Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam Dan Contohnya)
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel wacana Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya. Mari kita bahas selengkapnya..
Pengertian iklan
Pengertian Iklan yaitu salah satu cara komunikasi oleh seseorang, instansi / lembaga, atau perusahaan yang dipakai untuk memberikan pesan atau informasi dengan dengan cara atau bentuk yang menarik kepada khalayak umum guna mendorong atau membujuk atau lebih tertarik untuk memakai barang atau jasa yang di tawarkan.
Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada masyarakat / banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, iklan biasa dipasang di media massa ibarat koran dan majalah, tv, website atau di tempat-tempat umum.
Ciri-Ciri Iklan
Ciri-ciri iklan antara lain :
• Komunikatif
• Informatif
• Bahasanya gampang dimengerti dan diingat masyarakat
• Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
Syarat Iklan
Syarat iklan yaitu pola atau hal-hal yang harus terpenuhi semoga sesuatu itu sanggup disebut sebagai iklan. Sesuatu sanggup disebut sebagai iklan apabila memenuhi syarat-syarat berikut ini :
1. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Bahasa iklan harus berkonotasi positif, gampang diingat, gampang dipahami, dan mengakibatkan sikap ingin tau bagi khalayak ramai.
Jenis / Macam-Macam Iklan
Jenis atau macam-macam iklan sangatlah beragam, berikut akan dibahas wacana jenis iklan menurut isinya, menurut media yang digunakan, dan menurut sifat iklan.
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya, iklan dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : Iklan pengumuman, Iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.
1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)
Yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat atau khalayak umum wacana suatu hal pemberitahuan. Contohnya : iklan murung cita, iklan reuni alumni sekolah.
2. Iklan Penawaran (Niaga)
Yaitu iklan yang bertujuan menunjukkan suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Contoh iklan niaga :
- Iklan penawaran barang / produk, misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, dan sebagainya.
- Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik atau daerah pengobatan, iklan jasa pengantaran barang, dan sebagainya.
3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan penerangan dan pencerahan mengenai sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini diterbitkan oleh instansi atau forum pemerintah, dan organisasi non-profit ibarat forum swadaya masyarakat.
Iklan layanan masyarakat dirancang semoga masyarakat mempunyai kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi semoga sanggup disimpan untuk kepentingan masa mendatang.
Iklan layanan masyarakat dirancang semoga masyarakat mempunyai kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi semoga sanggup disimpan untuk kepentingan masa mendatang.
Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Digunakan
Secara UMUM, jenis iklan menurut media yang dipakai sanggup bagi menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media above the line dan below the line.
- Media above the line mempunyai ciri-ciri antara lain :
1) Informasi yang disebarkan bersifat serempak
2) Penerima pesan cenderung anonim atau tidak diketahui secara pasti.
3) Dapat menjangkau khalayak secara luas.
Contoh media ini antara lain Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Televisi, Radio, dan Internet.
- Media below the line yaitu iklan yang memakai media khusus ibarat antara lain leaflet, poster, spanduk, bus stop, point of purchase (POP), stiker, shop sign, flyer, baliho dll
Secara KHUSUS, menurut media yang digunakan, iklan sanggup dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:
1. Iklan Cetak
Yaitu iklan yang dibentuk dan dipasang dengan memakai teknik cetak, yang sanggup berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet, laser, dll.
Contohnya iklan cetak antara lain iklan yang terdapat dalam koran, surat kabar, majalah, baliho, poster, stiker, dll.
Berdasarkan luas space iklan pada media cetak ibarat surat kabar, majalah, dan tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
Berdasarkan luas space iklan pada media cetak ibarat surat kabar, majalah, dan tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
- Iklan baris, biasanya tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari saru kolom
- Iklan kolom, mempunyai lebar satu kolom namun lebih tinggi dibanding iklan baris
- Iklan display, mempunyai ukuran lebih luas dibanding iklan kolom
- Iklan advertorial, mempunyai ukuran luas ibarat iklan display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih diarahkan pada bentuk ibarat sebuah berita
2. Iklan Elektronik
Yaitu iklan yang memakai media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik iklan elektronik sanggup berupa:
a. Iklan Radio
Iklan radio hanya sanggup didengarkan melalui audio (suara) saja. Iklan radio terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
Ad lib - Disampaikan oleh penyiar secara pribadi berupa siaran kata saja.
Spot - Disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya, sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu.
Sponsor Program - Pemberian waktu khusus kepada sponsor atau pihak yang beriklan untuk memberikan pesan dengan cara membiayai sebuah aktivitas acara radio.
b. Iklan Televisi
Iklan televisi mempunyai beberapa unsur yaitu suara, gambar, teks, dan gerak. Oleh sebab itu pesan yang disampaikan sangatlah menarik perhatian dan impresif.
Berdasarkan bentuknya iklan televisi sanggup dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
- Live Action - Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama
- Animation - Iklan yang dibangun menurut gambar-gambar kartun atau animasi.
- Stop Action - Berupa perpaduan antara live action dan teknik animasi sehingga memberikan pengaruh dramatik iklan, dimana gambaran yang rumit sanggup digambarkan dengan baik dan menarik.
- Musik – Ikan disampaikan melalui musik sebagai media penyampai pesan.
- Superimposed - Iklan televisi berupa gambar dan teks yang muncul ketika aktivitas acara televisi berlangsung.
- Sponsor Program - Iklan televisi dimana pihak pengiklan atau sponsor membiayai aktivitas acara televisi tertentu dan sebagai imbalannya ia sanggup memberikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
- Running Text - Iklan televisi berupa teks yang muncul dari kanan bergerak ke sebelah kiri layar.
- Caption - Iklan televisi yang ibarat dengan superimpose, tetapi pesan yang dipakai hanya berupa tulisan.
- Backdrop - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada latar belakang aktivitas yang diadakan.
- Credit Title - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada potongan tamat ketika sebuah aktivitas sudah selesai.
- Ad lib - Iklan televisi dimana pesan disampaikan dan diucapkan oleh penyiar secara langsung.
- Property Endorsement - Iklan ini berbentuk pertolongan sponsor yang diperlihatkan pada banyak sekali hal yang dipakai sebagai kelengkapan properti siaran maupun banyak sekali hal yang dikenakan oleh artis atau penyiar (soft campaign)
- Promo ad - Iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acaranya untuk menarik banyak pemirsa.
c. Iklan Film
Iklan film hadir dalam produk film/cinema. Biasanya jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live action yang muncul sebelum film utama diputar. Seringkali juga sebuah film turut mempromosikan film-film lainnya sebelum film tersebut diputar (promo ad)
d. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Jenis-jenis Iklan Media Digital Interaktif ini antara lain:
- Website - Iklan ini secara keseluruhan berbentuk website dimana seluruh fitur dalam situs tersebut yaitu iklan.
- Banner dan Button - Banner disini berupa billboard mini yang tersebar pada halaman suatu web. Sedangkan button atau tombol seringkali berbentuk ibarat icon berukuran kecil. Keduanya, apabila di click akan membawa kita pada situs dari pengiklan atau halaman aksesori baru.
- Sponsorship - Pada iklan ini pihak sponsor membiayai penuh seluruh halaman dari pembuat situs.
- Search Engine Marketing - Iklan ini muncul ketika kita memakai search engine berupa hasil pencarian.
- Classified Ads - Iklan ini berbentuk ibarat iklan baris dalam koran dan biasanya gratis.
- E-mail Advertising - Iklan ini dikirimkan melalui e-mail pada para customer yang memang memintanya. Iklan ini harus dibedakan dengan spam, yaitu iklan massal dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.
d. Iklan Luar Ruang (Out-of-Home)
Iklan Luar Ruang (Out-of-Home) yaitu iklan dalam media elektronik yang menjangkau audiens-nya diluar rumah. Iklan ini tumbuh dan memisahkan diri dari iklan media cetak sehabis mengalami perkembangan yang pesat. Yang termasuk jenis iklan ini antara lain:
Iklan Luar Ruang (Out-of-Home) yaitu iklan dalam media elektronik yang menjangkau audiens-nya diluar rumah. Iklan ini tumbuh dan memisahkan diri dari iklan media cetak sehabis mengalami perkembangan yang pesat. Yang termasuk jenis iklan ini antara lain:
- Iklan outdoor standar
- Iklan transit - Iklan ini merupakan potongan dari out-of-home media yang mencakup iklan pada bis, taxi, terminal, stasiun, dll.
- Mobile billboard - Iklan yang memadukan antara billboard tradisional dan transit.
- Display - Iklan yang terdapat pada layar-layar display luar ruang, dll
Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya
Secara garis besar sanggup dikelompokan menjadi dua yaitu Iklan Komersial dan Iklan Non-Komersial.
1. Iklan Komersial (bisnis)
Yaitu iklan yang bertujuan mendapat laba ekonomi, utamanya meningkatkan penjualan. Iklan jenis ini sanggup dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:
- Iklan Konsumen - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk.
- Iklan Bisnis - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada seseorang atau forum yang akan mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir.
- Iklan Profesional - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada segmen khusus, yaitu para profesional.
2. Iklan Non-Komersial
Iklan yang dipakai untuk memberikan informasi, membujuk atau mendidik khalayak dimana tujuan tamat bukan untuk mendapat laba ekonomi, melainkan laba sosial. Keuntungan sosial disini sanggup berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan sikap masyarakat terhadap persoalan yang diiklankan, serta mendapat gambaran baik di mata masyarakat. Iklan jenis ini biasa disebut iklan layanan masyarakat.
Demikianlah artikel wacana Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya yang sanggup kami bagikan. Semoga membantu..
Sumber http://artikelmateri.blogspot.com
Demikianlah artikel wacana Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya yang sanggup kami bagikan. Semoga membantu..
0 Response to "Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam Dan Contohnya)"
Posting Komentar