iklan

Semangat Sumpah Cowok Harus Membara Dalam Usaha Bangsa

Semangat sumpah cowok harus membara dalam usaha bangsa alasannya bab dari pancasila sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia demi Indonesia lebih baik kedepannya dan tetap bersatu pada selalu demi NKRI, NKRI Harga Mati!!!
Penasaran bukan? Langsung baca saja kawan. Selamat Membaca!!!

Daftar Isi
Ringkasan Tentang Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda Berbagai Era
Era Milenial
Bersatu Dalam Membangun Negeri
Generasi Yang Berprestasi
Tidak Terlibat Kenakalan Remaja
Era Digital
Era kedudukan Jepang
Era Globalisasi
Sumpah Pemuda Berbagai Wawasan
Gajah Mada
Nahdhatul Ulama (NU)
Santri
Arab
Jomblo

Ringkasan Tentang Sumpah Pemuda

sumpah cowok yang setiap jatuh pada tanggal 28 oktober dan kini semenjak tahun 1928 hingga tahun 2018 yaitu hari sumpah cowok yang ke 90 tahun dan selalu dilaksanakannya upacara bendera dalam peringatannya. Dalam sumpah cowok banyak sekali hal yang kita ketahui mulai dari awal diadakannya kongres hingga dengan hasil kongres itu sendiri ibarat menghilangkan rasa sifat kedaerahan, semangat para cowok untuk bersatu dan semangat nasional demi Indonesia merdeka.
Semangat sumpah cowok harus membara dalam usaha bangsa alasannya bab dari pancasila  Semangat Sumpah Pemuda Harus Membara Dalam Perjuangan Bangsa

Logo sumpah cowok ke-90 tahun

Sumpah cowok mempunyai peranan sangat penting dalam sejarah dan kehidupan bangsa Indonesia yakni diantaranya ibarat semangat nasionalisme dan persatuan dan kesatuan yang lahir dari impian cowok dan pelajar Indonesia untuk kemerdekaan Indonesia.

Peringatan semangat sumpah cowok dan pemudi harus membara dalam usaha bangsa alasannya bab dari pengalaman pancasila yang ke tiga dan merupakan tonggak awal sejarah kemerdekaan Indonesia. Namun, Sumpah cowok tidak cukup diperingati tetapi harus di amalkan dan diterapkan nilai nilainya dalam kehidiupan sehari hari.

Sumpah Pemuda Berbagai Era

Era Milenial

Beda zaman beda pemikiran dan juga perjuangan. Jika jaman dulu , 90 tahun yang kemudian ketika 28 oktober 2018, para cowok berfikir dan berjuang demi kemerdekaan Indonesia sehingga apupun akan dikorbankan termasuk taruhannya nyawa sekalipun.
Namun, bagaimana dengan perngorbanan generasi muda atau milenial kini ini? Ya, meskipun zaman berbeda namun berdasarkan beberapa orang, bahwa makna usaha tidaklah berubah, yang berbeda hanyalah situasi dan kondisi. Maka dari itu taktik usaha itu harus diubahsuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Bersatu Dalam Membangun Negeri

Salah satu makna sumpah cowok yaitu persatuan dan kesatuan. Suatu pemikiran yang mendorong para cowok untuk mencapai kemerdekaan dengan melaksanakan ikrar suci yakni sumpa pemuda. Perjuangan akan lebih muda dilakukan dengan perssatuan dan kesatuan yang harus dimaknai dalam generasi milenial yakni salah satunya yaitu berguru demi membangun negeri Indonesia kearah yang lebih baik dan maju.

Generasi Yang Berprestasi

Sebagai generasi milenial kita harus memperbanyak prestasi bahkan ke kanca Internasional, buktikan bahwa Indonesia yaitu negera yang andal walau mempunyai banyak sekali macam suku, ras dan agama.
Zaman kini sudah tidak zaman membanggakan diri alasannya keturunan semisalnya keturunan bangsawan, kerajaan, darah biru dan sebagainya. Akan tetapi zaman kini yang dihargai yaitu yang berprestasi. Mereka jugalah yang mendapat tempat di diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa serta negara.

Tidak Terlibat Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja yakni suatu perbuatan yang melanggar norma, hukum, dan perbuatan dalam masyarakat maupun negara yang dilakukan oleh para remaja. Contoh kenakalan remaja yaitu terlibat narkoba, tawuran, minum minuman keras, ikut geng motor dan lain lain. Kita sebagai generasi di periode kini tidak patut untuk melaksanakan tindakan tersebut alasannya sanggup membahayakan keberlangsungan negara kita. Bahkan hal hal itu tidak hanya merugikan diri kita sendiri melainkan orang tua, masyarakat bahkan bangsa dan negara.
Kita sebagai remaja atau cowok jangan hingga terlibat dengan kenakalan remaja, alasannya kita sumpah pemuda, bukan sampah cowok yakni tidak berkhasiat dan malah mencoreng nama baik bangsa dan negara.

Era Digital

Generasi muda atau kaum muda yang kini hidup dijaman periode digital ini sangat penting dalam memaknae sumpah pemuda. Bahkan di periode digital ini para cowok sanggup banyak memanfaatkan tekhnologi yang ada dengan sebaik baiknya, bukan malah memakai dengan hal hal yang tidak baik.
Banyak hal yang sanggup dilakukan kaum muda di periode digital ibarat ini, berikut yaitu contohnya:
  1. Memanfaatkan media social dengan sebaik-baiknya. Di periode digital jaman kini atau yang biasa kita kenal dengan sebutan jaman now, sebagian kaum muda tidak terlepas dari yang namanya media social. Dapat dipastikan, hampir seluruh kaum muda mempunyai media social. Walau media social hanyalah dunia maya, bukan berarti tidak adanya persatuan dan kesatuan.

Kita semua niscaya tahu bukan dengan yang namanya “Hoaxs” atau
isu bohong. Jika kita berbagi Hoax, maka akhirnya fatal bahkan bisa memecah belah persatuan dan kesatuan suatu bangsa dan negara.

Sebagai anak muda bijak bijaklah dalam memakai media social demi keberlangsungan kehdiupan bangsa Indonesia. Apalagi kita yang sebagai penerus bangsa dan negara.

  1. Menciptakan dan menyayangi produk Indonesia. Di eral digital kini untuk mendapat informasi suatu produk itu sangat mudah, bagaikan tanpa batas. Ingatlah wahai anak muda “Cintai produk – produk dalam negeri” alasannya apa? Karena produk kita tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Ketika kita membeli produk produk dalam negeri berarti kita telah membantu memajukan usaha yang ada di negara kita ini dan kita juga menyayangi tanah air dan bangsa kita yang ibarat tertuang dalam sumpah cowok 28 oktober 1928.

Bahkan kita sendiri sanggup menciptakan produk sendiri kemudian kita posting. Anggap saja hal tersebut sebagai ajang latihan untuk masa yang akan tiba supaya tidak kaget.

  1. Buat solusi berbasis tekhnologi. Jika kita ingin berkontribusi lebih besar, kita sanggup memanfaatkan tekhnologi ketika ini untuk membantu lebih memudahkan masyarakat ibarat aplikasi modal transportasi, aplikasi jual beli sesuatu dan sebagainya.

Hal tersebut sanggup menciptakan kita berprestasi dan membanggakan kedua orang renta kita bahkan hingga ke seluruh bangsa dan negara. Jika kita bisa berbuat baik dan bermanfaat, kenapa tidak, bukan?

  1. Memposting konten yang bermanfaat. Ketika kita menciptakan atau berbagi suatu konten haruslah yang bermanfaat dan positif semoga menandakan betap indahnya negara kita kepada dunia luar.

Perlu diingat lagi, gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita boleh boleh saja untuk berguru bahasa aneh bahkan itu bagus, tapi jangan lupa juga dengan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan sumpah cowok yakni menjunjung tinggi bahasa persatuan (Bahasa Indonesia).

Era kedudukan Jepang

Sumpah cowok pada kedudukan jepang masih tetap dilakukan walau sudah berganti penjajah dari Belanda ke Jepang, namun tidak menyurutkan semangat para jagoan dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Sampai akhirnya pada 17 agustus 1945 dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia. Merdeka.

Era Globalisasi

Sumpah cowok dalam periode globalisasi remaja ini, kita harus sanggup menyaring banyak sekali informasi dari seluruh dunia. Sebagai salah satu pola dalam periode globalisasi, arus masuknya kebudayaan semakin deras tanpa pembatas. Contohnya yang sedang marak adaya budaya Korea selatan yang masuk ke Indonesia.

Nah bagaimana kita menyikapinya? Kita harus menyaringnya dengan sangat baik. Budaya yang baik dan positif boleh kita ikuti, namun jangan lupa juga terhadap budaya kita, malah seharusnya kita lebih menyayangi budaya sendiri dibanding dengan budaya yang lainnya.

Sumpah Pemuda Berbagai Wawasan

Gajah Mada

Sumpah yang dilakukan oleh gajah mada yaitu sumpah palapa. Sumpah palapa yaitu sumpah atau pernyataan yang dikemukakan oleh gajah mada pada ketika pengangkatan patih tahun 1258 saka atau 1336 Masehi.

Sumpah Palapa

Sumpah Palapa sendiri ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton, yang berbunyi sebagai berikut:

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".

Artinya :
Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya gres akan melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya gres akan melepaskan puasa".
Bahwa tempat daerah yang disebutkan oleh gajah mada merupakan tempat yang belum dikuasai oleh majapahit.
Sedangkan sumpah cowok yang dilakukan oleh para cowok Indonesia yaitu bersatu dalam melawan penjajah dan menghilangkan sifat kedaerah demi Indonesia merdeka. Sumpah cowok dan sumpah palapa bagaikan satu mimpi namun berbeda aksi. Satu mimpi yakni ingin dibersatukan semuanya, namun berbeda agresi dengan apa yang dilakukannya.

Nahdhatul Ulama (NU)

Nahdhatul ulama yaitu sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia dan bab dari gerakan sistematik kebangkitan nasional. Setahun sebelum Sumpah cowok tepatnya pada 9 oktober 1927, Nahdhatul Ulama atau biasa sisingkat NU menyatakan perang kebudayaan dengan penjajah Belanda.
Apakah kalian tahu?
Ketika Nu menyatakan perang kebudayaan dengan penjajah Belanda, umur NU gres 1 tahun, tepatnya lahir pada 31 Januari 1926 dan pada momentum sumpah pemuda, umur NU gres 3 tahun namun sudah sanggup melaksanakan suatu pergerakan yang sangat hebat. Namun, walau belum usang berdiri tokoh tokoh NU bukan orang yang aneh di dunia pergerakan, alasannya itulah bisa dengan cepat bergerak.
Penasaran, bukan ibarat apa? Ayo lanjutkan membacanya J
Perang kebudayaan yang ditunjukan secara ekstrem juga berwujud legitimasi para kiai NU untuk berperang melawan penjajah. Karena untuk pertama kalinya, NU menggolongkan penjajah itu sebagai kaum kafir yang harus diperangi.
Setelah perang kebudayaan dilontarkan dan masyarakat pribadi merespon cepat dan patuh untuk dipraktikan, segala macam bentuk aksesoris dan ornament ditolak keras oleh masyarakat. Pada tahun berikutnya, tepatnya 9 September 1928 sebulan sebelum sumpah pemuda, NU menggelar mukhtamar.
Pada ketika mukhtamar NU, para kiai memustuskan untuk melanjutkan perang kebudayaan tersebut dan ditambah dengan isu ekonomi dan isu politik. Maka menjelang sumpah pemuda, perlawanan kiai NU telah dua langkah lebih maju.
Pada 28 oktober 1928, sumpah cowok diikrarkan oleh para pemuda.  Masyarakat pribadi merespon dengan cepat alasannya sumpah cowok yaitu bab dari usaha para cowok bangsa Indonesia termasuk juga Nahdhatul Ulama. Inilah bab dari gerakan sistematik kebangkitan nasional yang dilakukan oleh Nahdhatul Ulama.

Santri

Santri termasuk juga pemuda. Nama santri lebih dikenal atau cenderung untuk para cowok yang menuntut ilmu atau berguru di pondok pesantren. Didalam pondok pesantren terdapat banyak sekali santri dari suku dan ras yang berbeda beda, bahkan rambut, warna kulit dan sebagainya. Akorganisasian tetapi itu semua menjadi satu kesatuan di kalangan santri, tidak adanya perbedaan.
Santri diajarkannya persamaan, bukan perbedaan. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara serta memperkuat NKRI.

Arab

Sumpah cowok arab atau sumpah cowok keturunan arab yaitu sumpah yang dilakukan oleh oleh peranakan atau keturunan arab di semarang pada 1934 yang bahwasannya mengakui bahwa negara Indonesia yaitu tanah airnya yang sebelumnya mereka selalu beranggapan bahwa tanah air mereka yaitu negeri – negeri Arab.

Jomblo

Jomblo atau single yaitu sebuag status yang sanggup menciptakan kita malu. Eittsss, jangan aib dan murka bila di olok olok sama sobat sahabat dengan status jomblo apalagi pada tanggal 28 oktober yakni peringatan sumpah pemuda, yang ngolok ngolok bakalan kualat lho hahahaha.
Apakah kalian tahu?
Dikatakan bahwa Wr. Soepratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia raya sekaligus tokoh sumpah cowok ini mempunyai cerita cinta yang misteri.
Pada suatu hari, Wr. Soepratman pernah curhat kepada imam supardi yang menjabat sebagai pemimpin redaksi penyebar semangat bahwa Wr. Soepratman mengaku tidak meraakan kebahagiaan hidup alasannya percintaan. Wr. Soepratman menutup rahasianya kehidupannya di ‘Taman Asmara’, sebuah istilah yang disebut Kusbini untuk menggambarkan patah hati sahabat karibnya sesama komponis dan pada 17 Agustus 1938, sang komponis wafat pada usia 35 tahun. Sampai final hayatnya, WR Soepratman tidak beristri.


Terimakasih Telah Membaca Dan Berkunjung
Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Semangat Sumpah Cowok Harus Membara Dalam Usaha Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel