iklan

Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh

Proses kedatangan Jepang ke Indonesia disambut besar hati oleh rakyat Indonesia alasannya dipandang sebagai penyelamat dari penjajan Belanda. Tujuan jepang dalam mengarahkan serangan ke arah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan perang Asia Pasifik. Sehingga kebijakan Jepang sangat didominasi di bidang militer.

Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh akan dijelaskan secara lengkap dan acuan materi artikel ini berkiatana dengan pebelajaran sekolah yang sedang saya pelajari. Jadi, tidak mengecewakan buat berguru juga. Dalam artikel ini akan banyak dijelaskannya wacana proses, tokoh, latar belakang, faktor dan lainnya sebagainya bahkan materinya sudah menjadi ringkasan.

Selamat Membaca!!!

Daftar Isi

1. proses kedatangan jepang ke indonesia
    1.1. Kronologis kedatangan jepang ke Indonesia
2. tokoh kedatangan jepang ke indonesia
3. latar belakang kedatangan jepang ke indonesia adalah
4. alasan kedatangan jepang ke indonesia
5. Faktor kedatangan jepang ke indonesia
6. motivasi kedatangan jepang ke indonesia
7. kedatangan jepang ke indonesia hingga kemerdekaan
8. Pengaruh kedatangan jepang ke indonesia
    8.1. Dampak kedatangan jepang ke indonesia bidang politik
    8.2. Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang pendidikan
    8.3. Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang budaya
    8.4. Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang militer
    8.5. Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang sosial
    8.6. Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang ekonomi
9. pola soal kedatangan jepang ke indonesia
10. Soal pilihan ganda wacana kedatangan jepang ke indonesia
11. Rangkuman kedatangan jepang ke Indonesia
12. kesimpulan kedatangan jepang ke indonesia

Proses Kedatangan Jepang Ke Indonesia


Proses kedatangan Jepang ke Indonesia disambut besar hati oleh rakyat Indonesia alasannya dipand Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh
Gambar ilustrasi Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh via twitter

Kronologis kedatangan jepang ke Indonesia

Dalam peta atau jalur kedatangan jepang hingga ke indonesia kita sanggup melihat atau diuraikan dengan menyerupai dibawah ini!

8 Desember 1941  : Secara tiba-tiba Jepang menyerbu atau melaksanakan penyerangan ke Asia Tenggara dan membom pelabuhan Pearl Harbor, Amerika Serikat yaitu pangkalan terbesar Angkatan Laut Amerika di Pasifik. Setelah Lima jam penyerangan atas Pearl Harbor tersebut, Gubernur Jenderal Hindia Belanda Tjarda van Starkenborgh Stachhouwer menyatakan perang terhadap Jepang.

11 Januari 1942     : Tentara Jepang mendarat dan menyerang Tarakan, Kalimantan Timur dan menciptakan komandan belanda mengalah pada esok harinya.

24 Januari 1942     : penyerangan dilakukan di Balikpapan yang merupakan sumber minyak ke-2 jatuh ke tangan tentara Jepang

29 Januari 1942     : penyerangan di Pontianak dan berhasil diduduki oleh Jepang

3 Februari 1942     : penyerangan ke Samarinda dan berhasil diduduki Jepang

5 Februari 1942     : selanjutnya setelah sampainya di Kotabangun, tentara Jepang melanjutkan penyerbuannya ke lapangan terbang samarinda II yang waktu itu masih dikuasai oleh tentara Hindia Belanda (KNIL).

10 Februari 1942   : dengan berhasil direbutnya lapangan terbang itu, maka dengan gampang pula Banjarmasin diduduki oleh tentara Jepang

14 Februari 1942   : penyerangan jepang selanjutnya di Palembang dengan menurunkan pasukan payung di Palembang dan dua hari kemudian Palembang dan sekitarnya berhasil diduduki.
Untuk menangkal serangan jepang, negara belanda, inggris, Australia dan amerika serikat membentuk komando campuran tentara serikat yang disebut ABDACOM (American Briish Dutch Australian Command) yang bermarkas di lembang, bandung, jawa barat dengan jendral Terpoorten. Namun tetap pihak belanda mengalami kekalahan dari jepang dan gubernur jenderal carda pada februari 1942 mengungsi ke bandung.

1 Maret 1942          : tentara ke-16 Jepang berhasil mendarat di 3 tempat sekaligus yaitu di Banten dipimping pribadi oleh jenderal imamura, bojonegoro, jawa tengah yang dipimpin oleh mayjen Tsuchihashi dan Eretan Wetan, indramayu jawa barat dipimpin oleh colonel tonishori pada hari yang sama, Kolonel Shoji telah berhasil menduduki Subang. Momentum itu mereka manfaatkan dengan terus menerobos ke lapangan terbang Kalijati, 40 Km dari Bandung. Setelah pertempuran singkat, pasukan-pasukan Jepang merebut lapangan terbang tersebut.

Kemenangan tentara jepang dalam pasifik tersebut dan berhasil menguasai tempat pasifik dari Burma hingga pulau wake di samudra pasifik. Mereka kemudian memusatkan penyerangan ddi Batavia atau Jakarta yang sebagai sentra pemerintahan hindia belanda.

2 Maret 1942          : Tentara Hindia Belanda berusaha merebut Subang kembali, tetapi ternyata mereka tidak berhasil.
3 Maret 1942           : Serangan tanggapan kedua atas Subang dicoba sekali lagi, namun tentara Hindia Belanda berhasil dipukul mundur.

4 Maret 1942          : untuk terakhir kalinya tentara Hindia Belanda mengadakan serangan dalam perjuangan merebut Kalijati, namun tetap mengalami kegagalan.

5 Maret 1942          : ibu kota Batavia (Jakarta) diumumkan sebagai ‘Kota Terbuka’ yang berarti bahwa kota itu tidak akan dipertahankan oleh pihak Belanda. Segera setelah jatuhnya kota Batavia ke tangan jepang, tentara ekspedisi Jepang pribadi bergerak dan berhasil untuk menduduki Buitenzorg (Bogor).  Selain itu, tentara Jepang bergerak dari Kalijati untuk menyerbu Bandung dari arah utara. Mula-mula digempurnya pertahanan di Ciater, sehingga tentara Hindia Belanda mundur ke Lembang dan menjadikan kota tersebut sebagai pertahanan terakhir.

7 maret 1942 : Daerah lembang berhasil ditaklukan oleh jepang, namun tak usang sehabis berhasil didudukinya posisi tentara KNIL di Lembang, psukan-pasukan Belanda di sekitar Bandung meminta penyerahan lokal dari pihak Belanda ini kepada Jenderal Imamura tetapi tuntutannya yakni penyerahan total daripada semua pasukan Serikat di Jawa (dan cuilan Indonesia lainnya). Jika pihak Belanda tidak mengindahkan ultimatum Jepang tersebut , maka Kota Bandung akan di bom dari udara Jenderal Imamura pun mengajukan tuntutan lainnya supaya Gubernur Jenderal Belanda turut dalam negosiasi di Kalijati yang diadakan selambat-lambatnya pada hari berikutnya. Jika tuntutan ini dilanggar, pemboman atas Kota Bandung dari udara akan segera dilaksanakan.

8 maret 1942 : Akhirnya pihak Belanda memenuhi tuntutan Jepang. Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborgh Stachouwer maupun Panglima Tentara Hindia Belanda serta beberapa pejabat tinggi militer dan seorang penerjemah pergi ke Kalijati. Di sana mereka kemudian berhadapan dengan Letnan Jenderal Imamura yang tiba dari Batavia (Jakarta). Hasil pertemuan antara kedua belah pihak yakni kapitulasi tanpa syarat Angkatan Perang Hindia Belanda kepada Jepang.

Dengan penyerahan tanpa syarat oleh Letnan Jenderal H. Terpoorten, Panglima Angkatan Perang Hindia Belanda atas nama Angkutan Perang belanda dan serikat di Indonesia kepada tentara Jepang di bawah Pimpinan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura pada tanggal 8 Maret 1942, berakhirlah peemrintahan Hindia Belanda di Indonesia dan dengan resmi kekuatan pendudukan Jepang di Indonesia dimulai.

tokoh kedatangan jepang ke indonesia

  1. Jenderal Imamura hitoshi, mempimpin peperangan di banten
Proses kedatangan Jepang ke Indonesia disambut besar hati oleh rakyat Indonesia alasannya dipand Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh



Gambar Jenderal Imamura hitoshi
  1. Mayjen Tsuchihashi, mempimpin peperangan di bojonegoro
  2. Colonel tonishori, Memimpin peperangan di indramayu

latar belakang kedatangan jepang ke indonesia adalah

rangkuman faktor yang melatar belakangi Jepang menduduki atau tiba ke Indonesia dari segi ekonomi yakni alasannya menipisnya persediaan minyak bumi yang dimiliki oleh Jepang untuk keperluan perang dunia 2 dan juga alasannya tekanan dari pihak Amerika  dengan mengeluarkan kebijakan melarang ekspor minyak bumi ke Jepang. Indonesia menjadi pilihan Jepang karena  kekayaan akan kandungan materi - materi mentah, menyerupai minyak bumi dan batubara, hasil pertanian, dan sumber daya insan yang sangat dibutuhkan untuk membantu jepang dalam peperangan. Untuk memaksimalkan tujuan atau ber maksud tersebut, Pemerintah Jepang merancang Jawa sebagai sentra penyediaan bagi seluruh operasi militer mereka di Asia Tenggara, dan Sumatera sebagai sumber minyak utama.

alasan kedatangan jepang ke indonesia

alasan kedatangan jepang ke Indonesia untuk membantu dalam perang asia raya pasifik yang membutuhkan minyak bumi dan masyarakat Indonesia dalam perang asia pasifik tersebut. Selain itu ada beberapa alasan lainnya sebagai berikut:
  1. Jepang sanggup mengelola, memanfaatkan dan menguasai kekayaan alam di Indonesia menyerupai minyak bumi, rempah rempah dan lain lain yang diperuntukkan untuk kepentingan industri dan perekonomian negara Jepang serta membantu dalam perang asia pasifik.
  2. Jepang mengetahui bahwa jumlah penduduk di Indonesia sangat beragam maka dimanfaatkan sebagai wilayah untuk jalur pemasaran barang dan jasa serta perdagangan aktif hasil industri negara Jepang.
  3. Jepang mengetahui bahwa Indonesia sangat gampang ditanami rempah rempah dan memilki sumber daya alam yang sangat melimpah menyerupai adanya gas Alam , minyak bumi, hasil perak dan emas, kerikil bara, nikel dan lain lain sebagainya.

faktor kedatangan jepang ke indonesia

faktor – faktor atau penyebab utama kedatangan ke Indonesia ada beberapa dan terbagi menjadi foktor internal dan eksternal. Yang pertama, faktor internal kedatangan jepang yakni untuk menguasai sumber daya alam dan insan Indonesia dan yang kedua, faktor eskternalnya yakni untuk menguasai rempah rempah serta materi bahan mentah menyerupai minyak bumi. Salah satu faktor lainnya yakni jepang ingin menguasai Indonesia menyerupai dokrin jepang yaitu hakko ichiu.

motivasi kedatangan jepang ke indonesia

Melakukan imperialisme untuk mendapat sumber daya insan sebagai prajurit perang yang membantu Jepang dalam perang Asia timur raya dan mendapat sumber daya alam sebagai materi mentah dan untuk perang.

kedatangan jepang ke indonesia hingga kemerdekaan

pada awalnya kedatangan jepang disambut baik oleh masyarakat Indonesia alasannya sanggup membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan Belanda dan adanya ramalan dari jayabaya. Namun setelah berkuasa di Indonesia, jepang semakin usang bertindak semaunya dan ganas bahkan mengadakan kerja romusha (Kerja paksa pada zaman jepang). Sehingga mengakibatkan perlawanan dari rakyat menyerupai di aceh dan perlawanan PETA di blitar, jawa timur. Perlawanan – perlawanan rakyat terus berkorbar hingga akibatnya terdengar bahwa jepang telah mengalah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 agustus 1945 setelah di bom atom daearh Nagasaki dan Hiroshima oleh sekutu sehingga terjadinya kekosongan kekuasaan. Karena hal tersebutlah terjadinya insiden rengasdeklok yaitu penculikan yang dilakukan oleh para perjaka terhadap Ir. Soekarno supaya segera memproklamasikan kemerdekaan tanpa ahrus mengikuti isyarat dari jepang dan akibatnya pada 17 agustus 1945, Ir. Soekarno dan Muh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Pengaruh kedatangan jepang ke indonesia

ada beberapa akibat, dampak atau nasihat positif dan negatif diberbagai bidang pada masa penjajahan jepang yakni sebagai berikut:

Dampak kedatangan jepang ke indonesia bidang politik

Positif :
  1. Melarang penggunaan Bahasa Belanda dan memperbolehkan Bahasa Indonesia.
  2. Dibentuknya tubuh persiapan kemerdekaan Indonesia, yaitu BPUPKI dan PPKI.
  3. Mendukung semangat Anti-Belanda, sehingga secara tidak pribadi Jepang ikut mendukung semangat jiwa nasionalisme Indonesia.
  4. Memberi kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk ikut serta dalam pemerintahan politik.
Negatif :
  1. Pelarangan acara politik dan dibubarkannya organisasi politik yang ada.
  2. Pelarangan segala jenis rapat dan acara politik.

Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang pendidikan

  1. Pendidikan semakin jelek alasannya hanya untuk kebutuhan perang saja.
  2. Jumlah buta abjad meledak bertambah banyak
  3. Para pengajar dan perjaka dipaksa mengikuti militer.
  4. Pendidikan yang didapat dimiliter yaitu perang dan baris berbaris walau hanya menggunakan kayu.

Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang budaya

  1. Menggunakan bahasa indonesia dan dihentikan keras menggunakan bahasa belanda.
  2. Bahasa indonesia dijadikan bahasa utama dan bahasa jepang dijadikan bahasa wajib.
  3. Jepang mendirikan sentra kebudayaan sebagai tempat wadah budayawan indonesia.

Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang militer

  1. Jepang memprogram dengan melatih dan mempersenjatai para perjaka untuk kepentingan jepang namun para perjaka menafaatkannya sebagai berperang melawan jepang.
  2. Mendapatkan pengalaman militer menyerupai dasar berperang, menggunakan senjata, berlatih berperang dan lain sebagainya.
  3. Peninggalan peralatan dan infrastruktur peninggalan jepang dimanfaatkan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang sosial

  1. Adanya kerja romusha
  2. Terjadinya perbudakan wanita
  3. Pembatasan pers dan dibawah kendali jepang
  4. Pembutukan strata masyarakat hingga paling bawah yaitu rukun tetangga

Dampak kedatangan jepang ke Indonesia dibidang ekonomi

  1. Banyak sumber daya ekonomi yang dimanfaatkan jepang demi kepentingannya.
  2. Semua menyerupai pertabambangan, perusahaan, dan lainnya sebagainya dikuasai oleh pemerintahan jepang

contoh soal kedatangan jepang ke indonesia

pertanyaan soal essay wacana kedatangan jepang ke Indonesia yakni sebagai berikut:
  1. Uraikan mengapa kedatangan jepang ke indonesia awalnya menyambut besar hati dan positif oleh rakyat indonesia?
Jawab: alasannya sebagai saudara renta yang dipandang alasannya bisa membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda dan adanya kepercayaan dari ramalan jayabaya.

  1. kedatangan jepang ke indonesia dilatarbelakangi oleh duduk kasus ekonomi jelaskan!
Jawab: untuk mendapat kebutuhan logistic dan materi industry perang menyerupai minyak bumi alasannya stok jepang semakin menipis dan pelarangan keras oleh Amerika serikat ekspor minyak ke jepang.

  1. mengapa respon atau reaksi kedatangan jepang ke indonesia disambut baik?
Jawab: alasannya kedatangan jepang itu sebagai saudara renta alasannya dipandang sebagai pembebas dari jajahan belanda dan dikenal dengan semboyan gerakan 3A.

  1. jelaskan faktor kedatangan jepang ke indonesia?
Jawab: Yang pertama, faktor internal kedatangan jepang yakni untuk menguasai sumber daya alam dan insan Indonesia dan yang kedua, faktor eskternalnya yakni untuk menguasai rempah rempah serta materi bahan mentah menyerupai minyak bumi.
  1. jelaskan proses atau kronologi kedatangan jepang ke indonesia secara singkat!
Jawab: kedatangan jepang ke Indonesia diawali mendarat di ambon dan menguasai Maluku kemudian bergerak ke Kalimantan, Sumatra dan jawa. Akhirnya jepang sanggup menguasai seluruh Indonesia dan berakhirlah masa penjajahan Belanda di kapitulasi kalijati.

  1. jelaskan tujuan kedatangan jepang ke indonesia!
Jawab: Menjadikan Indonesia sebagai tempat penghasil dan penyuplai materi mentah dan materi baker bagi kepentingan industri Jepang, Menjadikan Indonesia sebagai tempat pemasaran hasil industri Jepang. Indonesia dijadikan tempat pemasaran hasil industri Jepang alasannya jumlah penduduk Indonesia sangat banyak, Menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk mendapat tenaga buruh yang banyak dengan upah yang relatif murah., Adanya kaitan dokrin hakko ichiu ke Indonesia yaitu untuk mengusai seluruh dunia dan hanya ada satu kekaisaran yaitu jepang.

  1. Jelaskan awal kedatangan jepang ke indonesia!
Jawab: Awal kedatangan jepang ke indonesia semula disambut besar hati dan baik oleh rakyat, berjalan begitu cepat, berlangsung dengan gampang dan merata yang dipimpin oleh jenderal Imamura oleh bangsa indonesia sebagai saudara renta alasannya dipandang sanggup membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Sikap simpatik bangsa Indonesia terhadap jepang dipengaruhi juga dengan ramalan jayabaya

  1. sebutkan jalur atau rute kedatangan jepang ke indonesia!
Jawab: jalur kedatangannya dimulai dari Maluku, Kalimantan, Sumatra dan jawa.

  1. jelaskan alasan kedatangan jepang ke indonesia!
Jawab: Jepang ingin menguasai sumber daya alam dan insan Indonesia dalam membantu pertempuran perang asia pasifik timur raya, sanggup dimanfaatkan untuk penjualan barang dan jasa jepang, dan alam Indonesia kaya akan rempah rempah dan minyak bumi.

  1. jelaskan mengapa kedatangan jepang ke indonesia menjadikan kekuasaan belanda berakhir!
Jawab: alasannya ditandatanganinya perjanjian atau kapitulasi kalijati di kalijati, subang yang menyatakan bahwa belanda harus mengalah dan menyerahkan seluruh tempat kekuasaannya tanpa syarat.

  1. kapan kedatangan jepang ke indonesia?
Jawab: pada 11 januari 1942 di tarakan, Kalimantan timur.

  1. jelaskan alasan utama kedatangan jepang ke indonesia!
Jawab: alasan utamanya adala untuk memenuhi pasokan minyak bumi yang semakin menipis yang diakibatkan oleh perang asia timur raya dan pelarangan ekspor minyak bumi ke jepang.

Soal pilihan ganda wacana kedatangan jepang ke indonesia

  1. kedatangan jepang ke indonesia diterima oleh rakyat indonesia alasannya beberapa alasan kecuali
  2. jepang tiba untuk membebaskan Indonesia
  3. jepang tiba sebagai G3A
  4. jepang tiba sebagai saudara tua
  5. jepang tiba untuk membumihanguskan Indonesia
jawaban : D

Rangkuman kedatangan jepang ke Indonesia

  1. awal kedatangan jepang ke indonesia disambut baik oleh seluruh masyarakat Indonesia alasannya membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan belanda.
  2. Proses kedatangan jepang ke Indonesia diawali mendarat di tarakan, Kalimantan timur.
  3. Dampak kedatangan jepang juga banyak dirasakan di bidang kemiliteran alasannya jepang focus untuk peperangan yaitu perang asia timur raya.

kesimpulan kedatangan jepang ke indonesia

awal kedatangan jepang pada awalnya disambut baik, namun usang kelamaan jepang semakin bertindak kejam hingga akibatnya terjadi perlawanan rakyat dimana – mana menyerupai di aceh dan blitar. Perlawanan mereka membuahkan hasil sehingga pada 17 agustus 1945, Indonesia merdeka. Bahkan banyak dampak yang diakibatkan oleh jepang tersebut sehingga bangsa Indonesia semakin baik menyerupai militer dan rasa nasionalisme.

Terimakasih Telah Mmebaca Dan Berkunjung


Sumber http://pelajaransekolahdi.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kedatangan Jepang Ke Indonesia - Latar Belakang, Tujuan, Tokoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel