iklan

√ Forum Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan Keuntungannya Lengkap

√ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Setelah sebelumnya sudah membahas perihal forum pendidikan, forum sosial, dan forum keluarga, selanjutnya seputarilmu.com akan membahas perihal forum keuangan. Untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut.


 



 Setelah sebelumnya sudah membahas perihal forum pendidikan √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan  Manfaatnya Lengkap



Pengertian Lembaga Keuangan Secara Umum


Lembaga keuangan ialah suatu tubuh perjuangan yang mengumpulkan suatu asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan suatu proyek pembangunan serta acara ekonomi dengan memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar presentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.


 




Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli


 


1. Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992


Menurut Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992 menyatakan bahwa forum keuangan ialah suatu tubuh ataupun forum yang kegiatannya untuk menarik hasil dana dari masyarakat yang kemudian menyalurkannya kepada masyarakat kembali.


 


2. keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990


Menurut keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990menyatakan bahwa forum keuangan ialah semua tubuh perjuangan yang berada di suatu bidang keuangan yang melaksanakan penghimpunan dana, menyalurkan dana kepada masyarakat yang paling utama dalam menunjukkan biaya investasi pembangunan.


 


3. kasmir (2005:9)


Menurut kasmir menyatakan bahwa Lembaga keuangan ialah untuk semua perusahaan yang berada dibidang keuangan dimana suatu kegiatannya, ataukah hanya menghimpun dana atau hanya untuk menyalurkan dana atau mungkin kedua-duanya.


 


4. Dahlan Siamat


Menurut Dahlan Siamat menyatakan bahwa forum keuangan ialah suatu tubuh perjuangan yang kekayaannya terutama yaitu dalam berbentuk suatu aset keuangan yang dibandingkan dengan suatu aset nonfinansial atau aset Riil.


 


5. Ahmad Rodoni


Menurut Ahmad Rodoni menyatakan bahwa Lembaga keuangan ialah suatu tubuh perjuangan yang kekayaannya terutama didalam suatu bentuk-bentuk aset keuangan ( Financial assets) maupun non-finansial asset.


 




Macam-Macam Lembaga Keuangan Beserta Fungsinya


 


1. Koperasi Simpan Pinjam


Koperasi simpan pinjam ialah suatu forum keuangan bukan bank yang berbentuk suatu koperasi yang kerjaannya di bidang perkreditan, yaitu untuk mendapatkan simpanan uang dan untuk meminjamkan modal pada anggota.


 


Fungsi Koperasi Simpan Pinjam



  • Sebagai pendorong acara menabung atau menyimpan uang di kalangan anggota

  • Sebagai pendorong yang melayani anggota yang membutuhkan pinjaman

  • Sebagai pembimbing anggota semoga memanfaatkan uang pinjaman untuk acara yang produktif.


 


 


2. Perum Pegadaian


Perum pegadaian ialah suatu forum keuangan bukan bank dalam bentuk perusahaan yang dimiliki pemerintah yang usahanya untuk melayani kepentingan umum yang membutuhkan pinjaman uang dalam modal kecil dengan jaminan berupa barang yang memiliki nilai harga.


Fungsi pegadaian ialah untuk forum pemberi kredit kepada rakyat dalam jumlah kecil dengan memperoleh suatu imbalan berupa bunga dan peminjam harus menunjukkan jaminan berupa barang.


 


3. Perusahaan asuransi


Perusahaan asuransi ialah suatu perusahaan yang memberi jaminan atau pertanggungan kepada nasabah yang mengalami suatu kerugian sesuai dengan surat perjanjian ( polis ), kalau terjadi suatu kejadian yang menjadikan suatu kerugian, Contohnya kebakaran, kecelakaan, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Uang pertanggungan yang dibayarkan oleh nasabah dinamakan yaitu premi.


Fungsi Perusahaan Asuransi yaitu Untuk menunjukkan jaminan kepada nasabah dalam kehidupan kalau terjadi yang menjadikan suatu kerugian.



4. Dana pensiun


Dana Pensiun ialah suatu perusahaan yang diperoleh melalui suatu pemotongan honor pegawai setiap bulan selama seseorang masih aktif dalam bekerja, dana tersebut akan dikembalikan kalau pegawai yang bersangkutan sudah pensiun. Dengan adanya suatu forum yang mengelola dana pensiun tersebut, maka pegawai yang sudah tidak aktif bekerja lagi sebab sudah mencapai usia tertentu sanggup memenuhi suatu kebutuhan uang dari dana pensiun. Perusahaan yang mengelola dana pensiun ialah P.T. Taspen ( Tabungan Asuransi Pensiunan )


 




Tujuan Lembaga Keuangan


Mengacu pada definisi forum keuangan yang dijelaskan di atas, berikut ini ialah beberapa tujuan forum keuangan, baik itu Bank maupun non-Bank yaitu sebagai berikut :



  • Bank Bertujun untuk menghimpun dana dari masyarakat dengan mengeluarkan sebuah dokumen berharga sehingga dana masyarakat lebih aman.

  • Bank bertujuan untuk menyalurkan kembali dana yang terhimpun tersebut untuk digunakan dalam pembiayaan di bidang ekonomi dan pembangunan.

  • Bank bertujuan untuk menunjukkan sumbangan modal dalam bentuk kredit kepada masyarakat atau perusahaan untuk modal usaha.

  • Pegadaian bertujuan untuk menunjukkan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang atau surat berharga.

  • Koperasi bertujuan untuk menunjukkan jasa simpan-pinjam bagi para anggotanya supaya penggunaan uang lebih produktif dan anggotanya terbebas dari rentenir.


 




Manfaat Lembaga Keuangan



  • Perusahaan Pegadaian untuk menunjukkan peminjaman kepada yang memerlukan dana

  • Untuk menunjukkan jaminan suatu risiko yang mungkin terjadi yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan

  • Untuk menunjukkan suatu kesejahteraan kepada karyawan perusahaan yang terutama yang telah pensiun

  • Untuk menunjukkan suatu pinjaman kepada masyarakat dalam hal pendanaan suatu acara konsumsinya.

  • Untuk menunjukkan suatu manfaat kepada semua anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.


 




Contoh Lembaga Keuangan



  • Bank sentral

  • Bank umum

  • BPR (Bank Perkreditan Rakyat)

  • Pegadaian

  • Koperasi Simpan Pinjam


 


 


Pada zaman kini masyarakat tidak lepas dari suatu forum keuangan sebab masyarakat membutuhkan forum keuangan untuk meminjam dan menjamin kehidupan masyarakat itu sendiri. Itulah klarifikasi perihal √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya Lengkap. Semoga apa yang telah diulas diatas bermanfaat bagi ang membtuhkannya. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga :


Baca Juga :  √ Lembaga Agama : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Macam & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Keluarga : Pengertian, Ciri, Macam, Fungsi, Tahapan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Ekonomi : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Forum Keuangan : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan Keuntungannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel