iklan

Jelaskan Plastik Materi Non Logam Buatan?

Bahan Non logam Buatan
a. Plastik
Plastik berasal dari minyak mineral, gas alam, watu bara, watu kapur, udara, air, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengolahannya sanggup dikerjakan pada proses panas dan tekanan. Pada umumnya plastik tahan korosi baik oleh atmosfer maupun oleh beberapa zat kimia, sebagian sanggup terapung, cukup giat dan kuat, dengan pewarnaan wujudnya menjadi menarik, sifat mekaniknya tidak gampang pecah dan rapuh, beberapa materi plastic koefisien geseknya rendah.
Plastik cenderung memuai yaitu menjadi lebih panjang alasannya ialah adanya beban, diatas suhu 200°C sifatnya menjadi kurang baik, Terjadi perubahan polimer selama pemakaian alasannya ialah sinar ultra violet.

1) Plastik Thermosetting
Bahan baku termoseting (resin) berbentuk biji-biji kering dan materi perhiasan dimasukkan kedalam cetakan kemudian dipanaskan hingga 1500 C, kemudian ditekan dengan gayakira-kira 150 atm hingga mencair dan memenuhi model. Selanjutnya dipanasi lagi hingga materi tersebut mengeras, kemudian tutup cetakan dibuka dan benda tersebut diangkat. Macam Plastik Thermosetting dan Kegunaannya :

a) Fenol Formaldehida
Bahan ini alasannya ialah adanya polimer dasar fenol dan formaldehida dengan reaksi kondensasi. Hasil polimer murni berwarna putih susu dan lama-kelamaan menjadi lebih gelap. Butirannya dicetak dicampur dengan materi pewarna. Salah satu nama dagang Fenolik ialah Bakelit.Pada prinsipnya penggunaan Fenol Formaldehida ialah untuk peralatan listrik, pegangan pintu, materi laminasi pada isolasi listrik, materi phenolic resin yaitu lem untuk pembuatan ply wood dan hardboard.

(b) Urea Formaldehida
Urea resin harganya lebih murah daripada Fenolik. Ciri-cirinya ialah warnanya lebih terperinci dan macam warnaya tak terbatas, tidak berbau, tidak berasa dan tahan air.Urea
Formaldehida digunakan untuk pembuatan lem yang tahan air, tutup botol dan alat makan.

(c) Melamin Formaldehida
Dihasilkan dengan metode yang sama dan memiliki sifat serupa dengan FenolFormaldehida maupun Urea Formaldehida, tetapi lebih tahan air, alkali dan tahan panas.
Melamin Formaldehida digunakan untuk pembuatan alat-alat makan, peralatan rumah tangga dan bab yang tahan terhadap larutan.

Dalam penggunaannya adakala Plastik Thermosetting diberi materi pengisi/bahan perhiasan biar diperoleh sifat yang lebih baik, contohnya untuk meningkatkan kekuatannya. Beberapa Penggunaan Plastik Thermosettting yang telah diberi Bahan Tambah, diantaranya:
  1. Ditambah materi pengisi serbuk kayu, digunakan untuk materi yang sanggup menahan gaya tumbuk.
  2. Ditambah materi pengisi mika, sanggup digunakan pada materi yang menahan gaya panas tinggi dan digunakan dalam teknik listrik.
  3. Ditambah materi pengisi selulosa alfa, lebih lentur dan tahan gaya tumbuk, digunakan untuk pembuatan plastik bening/transparan
  4.  Ditambah materi pengisi kain kapas, sanggup menambah kekuatan dan mengurangi sifat pengerjaan penghalusan.
  5.  Ditambah materi pengisi kertas, sanggup menambah daya tahan beban tumbuk.
  6. Ditambah materi pengisi asbes, sanggup mempertinggi kekuatan panas dan penyekatan tetapi sanggup mengurangi sifat pengerjaan penghalusan.
  7. Ditambah materi pengisi grafit, digunakan untuk pembuatan alat mesin yang bergesekan, contohnya bantalan.
  8.  Ditambah materi pengisi karbon, lebih tahan terhadap reaksi kimia dan sanggup menghantarkan arus listrik.
  9.  Ditambah materi pengisi kanvas, biar lebih elastis, digunakan untuk pembuatan roda gigi yang tidak berbunyi.

Sumber http://kumpulantugasekol.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jelaskan Plastik Materi Non Logam Buatan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel