iklan

Sunan Gresik : Biografi, Makam, Peninggalan & Karya Sunan Gresik

Sunan Gresik : Biografi, Makam, Peninggalan & Karya Sunan Gresik 

Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) - Tanggal Lahir, Metode Dakwah, Kisah

Biografi Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) mencakup Tanggal Lahir, Metode Dakwah, Kisah, karomah, peninggalan, karya dan gambar. Maulana Malik Ibrahim merupakan nama lain dari Sunan Gresik.
 Maulana Malik Ibrahim merupakan nama lain dari Sunan Gresik Sunan Gresik : Biografi, Makam, Peninggalan & Karya Sunan Gresik
Gambar Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu dari 9 wali songo yang berbagi agama Islam di Jawa. Tanggal lahir Sunan Gresik yaitu pada paruh awal periode ke 14 dan meninggal pada tahun 1419 Masehi serta dimakamkan di Desa Gapurosukolilo, Kota Gresik, Jawa Timur. Nama ayahnya yaitu Jamaluddin Akbar Al-Husaini dan nama ibu Sunan Gresik belum diketahui. Istri Sunan Gresik berjulukan Siti Fathimah binti Ali Nurul Alam Maulana Israil (Raja Champa Dinasti Azmatkhan 1).

Kisah Sunan Maulana Malik Ibrahim

 Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim yaitu salah seorang Walisongo, yang dianggap yang pertama kali berbagi agama Islam di tanah Jawa. Tidak terdapat bukti sejarah yang meyakinkan mengenai asal keturunan Maulana Malik Ibrahim, pada umunya masyarakat setuju bahwa Sunan Gresik bukan orisinil orang jawa melainkan dari wilayah Arab Maghrib di Afrika utara. Menurut beberapa versi, Sunan Gresik merupakan keturunan dari Rasulullah SAW.

Maulana Malik Ibrahim dianggap termasuk salah seorang yang pertama-tama berbagi agama Islam dipulau Jawa. Beberapa versi babad menyatakan bahwa kedatangannya disertai beberapa orang. Daerah yang ditujunya pertama kali ialah desa Sembalo, kini yaitu kawasan Leran, Kecamatan Manyar, yaitu 9 kilometer ke arah utara kota Gresik. Ia kemudian mulai menyiarkan agama Islam di tanah Jawa belahan timur, dengan mendirikan masjid pertama di desa Pasucinan, Manyar.

Dalam penyebaran Agama Islam, pertama-tama yang dilakukannya ialah mendekati masyarakat melalui pergaulan. Dengan Menggunakan akal bahasa yang lemah lembut. Ia tidak menentang secara tajam agama dan kepercayaan hidup dari penduduk asli, melainkan hanya menunjukkan keindahan dan kebaikan yang dibawa oleh Agama Islam. Akhirnya, berkat keramah-tamahannya, banyak masyarakat yang tertarik masuk ke dalam agama Islam.

Setelah memikat hati masyarakat, akhirya Sunan Gresik mulai berdagang di Pelabuhan terbuka, sehingga sanggup bertemu masyarakat banyak bahkan dari kalangan raja dan bangsawan. Setelah cukup disegani di masyarakat, Maulana Malik Ibrahim kemudian melaksanakan kunjungan ke ibukota Mapajahit di Trowulan. Raja Majapahit meskipun tidak masuk Islam tetapi menerimanya dengan baik, bahkan ia menunjukkan sebidang tanah di pinggiran kota Gresik dan darah tersebut diberi nama Gapura dan dibangunlah pesantren-pesantren didaerah terrsebut sebagai tempat penyebaran Agama Islam.

Metode Dakwah Maulana Malik Ibrahim

1. Dengan cara berdagang
2. Dengan cara bergaul dengan masyarakat luas
3. Dengan cara membuka pengobatin gratis

Peninggalan Sunan Maulana Malik Ibrahim

1. Masjid Pesucinan sebagai masjid tertua di Pulau Jawa
Masjid Pesucinan ini dicatat sebagai masjid tertua dikarenakan kawasan pertama kali yang di singgahi merupakan desa Sembolo pada tahun 1389 masehi yang berada dalam kekuasaan kerajaan majapahit, yang kini menjelma desa Leran, sembilan kilometer dari sentra Kota Gresik. Di sisi utara masjid Pesucinan hingga kini masih ditemukan bebatuan arsenik peninggalan masa kejayaan Masjid Pesucinan. Bahkan, ada satu watu besar yang sempurna di depan pagar Masjid sisi timur, yang dipercaya dahulu merupakan bekas watu tempat berlabuhnya kapal.
2. Air sumur sebagai air penyembuhan
Air Sumur yang terdapat di dalam Masjid Pesucinan menjadi sebuah air asing yang dipercaya oleh para Pakar Spiritual sebagai air yang bisa menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit. Uniknya, sumber air dalam sumur ini sangat besar dan rasanya tawar, tidak ibarat sumur di wilayah desa ini yang semua terasa asin.

Karomah Sunan Maulana Malik Ibrahim

1. Karomah Stekh Maulana Malik Ibrahim dalam Menurunkan Hujan lebat
2. Kisah Murid Syekh Maulana Malik Ibrahim dalam Menaklukkan Perampok

Karya Sunan Maulana Malik Ibrahim

1. Dalam bidang kesenian : Tembang Suluk, Gundul-gundul pacul,dll
2. Dalam bidang pendidikan : Pondok Pesantren di Leran, Gresik

terimakasih telah membaca artikel ini dan berkunjung.
Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sunan Gresik : Biografi, Makam, Peninggalan & Karya Sunan Gresik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel