secara umum, perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan terletak pada 5 aspek, di antaranya:
  1. Gerhana matahari terjadi dikala bulan berada di antara bumi dan matahari, sementara gerhana bulan terjadi ketika bumi di antara bulan dan matahari.
  2. Gerhana matahari menciptakan sinar matahari tidak hingga ke bumi alasannya terhalang oleh bulan. Sementara, gerhana bulan menciptakan sinar matahari tidak hingga ke bulan alasannya terhalang bumi.
  3. Gerhana matahari memunculkan delusi seperti cahaya matahari hilang bila dilihat dari bumi, sementara gerhana bulan memunculkan delusi seperti cahaya bulan hilang bila dilihat dari bumi.
  4. Kita tidak boleh melihat gerhana matahari secara eksklusif dengan mata telanjang alasannya sanggup merusak penglihatan, tapi sebaliknya dikala gerhana bulan kita bebas mengamatinya meski tanpa alat bantu apapun.
  5. Gerhana bulan cenderung terjadi lebih sering bahkan hampir setiap tahun, sementara gerhana matahari cenderung lebih jarang dengan siklusnya yang panjang.

Nah, demikianlah sekilas pembahasan yang sanggup kami sampaikan perihal pengertian gerhana matahari, pengertian gerhana bulan, serta perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan. Semoga sanggup dipahami dengan baik dan menambah wawasan kita terkait kedua fenomena alam tersebut.
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Perbedaan Gerhana Matahari Dan Gerhana Bulan + Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel