iklan

Modul Ham 9 (Dinamika Penegakan Aturan Dan Ham)


BAB IX
DINAMIKA PENEGAKAN HUKUM DAN HAM

Secara  yuridis  konstitusional,  negara  Indonesia  adalah  negara  demokratis  yang menurut hukum  dan  HAM. Berbagai ketentuan aturan dan kebijakan negara telah dibentuk untuk menegakkan HAM. Sejak Indonesia merdeka, bangsa Indonesia menetapkan   komitmen   untuk   menghormati   hukum   dan   HAM.   Namun   dalam dinamika   penegakannya  mengalami  pasang  surut  dan  masih  banyak  pelanggaran. Melalui penggalan 9 ini,  anda sanggup mempelajari aneka macam duduk kasus penegakan aturan dan HAM di Indonesia dan upaya mengatasi aneka macam problema tersebut.
Pada  bab-bab  sebelumnya,  anda  sudah  mempelajari  bahwa  HAM  itu  memiliki landasan  yang  komprehensif,  dan  pemikiran  tentang  HAM  berkembang  seusia sejarah insan serta  implementasinya dalam aneka macam bidang kehidupan. Sekalipun implementasi HAM di Indonesia telah mempunyai perangkat aturan yang lengkap dan banyak,  tetapi  dalam  dinamika  penegakan  hukum  dan  HAM  masih  banyak  terjadi berbagai pelanggaran.
Pada penggalan bagian 9. ini anda sanggup mempelajari aneka macam problema penegakan aturan dan HAM di Indonesia. Tujuannya, biar anda bisa menganlisis duduk kasus penegakan aturan dan HAM di Indonesia. Selamat belajar!


9.1  Jenis Pelanggaran aturan dan HAM
Pelanggaran aturan dan HAM di Indonesia telah banyak terjadi. Pelanggaran aturan yang paling banyak dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, baik oleh individu, kelompok, maupun oleh penegak aturan sendiri. Pelanggaran aturan selalu terkait dengan pelanggaran HAM. Di balik bencana pelanggaran aturan selalui dibarengi dengan pelanggaran HAM. Pelanggaran tersebut mulai dari pelanggaran ringan, sedang, sampai yang berat.
Pelanggaran HAM dimulai ketika hak dan kewajiban tidak berjalan secara seimbang. Apabila suatu kewajiban untuk memperlihatkan hak kepada orang lain tidak dilakukan, maka di situlah terjadi pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM selalu berimplikasi ganda. Pertama, pelanggaran HAM terjadi alasannya ialah apa yang menjadi hak seseorang atau kelompok orang tidak diperolehnya. Kedua, respon atau tuntutan terhadap hak dilakukan dengan tindakan yang apabila tidak memperhatikan norma aturan dan masyarakat akan menimbulkan pelanggaran hak hak orang lain. Coba anda perhatikan masalah di bawah ini, kemudian identifikasikan pelanggaran aturan dan HAM apa saja yang terjadi di dalamnya.
Pada ketika terjadi pertandingan jawaban sepak bola Liga Indonesia, masing-masing kesebelasan mempunyai pendukung dan suporter yang banyak dan berimbang. Perilaku pendukung masing-masing kesebelasan tersebut majemuk dan berbeda-beda. Berbagai atribut dan identitas dikenakan oleh suporter kesebelasannya. Mereka menggunakan ada yang menggunakan topi, selendang, kaos atau baju bertuliskan nama kesebelasannya, bersepatu olah raga, sandal jepit, atau tanpa menggunakan ganjal kaki. Wajahnya dihias dengan aneka macam macam olesan warna warni, rambut diatur sedemikian rupa sehingga berbeda dengan orang lain, dan membawa aneka macam perlatan musik menyerupai gendang dan terompet. Mereka berbondong-bondong dan bergelombang mendatangi stadion, sesekali membunyikan terompetnya. Mereka tiba ke stadion dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Berbagai aturan dan norma sudah tidak diperhatikan lagi sehingga tidak tertib alasannya ialah mereka sudah berkelompok besar. Secara bergerombol dan tidak beraturan mereka memadati jalan raya. Ketika naik sepeda motor tidak menggunakan helm dan satu sepeda motor dinaiki tiga orang. Beberapa orang bergelantungan di kendaraan beroda empat pick up atau kolam terbuka menyerupai truk dan kendaraan beroda empat tanki minyak. Mereka bahagia tapi tidak menyadari bahwa tindakannya itu sanggup membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Sesekali mereka berteriak dan bersorak, “hhuuuu.........”
Ketika di dalam stadion, mereka meneriakkan ”yel yel” mendukung pemain idolanya ketika bermain dengan cantik, tetapi ketika pemain lawan bermain bagus mereka menyorakinya. Apalagi tindakan wasit yang menghukum pemain idolanya yang melaksanakan pelanggaran, secara impulsif penonton melempari dengan aneka macam macam benda menyerupai botol minuman, sandal, kerikil dan lain sebagainya. Ketika peluit ditiup tanda permainan usai, sebagian besar penonton pendukungnya murka dan merusak apa saja yang dijumpai di dalam stadion. Aksi merusak ini dilanjutkan di luar stadion. Mereka keluar stadion berjalan secara tidak beraturan. Mengendarai kendaraan bermotor sambil membunyikan klakson (bell) dan sesekali meminta paksa uang atau benda lain kepada pemakai jalan lainnya.
Pelanggaran aturan dan HAM ialah suatu perbuatan yang dilakukan seseorang atau forum dengan sengaja atau tidak sengaja sanggup menghambat, mengurangi, membatasi, mencabut, dan atau merampas HAM dari orang lain sehingga sanggup merendahkan derajat dan martabat manusia. Perbuatan dikatakan sengja alasannya ialah perbuatan tersebut direncanakan dan dilakukan dengan penuh kesadaran untuk melanggar aturan dan HAM. Misalnya, seorang pengendara motor atau kendaraan beroda empat sengaja berjalan melanggar rambu lampu merah di persimpangan jalan. Pelanggaran tersebut bukan saja mengganggu ketertiban kemudian lintas dan kemacetan saja tetapi juga sanggup membahayakan diri sendiri dan orang lain. Contoh lain ialah orang yang dengan sengaja menyerobot antrian dalam pembelian tiket kereta api, terang melanggar hak orang yang sudah usang antri. Namun pelanggaran kecil ini memperlihatkan bahwa ketaatan dan disiplin para pelaku pelanggaran tersebut saangat rendah. Pelanggaran aturan dan HAM yang dilakukan tanpa sengaja ialah semua perbuatan yang alasannya ialah kelalaiannya sanggup menimbulkan pelanggaran. Misalnya, orang lalai mematikan kompor sanggup menimbulkan kebakaran hebat dan membawa korban jiwa yang cukup banyak. Penjaga palang kereta lupa menutup sehingga terjadi ukiran keras dan juga membawa korban kendaraan beroda empat beserta seluruh penumpangnya. Perbuatan lalai tersebut sanggup dikatakan pelanggaran aturan dan HAM.


Baca selengkapnya di bawah ini atau downlod versi PDF





Sumber http://dykaandrian.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Modul Ham 9 (Dinamika Penegakan Aturan Dan Ham)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel