iklan

√ 7 Jenis Flora Palem Yang Dapat Ditanam Di Pekarangan

Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah. Sejumlah orang sudah menerangkan hal ini. Kalau tak percaya, kau bisa melihat sejumlah rumah-rumah kompleks yang menanam pohon ini di serpihan depannya.


Kalau kau berminat menanam pohon ini, maka cobalah membaca artikel ini sampai usai. Di artikel ini, Bacaterus bakal merekomendasikan beberapa jenis pohon palem yang bisa kau tanam di depan rumah. Beberapa jenis pohon palem itu bisa dilihat dalam daftar di bawah ini.


1. Palem Raja


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan


Jenis palem pertama di artikel ini ialah palem raja. Palem yang masuk ke dalam marga Roystonea ini berasal dari Karibia dan Amerika Selatan. Di Indonesia, palem ini biasa tumbuh di sejumlah kawasan di Pulau Jawa. Jenis palem ini bisa bertumbuh dengan ketinggian mencapai 20 – 30 meter.


Palem raja mempunyai batang yang kuat. Daunnya berbentuk agak panjang, berwarna hijau, dan ujung daunnya tidak mengecewakan panjang. Seperti halnya palem lainnya, palem raja juga bisa menghasilkan buah. Untuk palem raja, buah yang dihasilkan mempunyai bentuk bulat, kulit luarnya tebal, dan serpihan dalamnya mempunyai serat serta berair.


Bila hendak menanam jenis palem ini, pastikan untuk menanamnya di tempat terbuka yang sanggup mendapatkan sinar matahari secara penuh. Pastikan tanah yang digunakan sudah kau campur dengan pasir. Hal itu dilakukan biar biji palem raja bisa bertumbuh secara maksimal.


2. Palem Putri


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan

* sumber: www.tamantanaman.com


Palem ini merupakan versi mini dari palem raja. Pernyataan ini tak lepas dari bentuknya yang serupa palem raja, namun dalam ukuran yang lebih mungil. Berbeda dengan palem raja, palem putri justru berasal dari ibukota Filipina, Manila. Oleh karenanya, palem satu ini juga lazim disebut palem Manila oleh pecinta tumbuhan.


Palem putri bisa ditanam dalam tanah yang tropis. Kalau kau gres menanam bibit palem ini, pastikan biar bibitnya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Bila hendak menanam bibit palem putri yang sudah jadi di tanah terbuka, pastikan biar tanahnya tidak terlalu lembap dan liat.


Oh ya, palem putri juga bisa menghasilkan buah laiknya palem raja. Buahnya sendiri tentu berbeda dengan palem raja. Buah palem putri cenderung kemerahan dan agak menyerupai dengan lampu Natal.


3. Palem Merah


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan

* sumber: id.wikipedia.org


Jenis pohon palem ini merupakan pohon palem yang paling sering digunakan tumbuhan hias. Bahkan, pohon ini telah dijadikan tumbuhan maskot untuk provinsi Jambi. Ciri khas palem ini ialah pelepah daunnya yang warna kemerahan. Sayangnya, pohon ini mulai langka keberadaannya. Lantaran terus-menerus dieksploitasi oleh pihak yang tak bertanggung jawab.


Bila hendak menanam pohon palem ini di rumah, pastikan tanah yang digunakan betul-betul terkena sinar matahari secara maksimal. Pastikan pula tanah yang digunakan telah tercampur dengan pasir. Kedua hal tersebut patut diperhatikan, biar palem merah bisa tumbuh secara maksimal. Dan, warna merah pada pelepahnya tidak akan memudar.


4. Palem Kuning


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan

* sumber: www.jitunews.com


Kalau palem raja berasal dari tanah Amerika Latin, maka palem satu ini asalnya dari tanah Madagaskar. Serupa dengan palem kuning, palem ini juga lazim digunakan sebagai hiasan rumah di Indonesia. Di tanah asalnya, jenis palem satu ini justru semakin langka keberadaannya.


Secara morfologi, palem kuning mempunyai cukup menjulang. Lazimnya, palem kuning bisa bertumbuh sampai mencapai ketinggian 6 meter. Ciri khas utama palem satu ini ialah daunnya yang agak kekuningan. Daunnya yang kemuning tersebut kelak menjadi alasan mengapa palem satu ini dinamai palem kuning.


Menurut sejumlah penelitian, palem kuning rupanya bisa menyedot polusi udara. Pohon berjulukan ilmiah Chrysalidocarpus lutescens syn ini diyakini sanggup menyerap senyawa formaldehyde; salah satu senyawa dalam polusi udara. Jadi, selain dijadikan hiasan rumah, palem kuning pun bisa menjadi penangkal polusi.


Palem kuning sebenarnya bisa ditanam atau disimpan di mana saja. Namun, lebih baik kau menanamnya di tempat yang agak lembab. Dengan menanamnya di tempat lembab, pasti palem kuning tidak rusak dan bertumbuh dengan baik.


5. Palem Bambu


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan


Selain palem kuning, ada satu jenis palem lainnya yang mempunyai fungsi anti-polutan. Palem tersebut ialah palem bambu. Palem berjulukan ilmiah Chamaedorea erumpens ini mempunyai ciri khas berupa bentuknya yang serupa rumput semak-semak.


Pohon palem bambu amat cocok disimpan di dalam ruangan. Selain sebagai penghias ruangan, meletakkan palem bambu juga sanggup membantu sirkulasi dan penyaringan udara. Dengan begitu, udara ruangan pun jadi lebih higienis dan bebas polusi.


Bila ingin meletakkan palem bambu di dalam ruangan, pastikan kau menempatkannya dengan benar. Tempatkanlah palem bambu di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pastikan pula supaya alem bambu tidak diletakkan di bersahabat ventilasi udara.


6. Palem Kipas


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan


Ini merupakan salah satu jenis pohon palem unik di daftar ini. Keunikan palem ini terlihat dari asal undangan dan bentuk pohonnya sendiri. Palem kipas mempunyai bentuk yang unik, di mana bentuk palem kipas terlihat menyerupai perpaduan palem dan pisang. Menariknya, palem satu ini juga termasuk ke dalam klan pisang-pisangan.


Palem pisang amat cocok untuk ditanam di halaman depan rumahmu. Ini tak lepas dari bentuknya yang indah, serta kelebihannya yang tahan akan serangan angin. Perawatannya pun tidak bakal bikin repot. Kamu hanya perlu menyirami palem kipas sesekali saja, bila palem kipas sudah mulai terlihat kering.


7. Palem Botol


Palem bisa menjadi pohon yang ditanam di depan rumah √ 7 Jenis Tanaman Palem yang Bisa Ditanam di Pekarangan

* sumber: www.faunadanflora.com


Jenis pohon palem yang unik tak hanya palem kipas semata. Ada palem botol yang juga unik, terutama dari segi bentuknya. Palem satu ini mempunyai batang yang bentuknya serupa batang dan daunnya menyerupai dengan daun pohon kelapa. Daunnya yang serupa daun kelapa itu mempunyai tekstur yang kuat, sehingga tidak gampang roboh atau terjatuh.


Banyak yang menduga kalau serpihan batang palem ini mengandung air; menyerupai batang kaktus. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Kalau kau berminat menanam palem satu ini, kau harus mempunyai kesabaran ekstra. Ini tak lepas dari proses pertumbuhannya yang agak lambat dibanding jenis pohon palem lainnya.


Jenis pohon palem ini sangat cocok ditanam di tanah pekarangan rumah. Akan tetapi, kau juga bisa menanamnya di dalam pot. Asalkan, pot yang digunakan mempunyai diameter 60 cm.


Pohon palem bisa menjadi pohon yang sempurna untuk ditanam di rumah. Bentuknya yang indah dan bisa ditanam di bermacam-macam area rumah ialah beberapa alasan di antaranya. Pohon palem sendiri mempunyai sejumlah jenis. Tujuh di antaranya sudah kami paparkan di atas. Semoga ketujuh palem tersebut bisa memberi wawasan dan pilihan seputar jenis pohon palem yang hendak kau tanam nanti.


Oh ya, di antara ketujuh jenis palem tersebut, mana yang bakal kau tanam nanti? Yuk, share ke kami via kolom komentar! Kunjungi juga artikel jenis pohon peneduh kalau kau ingin menanam pohon yang lebih rindang dibanding palem.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 7 Jenis Flora Palem Yang Dapat Ditanam Di Pekarangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel