iklan

√ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis Misalnya Terlengkap

√ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap – Semakin berkembang nya zaman,pekerjaan dibidang jasa majemuk jenis pekerjaan jasa. Karena dizaman kini sangat membutuhkan yang namanya bidang jasa untuk membantu pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak klarifikasi yang ada dibawah berikut.


 Karena dizaman kini sangat membutuhkan yang namanya bidang jasa untuk membantu pekerj √ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis  Contohnya Terlengkap


 


 


Pengertian Jasa Secara Umum


 


Jasa ialah suatu tunjangan kinerja atau tindakan tak berangasan mata dan satu pihak kepada suatu pihak lain. Pada umumnya jasa diproduksi dan dikonsumsi dengan bersamaan, di mana suatu interaksi antara pemberi jasa dan akseptor jasa yang mempengaruhi hasil jasa tersebut. Adapun pengertian jasa yang lain ialah suatu kegiatan yang sanggup diidentifikasikan, yang yang mempunyai sifat tak teraba, yang direncanakan untuk suatu pemenuhan kepuasan konsumen. Untuk menghasilkan suatu jasa perlu atau juga tidak perlu penggunaan barang yang berwujud. Walaupun harus diharapkan barang berwujud, akan tetapi tidak terdapat suatu pemindahan hak milik atas benda tersebut.


 


 


Pengertian Jasa Menurut Para Ahli


 


1. Phillip Kotler


Menurut Phillip Kotler menyatakan bahwa jasa ialah suatu Layanan setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dalam suatu intangibel prinsip dan tidak menjadikan suatu perpindahan kepemilikan. Produksi sanggup terkoneksi dan sanggup juga tidak terikat pada suatu produk fisik.


 


2. Adrian Payne


Menurut Adrian Payne menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang menghubungkan sejumlah interaksi dengan suatu pelanggan atau dengan barang-barang, tetapi tidak menghasilkan suatu transfer kepemilikan. Emitor perubahan kondisi sanggup timbul dan suatu produksi layanan mungkin mempunyai atau mungkin tidak mempunyai hubungan dengan produk fisik.


 


3. Christian Gronross


Menurut Christian Gronross menyatakan bahwa Jasa ialah suatu proses yang terdiri dari suatu serangkaian kegiatan yang berwujud yang biasanya tetapi tidak selalu terjadi pada suatu interaksi antara suatu pelanggan dan layanan karyawan dan atau suatu sumber daya fisik atau barang atau penyedia sistem, yang disediakan sebagai solusi untuki permasalahan pelanggan “.


Suatu Interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan sering terjadi dalam pelayanan, bahkan kalau suatu pihak yang terlibat mungkin tidak menyadari hal itu. Selain itu, dimungkinkan ada suatu situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi eksklusif dengan suatu perusahaan jasa.


 


4. Zeithaml dan Bitner


Menurut Zeithaml dan Bitner menyatakan bahwa jasa ialah semua kegiatan ekonomi yang menghasilkan output tidak dalam bentuk suatu produk fisik atau bentuk yang biasanya yang dikonsumsi selama produksi, dan menunjukkan suatu nilai tambah dalam bentuk menyerupai kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan.


 


5. Lovelock Dan Wright (2002)


Menurut Lovelock Dan Wright (2002) mendefinisikan bahwa Jasa ialah suatu tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak lain. Walaupun suatu proses sanggup dikaitkan dengan suatu produk fisik, kinerja intinya intagible dan biasanya tidak menghasilkan suatu kepemilikan salah satu faktor produksi.


Layanan jasa ialah suatu kegiatan ekonomi yang membuat suatu nilai dan menunjukkan manfaat bagi suatu pelanggan pada waktu dan daerah tertentu, sebagai akhir dari membawa perubahan yang diinginkan atas nama akseptor layanan.


 


6. Djaslim Saladin


Menurut Djaslim Saladin menyatakan bahwa Jasa ialah suatu kegiatan atau manfaat yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke suatu pihak lain.


 


7. Norman


Menurut Norman menyatakan bahwa Jasa ialah suatu tindakan dan interaksi dalam bentuk kontak sosial antara suatu produsen dan suatu konsumen yang lebih dari sekedar hasil yang tidak diblokir.




 


Ciri – Ciri Jasa


 


Menurut Andrian Payne, (2001:9) jasa mempunyai ciri dan karakteristik khusus yaitu sebagai berikut :


 


1. Tidak berwujud


Ciri dan karakteristik jasa yang pertama yaitu Tidak berwujud. Sehingga jasa sifatnya abnormal maksudnya jasa tidak sanggup dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh menyerupai yang sanggup dirasakan dari suatu barang.


 


2. Heteregonitas


Jasa bersifat heterogenitas alasannya ialah jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama meskipun dikerjakan oleh satu orang.


 


3. Tidak sanggup dipisahkan


Jasa biasanya dihasilkan dan dikonsumsi pada ketika bersamaan, dengan adanya partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di daerah jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bab dalam suatu proses produksi tersebut.


 


4. Tidak tahan lama


Jasa mustahil disimpan dalam persediaan. yang Artinya, jasa tidak sanggup disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa di mana ia membeli jasa sehingga sanggup disebut bahwa jasa mempunyai ciri yang tidak tahan lama.



 



Jenis-jenis Jasa


 



  • Yang Pertama jasa Usaha Rumah Tangga, jenis jasa yang satu ini meliputi banyak hal yang ada didalam sebuah rumah tangga. Contohnya : Untuk merawat sebuah kebun, memperbaiki rumah, Menjual air minum, kelengkapan alat-alat rumah tangga, sebagai pencucian rumah, dan lain sebagainya.



  • Yang kedua jasa Perumahan, jenis jasa ini mencangkup penyewaan sebuah kamar hotel (penginapan), apartemen, kost-kostan, dan lain sebagainya.



  • Yang ketiga jasa Hiburan atau Rekreasi, yang ketiga ini jenis jasa ini meliputi penyewaan alat-alat yang berafiliasi dengan suatu hiburan, atau penyewaan daerah untuk melaksanakan suatu kegiatan hiburan.



  • Yang keempat jasa Perawatan Pribadi, jenis jasa yang ke empat ini ialah suatu perawatan kecantikan, pijit, salon, dan lain sebagainya.



  • Yang kelima Jasa Kesehatan, jenis jasa yang satu ini termasuk jasa yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, misalnya ialah perawatan dirumah sakit, bidan, puskesmas, dan lain sebagainya.



  • Yang keenam jasa Bisnis, jenis jasa yang satu ini meliputi jasa akuntan, jasa konsultan, jasa marketing, dan lain sebagainy.



  • Yang ketujuh jasa Komunikasi, teladan jasa komunikasi yaitu warnet, wartel pengiriman fax, kantor pos, dan lain sebagainya.



  • Yang kedelapan jasa Transportasi, jenis jasa ini sering kita gunakan ketika kita berpergian disuatu tempat. misalnya angkutan darat, angkutan laut, angkutan udara, dan lain sebagainya.



  • Yang kesembilan Jasa Keuangan, jenis jasa keungan yang dipakai yaitu bank. misalnya leasing, pajak, Bank pinjamandan lain sebagainya.



  • Dan yang terakhir jenis Pendidikan, jenis jasa ini sangat penting untuk kelangsungan bangsa dan negara alasannya ialah untuk mendidik bawah umur bangsa. teladan jenis jasa ini antara lian ialah guru privat, guru les, guru ngaji, guru sekolah.dan lain sebagainya.


 


 


Karakeristik Jasa


 


Jasa mempunyai kurang lebih 4 (empat) buah karakteristik yang sangat berperan penting dalam sebuah rancangan sebuah kegiatan pemasaran, yaitu :



  • Yang pertama Intangibility (Tak Berwujud), jasa ialah sesuatu yang tak sanggup dilihat, diraba, dicium, didengar sebelum adanya sebuah akad dari kedua belah pihak dari sebuah transaksi pembelian.



  • Yang kedua Inspirability (Tidak Dapat Dipisahkan), jasa yang tidak sanggup dipisahkan dari suatu sumbernya, apakah sumber itu ialah mesin atau orang, hadir atau tidak.



  • Yang ketiga Variability (Berubah-ubah), jasa ini sesuatu yang mempunyai sifat tidak tetap, artinya jasa ini bergantung pada siapa yang menyajikannya.



  • Yang terakhir Perishability (Mudah Lenyap), daya tahan suatu jasa ini tidak akan menjadi duduk kasus kalau suatu seruan selalu ada, sebaliknya kalau suatu seruan menurun maka akan menjadi sebuah duduk kasus bagi suatu penyedia jasa tersebut.


 


Semua kegiatan insan niscaya berkaitan dengan bidang jasa, oleh alasannya ialah itu jasa sangat berperan penting untuk kelangsungan kegiatan insan sehari-hari. Itulah klarifikasi wacana √ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis & Contohnya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya  :


Baca Juga :  √ Pajak : Pengertian, Jenis, Fungsi & Manfaat Serta Contohnya Lengkap

Baca Juga :  Tax Amnesty : Pengertian, Latar Belakang, Peraturan, Manfaat, Dan Tujuan Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Pajak Secara Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, Macam-Macam, Ciri-Ciri, dan 4 Fungsi Sistem Ekonomi Beserta Dampak nya Menurut Para Ahli Ekonomi Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Pasar : Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian, dan Komponen-Komponen Ekonomi Mikro


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Jasa : Pengertian, Ciri, Karakteristik, Jenis Misalnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel