iklan

4 Perbedaan Save Dan Save As Pada Kegiatan Komputer

Bagi para pengguna komputer, fungsi SAVE dan SAVE AS tentu yaitu dua fungsi yang sudah sangat dekat bagi mereka. Kedua fungsi pada kegiatan komputer ini yaitu sama-sama dipakai sebagai perintah untuk menyimpan sebuah dokumen atau file hasil kerja mereka. Akan tetapi, kalau ditelisik lebih dalam lagi, kedua fungsi tersebut ternyata mempunyai beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan Save dan Save As tersebut? Nah, untuk tahu jawabannya silakan simak pembahasan singkat berikut ini!

 fungsi SAVE dan SAVE AS tentu yaitu dua fungsi yang sudah sangat dekat bagi mereka 4 Perbedaan Save dan Save As pada Program Komputer

Perbedaan Save dan Save As

Perbedaan Save dan Save As terletak pada hal-hal mendasar, menyerupai fungsi spesifiknya, jalan pintas (short cut) yang sanggup digunakan, penentuan kawasan penyimpanan serta format penyimpanan dari file yang akan disimpan. Secara sederhana, perbedaan kedua fungsi ini sanggup dijelaskan menyerupai tabel berikut.
Perbedaan Save Save As
Fungsi Menyimpan hasil perubahan pada file yang telah tersimpan sebelumnya di komputer. Menyimpan hasil perubahan pada file gres atau file yang akan diubah nama dan formatnya.
Jalan pintas CTRL + S CTRL + ALT + S
Penentuan kawasan penyimpanan Ditempat file tersimpan sebelumnya Tempat penyimpanan ditentukan oleh pengguna
Format penyimpanan Ditentukan komputer Ditentukan pengguna

1. Perbedaan Fungsi

Secara sederhana, fungsi Save pada kegiatan komputer yaitu sebuah perintah bagi komputer untuk menyimpan hasil perubahan pada suatu file yang dimana file tersebut sebelumnya telah tersimpan di komputer. Sebagai contoh, dikala Anda membuka suatu file Microsoft Word di komputer, kemudian merubah isinya, maka fungsi save akan menyimpan hasil perubahan tersebut ke dalam file yang sama. Fungsi save juga mempunyai fungsi yang sama dengan Save As, khususnya pada penyimpanan file baru.

Sedangkan fungsi Save As yaitu perintah bagi kegiatan komputer untuk menyimpan suatu file yang sebelumnya tidak ada di dalam komputer. Dalam artian, fungsi Save As akan menyimpan suatu file gres atau file usang yang akan diubah atau nama filenya. Jika kita menyimpan suatu file usang memakai fungsi Save As, maka akan ada 2 file sama pada komputer dengan nama atau format yang berbeda.

2. Perbedaan Jalan Pintas

Perbedaan Save dan Save As juga terletak pada jalan pintas atau short cut yang sanggup kita gunakan untuk melaksanakan perintah keduanya. Fungsi save sanggup dilakukan dengan menekan tombol CTRL + S secara bersamaan, sementara fungsi Save As dilakukan dengan menekan tombol CTRL + ALT + S.
Perbedaan Internet dan Intranet
Perbedaan GSM dan CDMA

3. Perbedaan Penentuan Tempat Penyimpanan

Perbedaan Save dan Save As juga terdapat pada penentuan kawasan penyimpanan dari file yang akan disimpan. Fungsi save akan menempatkan hasil perubahan pada file yang ada pada kawasan di mana file tersebut pertama kali disimpan. Kecuali kalau file tersebut yaitu file baru, maka kawasan penyimpanan tersebut sanggup ditentukan oleh pengguna.

Sedangkan fungsi Save As akan menyimpan suatu file pada kawasan yang ditentukan oleh pengguna melalui jendela menyerupai ditampilkan gambar berikut.

 fungsi SAVE dan SAVE AS tentu yaitu dua fungsi yang sudah sangat dekat bagi mereka 4 Perbedaan Save dan Save As pada Program Komputer

4. Perbedaan Format Penyimpanan

File yang disimpan dengan fungsi Save akan mempunyai nama dan format yang ditentukan oleh kegiatan komputer. Contohnya, dikala kita akan menyimpan file gambar hasil olahan kegiatan Photoshop, maka file tersebut secara default akan tersimpan dalam nama Untitled dan format PSD. Sementara kalau kita memakai fungsi Save As, kita sanggup mengatur nama dan format sesuai dengan cita-cita kita, contohnya digambar disimpan dengan nama “Perbedaan” dan format “JPG, PNG, GIF, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa perbedaan Save dan Save As pada kegiatan komputer. Semoga sehabis mengetahui perbedaan-perbedaan ini, Anda tak akan salah lagi dalam memilih perintah mana yang dipilih untuk menyimpan file Anda. Semoga bermanfaat!
Sumber http://danperbedaan.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Perbedaan Save Dan Save As Pada Kegiatan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel